Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Teori Ekonomi Makro dan Mikro

1 min read

teori ekonomi

Dalam kehidupan masyarakat, setiap hari kita akan menjumpai dan mungkin terlibat akan terjadinya peristiwa ekonomi. Nah setiap peristiwa ekonomi yang terjadi dimasyarakat akan menjadi ilmu ekonomi. Kali ini Jev Edukasi Online akan mengupas mengenai teori ekonomi yang terbagi menjadi dua yaitu makro dan mikro.

Daftar MATERI  Teori Ekonomi

Teori Ekonomi

Pengertian teori ekonomi adalah suatu kesimpulan umum yang diambil dari konsep pemikiran dan pandangan yang didapatkan dari data peristiwa ekonomi dimasyarakat yang disusun, diolah dan dianalisa.

Teori ekonomi menjelaskan hubungan antar peristiwa ekonomi yang dirumuskan menjadi hukum ekonomi. Sedangkan fungsi teori ekonomi itu sendiri yaitu mengetahui dan menjelaskan data maupun informasi mengenai kenyataan ekonomi.

Didalam teori ekonomi bisa digolongkan atau terbagi menjadi dua yaitu teori ekonomi makro dan teori ekonomi mikro, berikut penjelasannya.

Teori Ekonomi Makro

Pengertian teori ekonomi makro yaitu teori yang menganalisa suatu kegiatan perekonomian secara keseluruhan atau besar contohnya seperti pendapatan nasional, investasi dll.

Didalam teori ekonomi makro juga mempelajari mengenai sebab dan car mengatasi inflasi, defisit neraca pembayaran dan pengangguran.

Teori Ekonomi Mikro

Pengertian teori ekonomi mikro adalah suatu teori yang mempelajari dan menganalisa bagian tertentu dari keseluruan kegiatan perekonomian, contohnya seperti tingkah laku produsen dan konsumen.

Didalam teori ekonomi mikro, mempelajari bagaimana konsumen bisa membelanjakan hingga mencapai tingkat kepuasan yang maksimum dan bagaimana cara produsen untuk meningkatkan keuntungannya.

Perbedaan Teori Ekonomi Makro dan Mikro

Dari penjelasan diatas, dibenak kita akan tahu ternyata ada perbedaan diantara keduanya, berikut perbedaan teori ekonomi makro dan mikro.

Ekonomi MakroEkonomi Mikro
Titik berat analisa

  1. Masalah utama perekonomian
  2. Faktor penentu kegiatan ekonomi suatu negara
  3. Peran pemerintah mengatasi masalah ekonomi
Titik berat analisa

  1. Cara mencapai kepuasan
    Cara mewujudkan efisiensi
Analisa bersifat bagian atau unit terkecil dari keseluruanKeseluruan sifat analisanya
Cakupan permasalahan

  1. Pendapatan Nasional
  2. Pertumbuhan Ekonomi
  3. Pendapatan per kapita
  4. Inflasi
  5. Kebijakan ekonomi pemerintah
  6. Neraca pembayaran
  7. Pengangguran
Cakupan permasalahan

  1. Teori produksi
  2. Biaya produksi
  3. Struktur pasar
  4. Perilaku produsen dan konsumen
  5. Teori konsumsi dan distribusi
  6. Elastisitas
  7. Permintaan dan penawaran

Penutup

Itulah tadi materi mengenai teori ekonomi yang terbagi menjadi dua yaitu mikro dan makro lengkap dengan penjelasannya. Selain itu juga yang kami uraikan diatas sudah lengkap dengan contoh perbedaan teori ekonomi makro dan mikro.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Kebutuhan Manusia

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read

Pendapatan Nasional

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read