Menu
Media Informasi Keuangan

Tips Memasak Jantung Pisang Agar Tidak Hitam

  • Bagikan

Kabarin.co.id – Pada dasarnya, Tips Memasak Jantung Pisang Agar Tidak Hitam ini sudah banyak dibagikan pada beberapa website kuliner. Akan tetapi, tidak kesemuanya memberikan penjelasan yang terbilang lengkap.

Membahas mengenai jantung pisang, mungkin bukan suatu jenis sayur yang terbilang populer. Akan tetapi, jantung pisang bisa menjadi menu olahan yang leat dan membuat ketagihan dengan cita rasa yang unik.

Dalam hal ini, tidak banyak orang yang bisa mengolah jantung pisang dengan baik. Sehingga secara tidak langsung, menjadikan jantung pisang tersebut menjadi hitam dan pahit.

Apabila jantung pisang menghitam, maka tampilannya pun tidak akan menarik. Pasalnya terkesan kurang bersih dan tampak kotor.

Oleh karena itu, agar proses memasak yang anda lakukan sudah benar, maka pada artikel kali ini kami akan berbagi mengenai tips mengolah jantung pisang supaya tidak hitam dan pahit.

Tips Memasak Jantung Pisang Agar Tidak Hitam

Sebelum beranjak pada proses masak, langkah awal yang perlu diperhatikan ialah pemilihan jantung pisang yang tepat. Sehingga untuk tekstur dan rasa, bisa berasal dari jenis atau kondisi ontong yang anda pilih.

Penasaran dengan langkah cara memilih jantung pisang yang benar? Mungkin tips berikut ini akan sangat membantu :

  1. Pertama, anda bisa memilih jantung pisang pada buah yang sudah tua. Apabila getah yang dikeluarkan tidak pahir, maka jantung pisang tersebut bisa diolah menjadi masakan yang nikmat.
  2. Poin kedua, pilihlah jantung pisang yang bukan dari jenis pisang ambon, pasalnya rasa dari ontongnya lebih cenderung pahit. Jadi, pilih jantung pisang dari jenis pisang yang lain. Sebagai contoh ialah pisang raja, pisang batu, kepok, susu, dan yang lainnya.
  3. Poin ketiga, ambillah jantung pisang pada bagian dalamnya saja. Secara umum, bagian merahnya lebih banyak getah serta tidak enak untuk dimakan. Selain alot seperti tali, tentu bagian yang merah sudah tidak renyah.
  4. Poin keempat, yakni merebus jantung pisang dengan garam. Tujuan dari perebusan ini ialah untuk mengurangi kandungan getah yang masih tersisa pada ontong tersebut. Sebelumnya, potong menjadi beberapa bagian, dan rebus dengan garam.

Ketika empat poin diatas sudah anda terapkan, sudah bisa dipastikan bahwa proses masak akan lebih mudah. Sebab ontong yang akan dimasak sudah memenuhi kriteria.

Untuk lebih singkatnya, berikut tips memasak jantung pisang supaya tidak hitam :

  • Masukkan jantung pisang yang akan direbus ke dalam air yang sudah mendidih. Jangan sampai memasukkan ketika kondisi air belum mendidih.
  • Buang air rebusan pertama, serta rebus kembali untuk menghilangkan warna hitamnya.
  • Setelah matang, peras jantung pisang dalam air bersih hingga warna hitamnya keluar. Ulangi beberapa kali hingga hitamnya tidak nampak lagi.

Mungkin hanya itu saja tips supaya janting pisang tidak hitam ketika dimasak. Semoga bisa menjadi referensi yang memang dibutuhkan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *