Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Teks Laporan Hasil Observasi

5 min read

Teks Laporan Hasil Observasi

Pernahkah Anda melakukan sebuah kegiatan observasi atau pengamatan. Tentunya apabila Anda telah melakukan observasi, maka Anda akan membuat teks laporan hasil observasi tersebut. Teks laporan observasi sendiri yaitu teks yang memiliki fungsi untuk memberikan info mengenai situasi ataupun sebuah objek melalui penelitian dengan sistematis.

Teks Laporan Hasil Observasi

Hasil dari penelitian secara mendalam ini biasanya berupa laporan mengenai tumbuhan, hewan, benda, suatu ekosistem, konsep dan lain-lain. Untuk pembahasan lebih jauh lagi berikut ini ulasan hal-hal yang berkaitan dengan teks hasil pengamatan atau observasi, yaitu:

Ciri Ciri Teks Laporan Observasi

Bersifat objektif

Tulisan atau penulis tak boleh memihak pada pihak tertentu. Sehingga menghasilkan suatu laporan yang netral dan apa adanya.

Teks berdasarkan fakta

Hasil tinjauan penulis harus berdasarkan data real bukan dari hasil imajinasi, karangan maupun khayalan. Sehingga suatu laporan observasi tersebut dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.

Bersifat khusus atau spesifik

Hasil pengamatan penulis harus jelas dan pembahasan tidak melenceng dari pembahasan. Dan pada akhirnya suatu laporan observasi tersebut dapat menghasilkan hasil final yang sesuai dengan konteks pembahasan.

Teks Disajikan Secara Lengkap

Penulis wajib memberikan hasil peninjauan yang diperlukan secara terperinci dan mendalam. Diharapkan contoh laporan observasi tersebut bisa berbobot kontennya.

Laporan disajikan bisa membuat pembaca tertarik dan mudah untuk dipahami.

Berdasarkan kebutuhan pembaca maka penulis wajib sesuaikan teks laporan observasinya. Teks laporan yang dibuat terdapat beberapa kalimat yang dapat membuat pembaca ketika membaca semakin ingin membaca lebih banyak.

Struktur Teks Laporan Observasi

  1. Sebuah pernyataan yang berisi keterangan umum (Latar Belakang) mengenai subjek yang dilaporkan. Biasanya berisi informasi umum dalam pernyataan.
  2. Deskripsi atau penggambaran pada teks berisi rincian hal-hal yang dilaporkan. Apabila lapotan mengenai tumbuhan maka teks berisi perincian ciri fisik buah, bunga, akar, atau yang lain. Manfaat serta nutrisi yang dirincikan juga dipaparkan pada bagian ini.
  3. Di dalam laporan observasi kesimpulan berbentuk ringkasan umum.

Kaidah Perihal Bahasa Teks Laporan Observasi

  1. Di dalam suatu bidang ilmu menggunakan istilah. Penggambaran atau definisi memakai merupakan dan adalah.
  2. Memakai kalimat yang merinci dan kata khusus. Di bagian deskripsi, memakai kata baku, kalimat efektif, serta istilah dalam bidang ilmu. Adapun kata sambung yang dipakai selain itu, yaitu, dan, di samping itu.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Setelah Anda memahami dan mengetahui materi tentang teks laporan hasil observasi diatas, kini saatnya Anda harus tau mengenai contoh dan bentuknya. Berikut ini kumpulan contoh laporan observasi yang bisa Anda jadikan refrensi tugas, maupun skripsi Anda.

Laporan Hasil Observasi Tentang Pendidikan

Berikut ini contoh laporan hasil observasi bertemakan pendidikan yang mengangkat judul penerapan sitem pendidikan terbuka dan jarak jauh yang berada di SMA Budi Luhur.

Penerapan Sistem Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh Di SMA Budi Luhur

Latar Belakang

Yang mendasari adanya sistem pendidikan jarak jauh yaitu untuk memenuhi tuntutan pendidikan itu sendiri dikarenakan beberapa faktor diantaranya usia, dan kondisi geografis di Indonesia. Diharapkan dengan munculnya sistem pendidikan jarak jauh ini bisa efektif dalam mengatasi permasalahan tersebut. Ciri dari model sistem pendidikan ini berbeda dengan sistem pendidikan konvensional pada umumnya yang harus bertatap muka dalam kegiatan belajar mengajar, melainkan sistem pendidikan ini terpisah secara fisik antara pengajar dengan siswa.

