Categories: Perencanaan

Tips Jitu Mengendalikan Keuangan Rumah Tangga Dengan Pasangan

tempatpinjamuang-Untuk kau yang gres menikah, wajib tahu nih cara mengontrol keuangan rumah tangga yang efektif. Pasalnya, perkiraan budget dikala masih lajang  dan sudah menikah, pastinya akan berbeda. 

tempatpinjamuang-Kamu yang mulanya cuma mengontrol keuangan pribadi saja, sekarang mesti pintar-pintar mengontrol duit biar keperluan dengan pasangan terpenuhi. Eits! Tapi jangan eksklusif berpikir cara mengontrol keuangan rumah tangga akan susah ya. 

tempatpinjamuang-Secara simple, tujuan mengontrol keuangan rumah tangga yaitu menegaskan keperluan keluarga sanggup tercukupi hingga penghujung bulan tiba. Di samping itu, memiliki arus keuangan rumah tangga yang sehat pun akan sanggup memiliki efek pada kebahagiaan keluarga.

tempatpinjamuang-Tak sedikit perceraian terjadi lantaran perkara keuangan antar pasangan yang tidak berlangsung baik. Selain itu, permasalahan keuangan juga menjadi salah satu yang paling banyak dikeluhkan pasangan yang sudah berumah tangga. Oleh alasannya yaitu itu, kau wajib mengenali cara mengontrol keuangan rumah tangga yang efektif berikut ini.

Pintar mengontrol keuangan rumah tangga

tempatpinjamuang-Saat masih melajang, kau bebas membelanjakan uangmu untuk apa saja. Hangout bareng kawan setiap hari, belanja baju dan tas setiap minggu, gesek terus kartu kredit. Tapi dikala pastikan untuk berumah tangga, kebiasaan buruk yang konsumtif mesti ditahan nih. 

tempatpinjamuang-Pasalnya, sekarang kau punya budget rumah tangga yang mesti dikeluarkan setiap bulan. Jika tidak pintar-pintar mengontrol keuangan, kau dan pasangan sanggup kewalahan. Untuk mengantisipasi terjadinya salah perkiraan dan hal-hal yang sanggup mengakibatkan pemborosan melampaui anggaran, ini 5 cara mengontrol keuangan rumah tangga yang perlu kau terapkan.

Hitung pendapatan total rumah tangga

tempatpinjamuang-Di antara kau dan pasangan, siapa yang bekerja? Berapa pendapatan bulanannya? Pertanyaan-pertanyaan menyerupai ini sudah sebaiknya dikenali oleh kau dan pasangan dikala pastikan untuk menikah. 

tempatpinjamuang-Setelah menikah, sebaiknya pembahasan mengenai gaji, upah lembur, penghasilan dari kerja sampingan, hingga laba investasi tak lagi menjadi hal yang tabu dan perlu dirahasiakan. Kamu dan pasangan perlu mengkomunikasikan hal ini dengan baik dan menjumlah pendapatan total rumah tangga setiap bulan. 

tempatpinjamuang-Inilah yang menjadi permulaan untuk sanggup menegaskan budget rumah tangga menyerupai berapa besar dana yang hendak dialokasikan untuk keperluan primer, sekunder, dan juga tersier.

Tentukan prioritas

tempatpinjamuang-Kamu dan pasangan juga mesti menyatukan visi untuk menegaskan prioritas keuangan dalam rumah tangga. Kira-kira apa yang menjadi pengeluaran terpenting yang mesti dipenuhi setiap bulan? 

tempatpinjamuang-Susun skala prioritas dengan memprioritaskan budget pengeluaran yang memang menjadi kewajiban. Terutama jenis pengeluaran yang jikalau ditangguhkan pembayarannya akan menampilkan kerugian, menyerupai tagihan listrik dan air, ongkos sewa rumah, cicilan kendaraan, serta mengeluarkan duit hutang kartu kredit.

tempatpinjamuang-Setelah itu, kau sanggup mulai menyusun budget untuk keperluan pokok menyerupai konsumsi sehari-hari, ongkos transport, dan lainnya. Lalu teruskan penentuan skala prioritasmu mulai dari keperluan yang sungguh penting hingga yang tidak mendesak.

Alokasikan untuk dana darurat

tempatpinjamuang-Dana darurat ialah hal penting yang dihentikan dilupakan dikala mengontrol keuangan rumah tangga. Mungkin memang faedah dana darurat tidak sanggup eksklusif dirasakan. Namun dikala terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, kau akan sungguh memerlukan kemunculan dana darurat.

tempatpinjamuang-Dana darurat sendiri sanggup dikatakan selaku dana cadangan untuk melindungi keuanganmu ketika jatuh sakit atau mungkin dipecat dari pekerjaan. Kita pasti tidak menghendaki hal ini terjadi, namun kita juga tidak sanggup menutup mata bahwa itu sanggup saja terjadi sewaktu-waktu tanpa kita prediksi sebelumnya. Di sinilah, dana darurat akan sungguh membantumu untuk sanggup kembali bangun dan stabil.

tempatpinjamuang-Dana darurat yang perlu disiapkan dikala kau sudah berkeluarga pastinya lebih besar ketimbang dana darurat dikala kau masih single. Jumlah dana darurat yang ideal diadaptasi dengan total pendapatan bulanan kau dan pasangan. Kamu sanggup menyiapkan dana darurat sebanyak 3, 6, atau 12 kali dari jumlah pendapatan bulanan.

tempatpinjamuang-Jangan kalut jikalau tak sanggup eksklusif menyanggupi jumlah tersebut di awal. Yang terpenting jangan lupa sisihkan sebagian uangmu secara terpisah setiap bulan khusus untuk dana ini, ya!

Tabungan dan investasi

tempatpinjamuang-Mengatur keuangan rumah tangga bukan memiliki arti seluruh uangmu digunakan untuk konsumsi saja. Jangan lupakan juga saving dan investasi demi keuangan yang bagus di masa depan. 

tempatpinjamuang-Tak perlu sakit kepala memikirkan hal ini, kau sanggup gunakan cara mengontrol keuangan rumah tangga yang efektif dengan rasio 50:30:20. Artinya, dari total seluruh pendapatan kau dan pasangan dalam satu bulan, 50% gunakan demi keperluan primer, 30%  gaya hidup, dan 20% sisanya untuk menabung dan investasi. 

tempatpinjamuang-Dengan menerapkan rasio ini, kau akan tetap sanggup menikmati hidup dan punya laba keuangan jangka panjang tanpa kalut kebutuhanmu tidak tercukupi.

Review arus keuangan bulanan

tempatpinjamuang-Setelah mengenali total pendapatan dan menegaskan pos-pos pengeluaranmu, sekarang saatnya melakukan review. Untuk memudahkan, kau sanggup menghasilkan tabel sederhana untuk mencatat apa saja pengeluaranmu bulan ini. Pastikan tak ada pengeluaran yang terlewat ya!

tempatpinjamuang-Setelah itu, bandingkan dengan planning budget yang sudah kau buat sebelumnya. Apakah selama satu bulan ini berlangsung sesuai rencana? Lihat lagi pengeluaran mana yang memerlukan nominal lebih dan juga mana yang sebaiknya dikurangi.

tempatpinjamuang-Dengan me-review arus keuangan bulanan ini, kau jadi tahu apakah cara mengontrol keuangan rumah tangga yang kau coba terapkan sudah efektif atau belum. Jika belum, tak ada salahnya untuk melakukan modifikasi planning anggaran. Harapannya, di bulan selanjutnya kau tak lagi menghadapi halangan dalam mengontrol keuangan rumah tangga.

Tips mengontrol keuangan rumah tangga bagi pasangan baru

tempatpinjamuang-Namanya juga pasangan baru, pasti banyak hal yang terasa gres dan perlu pintar-pintar menyesuaikan diri dengan kondisi yang serba gres ini. Begitu juga dikala mengontrol keuangan rumah tangga. 

tempatpinjamuang-Wajar jikalau kau masih melakukan kesalahan dan mendapatkan kebocoran di sana-sini meski sudah menghasilkan planning budget bulanan sebelumnya. Namun jangan jadikan ini selaku excuse dan akibatnya berlarut-larut ya! 

tempatpinjamuang-Agar pengaturan keuanganmu sanggup berlangsung efektif. Yuk ikuti kiat berikut ini biar kau dengan pasangan sanggup mengontrol keuangan dengan baik dan benar. 

Bedakan keperluan dan keinginan

tempatpinjamuang-Ini berhubungan dengan penyusunan prioritasmu sebelum menghasilkan anggaran. Sangat penting untuk sanggup membedakan mana pengeluaran yang memang keperluan dan mana yang cuma suatu keinginan. 

tempatpinjamuang-Saat semua tagihan dan keperluan pokok sudah dianggarkan, apa yang hendak kau laksanakan dengan duit yang masih tersisa? Sah-sah saja jikalau kau ingin menggunakannya untuk melakukan hal mengasyikkan menyerupai piknik atau membeli keperluan tersier. 

tempatpinjamuang-Alih-alih eksklusif membelanjakan duit tersebut, ada baiknya kau memikirkan kembali apakah kau sungguh-sungguh butuh untuk menghabiskan uangmu?

tempatpinjamuang-Hindari juga mengambil keputusan secara impulsif yang dipicu oleh kondisi ‘lapar mata’. Jangan hingga kau terlena oleh cita-cita dan menghasilkan budget keuangan yang sudah dikelola menjadi kacau balau.

Selalu siapkan list

tempatpinjamuang-Sudah bukan diam-diam jikalau belanja tidak dijadwalkan sebelumnya, maka duit yang dihabiskan akan jauh lebih banyak. Untuk itu, sebelum pergi belanja senantiasa siapkan list atau daftar keperluan apa saja yang hendak dibelanjakan. 

tempatpinjamuang-Lagi-lagi, buat skala prioritas tentang apa saja yang mesti dibeli dan mana yang sanggup dikurangi. Dengan begitu kau akan terhindar dari ‘kalap’ dikala berbelanja. Selain sanggup membuatmu lebih hemat, keuangan keluarga pun sanggup berlangsung sesuai rencana.

Hindari penggunaan kartu kredit

tempatpinjamuang-Banyak orang menegaskan memakai kartu kredit untuk mendapat promo sehingga sanggup mengeluarkan duit lebih murah. Tapi jikalau digunakan secara terus-menerus, kebiasaan memakai kartu kredit akan condong berujung pada spending yang tidak terkontrol. 

tempatpinjamuang-Tanpa sadar, tagihan yang tiba di bulan depan tiba-tiba membengkak. Belum lagi risiko yang mesti kau tanggung apabila tidak eksklusif melunasi tagihanmu. 

tempatpinjamuang-Bisa-bisa penggunaan kartu kredit yang berlebihan malah akan menampilkan efek buruk pada keuangan rumah tangga. Oleh alasannya yaitu itu, sebaiknya kau mulai meminimalkan kebiasaan belanja memakai kartu kredit. 

tempatpinjamuang-Sebagai gantinya gunakan duit tunai atau kartu debit untuk bertransaksi sehari-hari. Kamu juga sanggup memakai duit elektronik yang sekarang banyak ditawarkan platform-platform online.

tempatpinjamuang-Dengan cara ini, duit yang digunakan untuk bertransaksi akan eksklusif diambil dari rekening yang memang sudah kau alokasikan untuk belanja dan terhindar dari utang. Agar lebih gampang mengontrol pengeluaran, kau juga sanggup lho menangkal nominal transaksi untuk penggunaan sehari-hari.

Perhatikan rasio utang

tempatpinjamuang-Salah satu patokan keuangan rumah tangga yang bagus yaitu ketika jumlah utang tidak melampaui 30% dari penghasilan utama. Jika melampaui jumlah tersebut, artinya duit bulananmu akan habis cuma untuk mengeluarkan duit utang.

tempatpinjamuang-Utang yang dimaksud di sini tergolong pula tagihan kartu kredit, tagihan pay later, dan lain-lain. Bila ini terjadi, maka secara otomatis kau mesti meminimalkan ongkos keperluan yang lain untuk melunasi utang. 

tempatpinjamuang-Perlu diperhatikan, utang ialah salah satu hal yang wajib dibayarkan sebelum kau pastikan untuk mengalokasikan keuanganmu untuk keperluan lain. Oleh alasannya yaitu itu kau mesti senantiasa mempertahankan rasio utang tersebut tetap dalam batas wajar jikalau tidak ingin keuagan rumah tanggamu berantakan.

Komunikasi

tempatpinjamuang-Hal yang tak kalah penting dari semua kiat di atas yaitu mempertahankan komunikasi antara kau dan pasangan, tergolong dalam soal keuangan. Komunikasikan senantiasa apa saja yang menjadi kebutuhanmu dan pasangan sehari-hari dan berapa bujet yang dibutuhkan.

tempatpinjamuang-Luangkan waktu setidaknya satu kali sebulan untuk duduk bareng membicarakan cara mengontrol keuangan rumah tangga dan mengevaluasinya. Penting juga untuk menjadi pendengar yang bagus dan aktif dalam menyodorkan soal keuangan rumah tangga. 

tempatpinjamuang-Sehingga cara mengontrol keuangan rumah tangga ini pun tidak terasa memberatkan satu pihak saja. Bagaimana, sudah siap mengontrol keuangan rumah tanggamu secara efektif? Selamat mencoba!

Tags : ,

Tags: Perencanaan
rizved al

Recent Posts

3 trik aman baca Chat WA Tanpa Diketahui Oleh Pengirimnya

Sampai saat ini, aplikasi WhatsApp masih menjadi raja layanan berkirim pesan secara online. Hal ini tentu saja karena berbagai fitur…

4 minggu ago

Kepala BKPM Bahlil: Gak Ada Tukang Palak di Investasi RI! – TPMNews

Jakarta, tpmnews - RI terus aktif menggaet investor di sektor industri hilir pertambangan, khususnya untuk mengembangkan industri baterai kendaraan listrik…

4 minggu ago

Jreng! Australia Kini Punya Senjata Nuklir, RI Kasih Respons – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI buka suara mengenai pembentukan AUKUS. Ini adalah aliansi pertahanan baru antara Amerika…

4 minggu ago

Siap-siap! KKP Atur Penangkapan Terukur Mulai 1 Januari 2022 – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Pemerintah akan mengeluarkan aturan baru mengenai kuota penangkapan ikan. Nantinya ikan yang ditangkap akan diatur jumlahnya hingga…

4 minggu ago

Murah di Inggris, Brompton Ini Tembus Rp 40 Juta di RI – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Harga sepeda Brompton saat ini dibanderol mulai dari Rp 30 jutaan. Harga ini turun dari tahun lalu…

4 minggu ago

Strategi BKMS Kelola 5 Kluster Bisnis di KEK Gresik JIIPE – TPMNews

Jakarta, tpmnews- Direktur Utama PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), Bambang Setiono menyambut positif penetapan Kawasan Integrated Industrial Port Estate…

4 minggu ago