Menu
Media Informasi Keuangan

Vape Bisa Picu Jerawat Hingga Penuaan Dini

  • Bagikan

Kabarin.co.id – Meski diklaim sebagai alat altarnatif yang lebih sehat dibanding rokok, ternyata vape tidak lepas dari efek negatif bagi kesehatan.

Pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Ingris, mencatat setidaknya tahun lalu 39 kematian dan 2.000 cedera paru-paru terdampak dari vape tersebut.

Terlepas dari itu, risiko cairan rokok elektrik juga mengandung zat dan bahan terlarang, sehinggabisa menimbulkan masalah kesehatan yang tidak terduga.

Dijelaskan oleh pakar perawatan kulit, rokok elektrik memberikan kontrubusi dalam menimbulkan kerusakan kulit.

“Menghirup vape, seperti halnya merokok, memproduksi gelombang besar bahan kimia di dalam tubuh,” kata Mervyn Patterson, dokter kecantikan di Woodford Medical, London, Inggris, dikutip dari laman Glamour Magazine.

Penyerapan gas sangat mudah terjadi melalui jaringan paru-paru halus. Bahan yang dihirup dan tingkat kerusakan juga bervariasi, tergantung dengan jenis vape yang diisap, durasi inhalasi, dan berapa kali perangkat digunakan.

Berbagai bahan kimia potensial yang termuat dalam gas vape merupakan formaldehyde, nikotin, dan juga turunan nikotin.

Bahkan ada pula propilen glikol, toluena, asetaldehida, serta ditambah dengan jejak logam seperti kadmium, nikel dan timah.

Beberapa bahan kimia beracun tersebut tersimpan pada kulit dan kemudian mempunyai dampak pada fungsi normal.

Seperti halnya peran perlindungan dan kekebalan tubuh. Serta tidak menutup kemungkinan kulit lebih cenderung sensitif dan sangatrentan pada terjadinya infeksi.

Dijelaskan oleh Petterson, nikotin menyebabkan penyempitan pembuluh darah kecil yang mampu mengurangi suplai oksigen serta aliran nutrisi ke kulit.

“Kehilangan sel-sel kunci yang sangat bergantung pada oksigen dan nutrisi membuat kulit mengendur dan berkerut sebelum waktunya. Pigmentasi tidak merata, bercak warna, dan bintik-bintik matahari juga semakin cepat muncul,” paparnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *