Menu
Media Informasi Keuangan

Tempat Pinjam Uang Rentenir Tanpa Jaminan

  • Bagikan
Tempat Pinjam Uang Rentenir Tanpa Jaminan

Tempat Pinjam Uang Rentenir Tanpa JaminanTahukah anda keberadaan pemberi pinjaman dari dana pribadi di masyarakat? Pemberi pinjaman dari dana pribadi ini biasa disebut juga sebagai rentenir. Sesuai dengan namanya, rentenir berasal dari kata dasar “rent” yang artinya memberikan pinjaman. Keberadaan rentenir ini tidak asing lagi di masyarakat. Ada banyak orang yang mengetahui siapa saja rentenir di lingkungannya dan tidak segan-segan mendatangi tempat pinjam uang rentenir tanpa jaminan.

Serba Serbi Tempat Pinjam Uang Rentenir Tanpa Jaminan

Pinjaman dari rentenir biasanya adalah pinjaman yang diberikan karena sudah kenal. Atau dengan kata lain, rentenir hanya akan meminjamkan kepada orang-orang yang sudah diketahui di mana tinggalnya dan apa pekerjaannya. Sasaran utama para rentenir biasanya adalah penjual dan pedagang harian di lingkungannya tinggal. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa si peminjam bisa membayar hutangnya secara harian hingga lunas.

Besar pinjaman dari seorang rentenir ini berbeda-beda. Ada rentenir yang bersedia meminjamkan jumlah uang cukup besar, namun disertai dengan jaminan. Akan tetapi, ada juga tempat pinjam uang rentenir tanpa jaminan. Tempat pinjam uang rentenir tanpa jaminan ini biasanya besar pinjamannya tidak terlalu besar. Masyarakat biasanya hanya bisa meminjam mulai dari 500 ribu hingga 1 juta saja dari pinjaman uang rentenir ini. Itulah mengapa para masyarakat sebaiknya mempertimbangkan dahulu kelebihan dan kekurangan tempat pinjam uang rentenir sebelum mengajukan pinjaman. Bagaimana masyarakat bisa mengetahui informasi mengenai hal tersebut?

Kelebihan Tempat Pinjam Uang Rentenir Tanpa Jaminan

Tentunya anda bisa mencari informasi mengenai kelebihan dan kekurangan tempat pinjam yang rentenir ini melalui informasi yang ada di sekitar anda. Namun jika anda masih kesulitan juga mengetahui informasi mengenai rentenir, maka pada bagian berikut  ini akan dijelaskan dahulu mengenai kelebihan mengajukan pinjaman di tempat pinjam uang tanpa jaminan.

Tidak Membutuhkan Jaminan

Keuntungan yang pertama jika mengajukan pinjaman ke tempat pinjam uang rentenir adalah tidak membutuhkan jaminan untuk pinjaman kecil. Pinjaman kecil seperti disebutkan sebelumnya bisa anda ajukan hingga 1 juta rupiah tanpa jaminan apapun. Jadi sangat memudahkan peminjam.

Prosesnya Cepat

Selain itu, meminjam di tempat pinjam uang rentenir tanpa jaminan juga memiliki proses pencairan yang cepat. Karena merupakan uang pribadi, peminjam tidak perlu menunggu proses pengajuan yang panjang dan bisa menerima uang pinjaman di saat itu juga.

Bisa Dicicil Harian

Kelebihan lainnya, pinjaman dari rentenir biasanya dilunasi dengan cicilan. Cicilan ini adalah cicilan harian yang besarnya cukup ringan jika anda memiliki penghasilan harian. Jadi tidak perlu dibayar langsung utuh dengan bunganya yang memberatkan untuk berbagai kelompok.

Kekurangan Tempat Pinjam Uang Rentenir Tanpa Jaminan

Setelah mengetahui mengenai berbagai kelebihan di atas, kini anda juga perlu tahu apa saja kekurangan tempat pinjam uang rentenir tanpa jaminan. Jadi simak kembali penjelasannya pada bagian berikut ini.

Jumlah Pinjaman Kecil

Ternyata jika mengajukan pinjaman uang ke rentenir, anda harus siap dengan jumlah pinjaman yang kecil tadi. Pasalnya rentenir tidak akan memberikan pinjaman lebih dari jumlah tadi, jika tanpa adanya jaminan. Jika anda memiliki jaminan, barulah rentenir berani meminjamkan dalam jumlah yang besar.

Bunganya Tinggi

Pinjaman dari rentenir juga diketahui memiliki bunga yang tinggi. Tidak sedikit rentenir yang membebankan bunga hingga 20% setiap bulannya. Tentu jika dibandingkan dengan pinjaman dari lembaga resmi, bunga ini sangatlah tinggi dan harus anda perhitungkan dengan bijaksana.

Demikianlah tadi penjelasan yang bisa diberikan mengenai tempat pinjam uang rentenir tanpa jaminan yang mencakup kelebihan dan kekurangannya. Semoga informasi yang diberikan di atas dapat membantu anda untuk mempertimbangkan baik-baik sebelum mengajukan pinjaman uang k rentenir.

 

  • Bagikan