Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Unsur Ekstrinsik Cerpen

1 min read

Unsur Ekstrinsik Cerpen

Jev Edukasi Onlin setelah materi sebelumnya kita sudah menjelaskan secara detail mengenai unsur instrinsik cerpen, nah pada kesempatan kali ini kami akan mengulas unsur ekstrinsiknya. Unsur ekstrinsik cerpen akan kami ulas secara detail, mendalam lengkap dengan contoh masing masing unsur.

Cerita Pendek

Seperti yang pernah kita bahas sebelumnya cerita pendek merupakan salah satu karya sastra singkat yang menceritakan kehidupan manusia dan tidak bolek lebih dari 10 ribu kata.

Sebelum kita membahas jauh lebih dalam mengenai unsur ekstrinsik didalam cerita pendek, ada hal yang perlu Anda ketahui yaitu tentang struktur cerpen. Terdapat 6 hal didalam struktur cerpen, antara lain seperti abstrak, orientasi, kompilasi, evaluasi, resolusi dan koda. Keenam hal tersebut sangat penting untuk Anda ketahui jika ingin menulis cerpen yang baik dan benar. Nah setelah Anda memahami struktur cerita pendek, kini saatnya materi yang Anda nanti-nanti yaitu unsur ekstrinsik cerpen.

Unsur Ekstrinsik Cerpen

Pengertian unsur ekstrinsik cerpen yaitu suatu unsur dari luar yang membentuk suatu cerita pendek tersebut, dan berbeda dengan unsur instrinsik yang dari dalam.

Keadaan masyarakat saat pengarang menulis cerpen ini menjadi salah satu bukti adanya suatu unsur ekstrinsik cerpen. Unsur ini sangat memiliki pengaruh yang banyak terhadap latar belakang hingga amanat cerpen itu sendiri. Berikut ini unsur ekstrinsik cerpen beserta contohnya yang perlu Anda fahami dan ketahui.

  1. Latar Belakang Masyarakat

Pengertian latar belakang masyarakat didalam unsur ekstrinsik cerpen yaitu suatu kondisi masyarakat yang mempengaruhi pengarang dalam membuat jalan cerita. Contoh yang terjadi seperti seorang pengarang yang mempunyai latar belakang masyarakat pedesaan, akan menuliskan cerpen dengan sudut pandangnya, karena berdasarkan apa yang diamengerti dan faham. Nah, pemahaman itu mencangkup seperti pemahaman terhadap ideologi negara, kondisi politik, sosial masyarakat hingga kondisi ekonomi yang ada di linkungan masyarakat pengarang tersebut.

  1. Latar Belakang Pengarang

Maksud latar belakang pengarang didalam unsur ekstrinsik cerpen yaitu suatu pemahan pengarang terhadap sejarah hidup maupun hasil karangan yang pernah dibuatnya. Nah, contoh latar belakang pengarang tersebut menyangkup berikut ini.

a. Biografi

Pengertian biografi didalam unsur ekstrinsik ini yaitu mengenai riwayat pengarang yang ditulis secara keseluruhan.

b. Kondisi Psikologis

Maksud kondisi psikologi didalam unsur ekstrinsik ini yaitu suatu kondisi atau mood penulis ketika menulis cerita pendek itu sendiri.

c. Aliran Sastra

Pengertian aliran sastra didalam unsur ekstrinsik ini yaitu suatu aliran sastra yang pengarang ikuti dan hal tersebut sangat berpengaruh terhadap gaya penulisan didalam cerita pendek yang dihasilkan.

Penutup

Sekarang sahabat Jev Edukasi Online sudah memahami dan mengetahui kan mengenai unsur ekstrinsik cerpen. Memahami unsur cerpen dengan membaca materi ini tidaklah cukup, Anda juga perlu membaca mengenai unsur instrisiknya juga. Semoga Anda tercerahkan dan bisa memulai untuk menulis cerpen yang baik dan benar dengan memperhatikan unsur diatas.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Contoh Teks Prosedur

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read

Pantun Jenaka

Suci Zidni Suci Zidni
4 min read

Contoh Recount Text

Suci Zidni Suci Zidni
5 min read