Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Unsur Instrinsik Cerpen

1 min read

Unsur Instrinsik Cerpen

Kali ini Jev Edukasi Online akan membahas tentang cerpen atau cerita pendek, namun kita bahas spesifik tentang unsur instrinsik yang didalamnya. Sebelum kita mambahas tentang unsur instrinsik cerpen, kita akan mengulas secara general terlebih dahulu, agar nyambung pembahasan kali ini.

Cerpen

Pengertian cerpen atau cerita pendek yaitu salah satu jenis karya sastra yang menceritakan tentang kisah manusia dengan tulisan pendek.

Cerita pendek ini biasanya mengandung tidak lebih dari 10.000 kata atau hanya 10 halaman saja, dan hanya memberikan kesan tunggal. Sehingga ceritanya cukup pendek dan hanya terpusat pada salah satu tokoh atau peristiwa saja.

Dalam penelusan cerpen terdapat beberapa ciri ciri yang bisa Anda tandai seperti, jalan ceritanya pendek, kurang dari 10 ribu kata, ceritanya tentang kehidupan, penggunaan kata yang simple, dan menggambarkan 1 kejadian atau peristiwa.

Unsur Instrinsik Cerpen

Setelah Anda mengetahui pengertian dan ciri cerpen secara singkat, nah disini akan kami sajikan pokok pembahasan yang akan kami bahas yaitu unsur instrinsik cerpen. Dalam menulis cerpen yang baik dan benar tidak lepas dengan unsur instrinsik atau dalam cerpen itu sendiri. Berikut ini unsur instrinsik cerpen yang harus Anda ketahui, pahami dan perhatikan.

  1. Tema

Pengertian tema dalam cerpen yaitu sebuah gagasan pokok yang penulis tulis yang menjadi dasar sebuah jalan cerita cerita pendek itu sendiri. Unsur tema ini biasanya dapat langsung disimpulkan secara jelas oleh pembaca namun ada juga yang tersirat atau tidak secara langsung, nah pembaca harus teliti akan hal ini.

  1. Alur

Pengertian alur dalam cerita pendek secara garis besar yaitu berupa urutan atau tahapan jalnnya cerita tersebut. Alur tersebut bisa berupa perkenalan kemudia muncul konflik, puncak konflik atau klimaks, disusul dengan penyelesaian dan selesai. Tahapan alur berbeda beda tiap orang, secara garis besar dan umumnya seperti itu.

  1. Setting

Unsur ketiga ini berkaitan dengan latar atau tempat, waktu, suasana didalam cerita pendek tersebut.

  1. Tokoh

Dalam cerpen, tokoh itu ialah pelaku atau orang yang terlibat didalam cerita pendek itu sendiri. Terdapat peran antagonis, protagonis tergantung tiap tokoh, dan setiap tokoh memiliki karakter tersendiri. Anda juga bisa menambahkan tokoh tambahan sebagai figuran didalam cerpen Anda.

  1. Penokohan

Setelah Anda mengenal tokoh, sekarang ada istilah penokohan, penokohan yaitu sifat yang diberikan oleh penulis kepada setiap tokoh atau pelaku dalam cerpen itu sendiri. Dalam memberikan sifat tokoh didalam cerpen bisa Anda gambarkan melalui ucapan, sudut pandang tokoh terhadap suatu hal dll.

Didalam memberikan penokohan Anda dapat menggunakan 2 metode, yaitu analitik dan dramatik. Metode analitik penokohan yaitu suatu metode dengan memberikan atau memaparkan secara langsung sifat tokoh tersebut. Sedangkan dramatik yaitu metode penokohan dengan memaparkan tidak secara langsung namun lewat hal yang tersirat seperti menggunakan fisik, dialog dll.

  1. Sudut Pandang

Unsur keenam yaitu sudut pandang, dimana suatu cara yang digunakan pengarang dalam memandang suatu peristiwa didalam cerpen itu sendiri. Sudut pandang digolongkan menjadi 4 yaitu sudut pandang orang pertama pelaku utama, sudut pandang orang pertama sampingan, sudut pandang orang ketiga serba tahu, dan sudut pandang orang ketiga sebagai pengamat.

  1. Pengamanatan

Unsur instrinsik yang terakhir yaitu amanat, yaitu suatu pesan penulis yang ingin disampaikan kepada pembaca, agar pembaca tersebut sepemikiran atau bertindak terhadap sesuatu.

Penutup

Itulah tadi materi unsur instrinsik cerpen lengkap dengan penjelasannya selain itu juga kami bahas secara general apa itu cerpen. Agar Anda bisa membuat cepern dengan baik dan benar sangat penting memperhatikan 7 unsur instrinsik diatas. Selain itu juga, sangat perlu dan penting Anda untuk mengetahui dan memahami mengenai unsur ekstrinsik cerpen.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Konjungsi Temporal

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read

Contoh Paragraf Deduktif

Suci Zidni Suci Zidni
5 min read