Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Transformasi Geometri

1 min read

Transformasi Geometri

Salah satu materi matematika untuk meningkatkan daya ingat adalah transformasi geometri. Materi ini tidak akan mempelajari mengenai keliling, luas, ataupun volume suatu bangun. Namun, Anda akan belajar mengenai perubahan suatu bangun pada suatu titik tertentu menuju titik tertentu. Transformasi pada umumnya digunakan untuk memahami karakteristik suatu bangun.

Transformasi Geometri

Materi ini pertama kali dikenalkan oleh seorang ilmuwan bernama Felix Klein. Perkembangan materi ini semakin hari semakin meningkat hingga ditemukan beberapa jenis transformasi yang terjadi yaitu translasi atau pergeseran, refleksi atau pencerminan, rotasi atau perputaran, dan dilatasi atau pembesaran.

Jenis Transformasi

Untuk memahami 4 jenis transformasi ini, mari simak penjelasan di bawah ini.

Pergeseran / Translasi

Translasi merupakan jenis transformasi pertama yang perlu Anda pahami. Pergeseran atau translasi merupakan pemindahan bidang geometri secara keseluruhan pada titik tertentu menuju titik tertentu yang memiliki arah yang sama dalam tiap titiknya. Secara sederhana, jika titik A pada suatu bidang berpindah ke arah kanan sejauh 1 meter, maka semua titik harus berpindah ke arah kanan sejauh 1 m.

Refleksi / Pencerminan

Refleksi merupakan salah satu jenis transformasi geometri yang memindahkan suatu bidang geometri menuju titik lain dengan ketentuan, jarak perpindahan pada tiap titik sama dengan 2 kali jarak perpindahannya. Secara sederhana, Anda dapat melihat transformasi ini melalui cermin pantul. Anda akan melihat bangun yang sama dengan jarak yang sama namun berhadapan satu sama lain.

Perputaran / Rotasi

Rotasi merupakan transformasi semua titik pada bidang geometri dengan pusat berada di salah satu titik. Namun, rotasi juga dapat menggunakan titik pusat lingkaran sebagai titik rotasi. Anda dapat memutar sebuah geometri sebesar 90 derajat dan melihat perubahan yang terjadi. Jika Anda, berpusat pada salah satu titik, maka arah dari bidang geometri setelah diputar akan berbeda dengan semula.

Dilatasi / Pembesaran

Pembesaran atau sering disebut dilatasi merupakan transformasi dengan cara memperbesar atau memperkecil suatu bangunan geometri sebesar nilai tertentu. Dalam pembesaran, terdapat sebuah faktor dilatasi dan titik dilatasi. Titik dilatasi menentukan posisi sebuah bidang akan dilakukan pembesaran. Sedangkan faktor dilatasi adalah nilai pembesaran yang akan dilakukan pada suatu bidang.

Penutup

Transformasi geometri saat ini banyak digunakan untuk memahami karakteristik suatu bidang, terutama dalam ilmu konstruksi dan permesinan. Dengan memahami transformasi, Anda akan semakin mudah untuk mempelajari suatu bangun ruang dengan banyak latihan soal transformasi geometri.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Limit Tak Hingga

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read

Turunan Trigonometri

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read

Deret Geometri

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read