Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Tujuan Ilmu Ekonomi

2 min read

tujuan ilmu ekonomi

Seperti yang kami bahas sebelumnya mengenai teori dan permasalahan ekonomi, materi ini merupakan lanjutan dari materi tersebut. Kali ini Jev Edukasi Online akan membahas materi mengenai tujuan ilmu ekonomi lengkap untuk Anda sekalian.

Daftar MATERI  Teori Ekonomi

Tujuan Ilmu Ekonomi

Banyak permasalahan ekonomi lokal maupun global tidak untuk diketahui saja, namun sangat penting utnuk dipelajari dan cara menyelesaikannya. Sama halnya dengan ilmu ekonomi tidak untuk dihafalkan saja, namun sangat penting untuk diterapkan juga untuk mengatasi masalah ekonomi dalam kehidupan sehari-hari baik mikro maupun makro

Tujuan Dan Manfaat Ilmu Ekonomi Mikro

Ilmu ekonomi dalam ruang lingkup mikro, dapat memberikan manfaat sebagai berikut ini:

  1. Dapat menciptakan sikap profesional

Dengan mengetahui ilmu ekonomi dan membuat SDM atau individu menjadi tahu akan hal yang harus dikerjakan. Sehingga masyarakat yang mengetahui tentang ilmu ekonomi bisa bersikap profesional dengan yang dikerjakan.

  1. Bisa mengisi kebutuhan dunia industri maupun usaha

Salah satu kebutuhan industri maupun usaha yaitu mengetahui market mikro, sehingga seseorang yang memahami ilmu ekonomi dapat membantu mengisi kebutuhan industri maupun usaha.

  1. Dapat membuat masyarakat menjadi produktif, adaptif hingga kreatif

Ketika seseorang mengetahui dan memahami ilmu ekonomi, dia secara tidak langsung tahu akan kebutuhan pasar. Sehingga seseorang atau individu memahami akan hal itu, secara otomatis dia akan bisa menjadi produktif, adaptif akan lingkungan hingga kreatif.

  1. Bisa membantu karir seseorang

Seseorang yang memahami ilmu ekonomi dapat membantu perusahaan yang diikutinya untuk semakin berkembang dan maju. Selain itu juga jika seseorang tersebut berjuang sendiri, dia bisa membuka lapangan pekerjaan untuk orang banyak.

Tujuan Dan Manfaat Ilmu Ekonomi Makro

Sedangkan dalam ruang lingkup makro, mempelajari ilmu ekonomi masyarakat dan pemerintah dapat mengetahui dan berusaha untuk menyelesaikan permasalahan ekonomi negara tersebut.  Jadi, tujuan ilmu ekonomi dengan ruang lingkup makro bisa mengatasi berbagai masalah ekonomi berikut ini.

  1. Masalah Kesempatan Kerja

Jumlah pencari kerja lebih besar daripada kesempatan kerja yang ada sehingga berdampak pada angka pengangguran, dan setiap negara pada umumnya mengalami masalah ini. Untuk mengatasi masalah pengangguran dapat dilakukan dengan meningkatkan investasi, meningkatkan ekspor, mempermudah impor barang penunjang modal seperti mesin dll.

  1. Masalah Stabilitas Harga

Kestabilan harga dapat memperlancar kegiatan perekonomian, perlu upaya untuk mencegah terjadinya ketidaksetabilan harga. Harga yang turun terus menerus dapat merugikan produsen sehingga memaksa dia untuk mengurangi bahkan menghentikan produksinya. Sebaliknya juga ketika harga tersebut naik terus menerus, dan keadaan tersebut disebut dengan inflasi.

Untuk mencegah terjadinya inflasi ada langkah strategis yang bisa ditempuh seperti melalui kebijakan fiskal dan moneter. Kebijakan fiskal yaitu langkah dan cara pemerintah memperbaiki perekonomian melalui bidang perpajakan dan pengeluaran pemerintah. Sedangkan kebijakan moneter yaitu cara memperbaiki perekonomian yang dilakukan oleh Bank Indonesia dengan menaikkan bunga untuk mengurangi pengeluaran negara dan masyarakat.

Daftar MATERI  Teori Ekonomi

Contoh Latihan Soal Ilmu Ekonomi

Setelah Anda membaca materi diatas, kini saatnya Anda untuk mencoba latihan soal bab tujuan ilmu ekonomi. Berikut ini contoh latihan soal pilihan ganda yang bisa Anda coba untuk menguji kemampuan Anda.

  1. Bagaimana cara pemerintah untuk mengatasi masalah inflasi, hal tersebut termasuk dalam ruang lingkup …
    APembangunan
    BPendidikan
    CMikro
    DMakro
    EDeskripsi
  1. Berikut ini peristiwa yang dapat berdampak pada inflasi yang tertinggi terjadi pada…
    AKenaikan harga sepatu
    BNaiknya harga cabaik
    CKenaikan harga Spidol
    DMeningginya harga Sofa
    ENaiknya harga BBM
  1. Berikut ini yang menjadi kebijakan pemerintah dibidang fiskal antara lain …
    AMeninggikan tingkat suku bunga
    BMenurunkan tarif pajak
    CMeningkatkat tarif pajak
    DMenekan pengeluaran pemerintah
    EJawaban C dan D benar

Penutup

Itulah tadi materi mengenai tujuan ilmu ekonomi dipelajari dan memiliki manfaat di ruang lingkupnya masing-masing. Ilmu ekonomi bisa memberikan manfaat yang sangat besar di ruang lingkup mikro dan makro seperti yang kami uraikan diatas. Contoh latihan soal pilihan ganda diatas juga bisa Anda jadikan uji coba kemampuan Anda mengenai materi bab ini.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Masalah Pokok Ekonomi

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read

Penyebab Kelangkaan

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read

Kebutuhan Manusia

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read