Agar sistem pendidikan jarak jauh ini bisa lebih efektif dan efisien tanpa harus bertatap muka diperlukan media yang menuntut antara pengajar dan siswa saling berinteraksi. Dengan adanya media pembelajaran diharapkan proses belajar mengajar bisa menjadi lebih efektif dan efisien. Guru dan siswa tak perlu lagi harus ditempat yang sama melainkan harus menyepakati perihal waktu yang bersamaan.

Media pembelejaran sistem jarak jauh dulu sebatas tentang modul yang harus dipelajari tapi seiring hadirnya digitalisasi dan internaet membuat bermunculan media baru yang berbasis Teknologi Multimedia.

Maka dari itu penulis menganalisa hasil observasi mengenai sistem pendidikan jarak jauh yang diterapkan di SMA Budi Luhur. Diharapkan dengan adanya hasil observasi ini pembaca dan penulis bisa tau perkembangan penerapan sistem ini dan kedepannya bisa lebih baik lagi.

Laporan Hasil Observasi

Profil SMA Budi Luhur

VisiTerwujudnya Sumber Daya Manusia yang inovatif, maju, unggul, berakhlak mulia sehingga bisa berkarya untuk bangsa dan negara.
Misi1.      Meningkatkan kualitas sistem pendidikan dan pengajaran yang berbasis teknologi multimedia agar peserta didik cepat dalam menangkap materi.

2.      Meningkatkan kualitas tenaga pendidik agar selalu update mengenai perkembangan teknologi terbaru di dunia.

Pelaksanaan Observasi

Penulis melakukan observasi di SMA Budi Luhur yang berada di Kabupaten Nganjuk Jawa Timur pada tanggal 11 Januari 2020 pukul 10.00 WIB.

Hasil Observasi

Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan oleh penulis tentang sistem pendidikan jarak jauh yang diterapkan oleh SMK Budi Luhur didapatkan hasil bahwasannya sistem ini sangat mendukung kegiatan belajar mengajar. Alasan terkait sangat membantunya sistem ini terhadap SMA Budi Luhur yaitu mengenai kondisi geografis Kabupaten Nganjuk dimana siswanya lokasi rumahnya sangat jauh dengan area sekolah. Perihal efisiensi dalam penerapannya saat ini sudah bagus namun ada beberapa yang perlu diperbaiki yaitu tentang media yang digunakan. Media yang digunakan masih belum seberapa update yaitu berupa modul dan tes visual sehingga tiap tahunnya sama.

Kesimpulan

Berdasarkan laporan hasil observasi diatas dapat disimpulkan jika penerapan sistem pembelajaran jarak jauh di SMA Budi Luhur sangat membantu namun perlu adanya update media sehingga peserta didik bisa mengikuti perkembangan zaman.

Laporan Hasil Observasi Tentang Hewan

Berikut ini contoh teks laporan hasil observasi tentang hewan yang berjudul manfaat budidaya burung love bird di rumah yang sudah diterapkan oleh Bapak Kahfi Maulana.

Manfaat Budidaya Burung Love Bird Di Rumah

Latar Belakang

Burung love bird merupakan salah satu jenis burung yang akhir akhir ini sering dibicarakan oleh banyak orang. Ukuran burung ini tergolong kecil yaitu 13-16 cm untuk panjangnya dan 40-60 gram untuk berat badannya.

Jenis burung ini banyak diburu oleh masyarakat pecinta burung selain sebagai binatang peliharaan juga untuk perlombaan. Tak jarang juga ada beberapa orang memanfaatkan burung ini untuk usaha dengan cara ternak love bird dan menjualnya kepasaran dalam usia sudah 1 tahunan.

Melihat penjelasan dari latar belakang diatas, penulis ingin melakukan observasi tentang manfaat yang didapatkan jika memelihara jenis burung love bird.

Laporan Hasil Observasi

Profil Pemdudidaya Hewan

NamaMoh Kahfi Maulana
TTLJombang, 3 April 1997
AlamatDesa Rejoso, