Menu
Media Informasi Keuangan

Terkait Larangan Cadar, DPR Akan Panggil Menag Pekan Depan

  • Bagikan

Kabarin.co.id, Jakarta – Untuk meminta penjelasan mengenai rencana kajian pembuatan aturan larangan cadar (niqab), dan celana cingkrang masuk pada instansi milik pemerintah, Komisi VIII DPR RI akan memanggil Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi.

Yandri Susanto selaku Ketua Komisi VIII DPR menyebut bahwa pihaknya ingin tahu dasar dari pemikiran Fachrul Razi mengeluarkan wacana tersebut.

“Kami akan undang Kamis (pekan) depan. Isu seperti ini akan jadi agenda kami untuk konfirmasi langsung ke Menag, sebenarnya apa dasar pemikiran Menag melontarkan hal-hal yang menurut saya tidak produktif. Terminologi radikal dengan pakaian, bagaimana nyambungnya?” ucap Yandri kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (31/10/2019).

Politikus PAN tersebut juga akan mempertanyakan pihak yang memberikan informasi, sehingga Fachrul mempunyai rencana untuk mengeluarkan larangan tersebut. Ia menilai, tidak ada korelasi antara pakaian dengan pemikiran radikal.

Ia pun meminta untuk Fachrul lebih fokus pada tugas pokok serta fungsinya sebagai menteri agama. Hal tersebut demi menghadirkan rasa nyaman serta damai pada tengah umat beragama di Indonesia.

“Kalau tiba-tiba dengan terminologi yang belum jelas radikal sama dengan cara orang berpakaian, itu terlalu gegabah,” ucap Yandri.

Sedangkan dari sisi Fachrul, membantah bahwa dirinya tengah mengkaji penggunaan niqab atau cadar masuk pada instansi pemerintah. Fachrul menyebut dirinya hanya sebatas mengeluarkan rekomendasi.

“Saya enggak berhak dong, masa Menteri Agama mengeluarkan larangan. Enggak ada. Menteri agama, paling-paling merekomendasi,” jelas Fachrul ketika ditanya terkait larangan cadar di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis siang.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *