Teks Negosiasi

1 min read

Teks Negosiasi

Di dalam dunia bisnis tentunya tidak asing dengan interaksi atau hal tawar menawar ataupun biasa dikenal negosiasi, yang dilakukan perusahaan satu dengan perusahaan lainnya. Kerjasama tersebut dilakukan demi mengembangkan serta menyukseskan perusahaan masing-masing. Kesepakan yang dibuat antar perusahaan yang dibentuk dalam teks ini disebut sebagai teks negosiasi.

Teks Negosiasi

Dalam hal ini, negosiasi tak hanya berlaku pada apa yang disampaikan secara lisan, namun dapat pula dibuat dalam wujud teks. Di mana teks tersebut memiliki struktur serta aturan yang sudah ditetapkan. Pada kesempatan kali ini akan membahas sedikit mengenai pengertian, manfaat, ciri-ciri dari teks ini. Berikut penjabaran teks untuk negosiasi.

Pengertian

Adapun pengertian dari teks bernegosiasi ialah suatu pembentuk teks yang dihasilkan dari interaksi sosial yang tujuannya untuk memperoleh kesepakatan perihal tawar menawar antara pihak yang terkait satu dan lainnya, yang memiliki kepentingan berbeda

Ciri Ciri

Di bawah ini merupakan ciri-ciri dari teks dalam bernegosiasi, antara lain:

NoCiri Ciri Teks Negosiasi
1Arah dari teks ini ke tujuan praktis
2Karena negosiasi tersebut dapat menguntungkan satu sama lain akhirnya terciptalah kesepakatan
3Isi dari teks ini lebih memprioritaskan kepada kepentingan bersama
4Dengan adanya negosiasi menjadi salah satu sarana dalam mencari penyelesaian

Manfaat

Dari pembuatan kesepakatan dari sebuah negosiasi tentunya mempunyai manfaat yang diperoleh oleh kedua pihak. Berikut ini ialah manfaat-manfaat dari tawar menawar yang dibuat.

  1. Agar terciptanya hubungan antar perusahaan untuk menjalin sebuah kerja sama, baiknitu sesame intansi, perorangan, maupun badan usaha. Di mana mereka saling pengertian untuk mengerjakan usaha tersebut bersama-sama.
  2. Demi mengembangkan atau mensukseskan jalinan kerja sama pada usaha yang sudah dijalankan antara badan usaha, intansi, perorangan ataupun perusahaan.
  3. Dapat memperkecil atau meminimalisasi segala permasalahan yang terjadi antar intansi, perorangan, perusahaan, dan badan usaha.

Penutup

Apabila antar perusahaan atau yang lainnya telah membuat kesepakatan kerja demi menyelesaikan permasalahan masing-masing instansi, maka dengan teks negosiasi ini dapat dijadikan acuan atau penegasan kesepakatan agar kedua belah pihak tidak melenceng dari persetujuan. Semoga ilmu tentang negosiasi ini bisa bermanfaat dan berguna buat Anda sekalian.

Avatar

Contoh Teks Prosedur

Avatar admin
1 min read

Contoh Recount Text

Avatar admin
1 min read

Contoh Resensi Buku

Avatar admin
1 min read