Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Teori Perilaku Produsen

2 min read

Teori Perilaku Produsen

Kali ini akan membahas mengenai materi ekonomi, lanjutan dari bab teori perilaku konsumen. Tentang apa itu? yaitu mengenai teori perilaku produsen. Jev Edukasi Online akan membahas tuntang materi tersebut sebelumnya juga banyak makalah yang membahas tentang materi ini, namun hanya berupa analisa atau praktik. Berikut ini pengertian, tujuan, faktor, proses dan contoh dari teori perilaku produsen.

Perilaku Produsen

Pengertian produksi adalah suatu proses mengubah masukan (input) menjadi keluar (output) bisa juga diartikan sebagai mengubah faktor produksi menjadi barang dan jasa.

Dalam hubungannya dengan manfaat barang dan jasa, produksi berperan sebagai kegiatan yang menambah manfaat suatu barang atau menciptakan barang baru sehingga dapat berguna untuk memenuhi kebutuhan.

Teori Perilaku Produsen

Pengertian teori perilaku produsen adalah suatu gambaran bagaimana produsen berprilaku dalam memproduksi barang dan jasa yang menekankan akan efisiensi.

Dalam teori produksi terdapat 2 konsep utama, yaitu :

  1. Memproduksi dengan output semaksimal mungkin dengan input yang tetap
  2. Memproduksi dengan output pada tingkat tertentu dengan biaya produksi serendah mungkin

Produksi menurut waktunya kita bedakan menjadi dua jenis yaitu jangka pendek dan panjang. Nah berikut ini pengertian dan penjelasan masing-masing jenis tersebut.

Produksi Jangka Pendek

Terdapat 2 faktor penting dalam produksi jangka pendek yaitu yang bersifat tetap dan berubah ubah. Fungsi produksi secara sistematis yaitu menunjukkan persamaan hubungan antara masukkan (input) dengan keluaran (output).

Produksi Jangka Panjang

Semua faktor produksi dapat dirubah-rubah jumlahnya atau sifatnya variabel dalam produksi jangka panjang. Dalam produksi jangka panjang terdapat 3 jenis kurva yang perlu Anda mengerti yaitu isoquant, isocost, dan optimal.

Adapun pengertian dari kurva isoquant ialah suatu kurva yang menunjukkan kombinasi antara 2 faktor produksi yang menghasilkan tingkat produksi yang sama. Kurva isoquant juga dapat digambarkan dengan menempatkan faktor model pada sumbu tegak sedangkan faktor produksi tenaga kerja pada sumbu datar.

Pengertian kurva isocost yaitu suatu kurva yang menunjukan jumlah anggaran dengan kombinasi faktor produksi yang dapat dibeli oleh perusahaan. Kurva isocost ini jika di gambarkan dengan diagram akan lurus tidak cembung ataupun cekung.

Sedangkan pengertian dari produksi optimal yaitu dimana saat kurva isocost (garis anggaran biaya perusahaan) bersinggungan dengan kurva isoquant. Produksi optimal bisa terjadi jika suatu perusahaan mengeluarkan anggaran yang paling rendah namun dapat menghasilkan output yang maksimal.

Tujuan Produksi

Pernahkah Anda membayangkan jika pakaian yang Anda gunakan saat ini tidak diproduksi, makanan yang biasa Anda makan tidak ada yang memproduksi juga. Anda sudah bisa merasakan sendiri tanpa adanya kegiatan produksi maka dampaknya banyak kebutuhan manusia sulit untuk terpenuhi. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa tujuan produksi adalah untuk memenuhi kebutuhan dan dari sisi produsen untuk memperoleh laba dan menjaga kelangsungan perusahaan.

Faktor Produksi

Produksi memeliki banyak faktor penting yang mempengaruhinya, antara lain tanah, modal, tenaga kerja dan keahlian pengusaha. Nah, kali ini kami akan membahas secara lengkap dan detail mengenai faktor penting yang memepengaruhi produksi.

Faktor Tanah

Maksud faktor ini ialah bukan hanya sebuah tanah ajah yang ditinggali ataupun ditanami tetapi segala sumber daya alam yang terkandungnya. Maka dari itu faktor tanag sering kali pula disebut sebagai natural resource.

Faktor Modal

Modal menjadi faktor kedua yang meliputi jenis barang yang dibuat untuk menunjang kegiatan produksi barang atau jasa. Contoh barang dalam bentuk modal seperti pabrik, mesin, tenaga listrik, gudang dan lain sebagainya yang berbentuk barang penunjang produksi.

Faktor Tenaga Kerja

Tenaga kerja atau human resource ini tidak hanya kekuatan manusia semata untuk mencangkul, bertukang, mengkuli atau kegiatan fisik lainnya namun lebih luas lagi. Istilah human resource digunakan sebagai faktor tenaga kerja ini karena tidak hanya jasmani, tapi semua yang terkandung didalam SDM itu seperti, mental, ilmu pengetahuan dan sebagainya

Faktor Keahlian Pengusaha

Yang menjadi faktor terakhir ini yaitu keahlian dari pengusaha itu sendiri atau sering disebut dengan istilah kemampuan berwirausaha. Selain itu juga faktor terakhir ini juga sering disebut dengan istilah enterpreneur, yang mana tidak dapat dilihat namun bisa dirasakan dan sangat menentukan.

Penutup

Sekarang Anda sudah memahami kan materi tentang teori perilaku produsen lengakap dengan tujuannya. Selain itu juga banyak faktor yang mempengaruhi perilaku produksi dan sudah dijelaskan secara lengkap diatas. Agar Anda lebih memahami materi ini, perbanyak untuk membaca dan latihan contoh soal tentang perilaku produsen.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Kebutuhan Manusia

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read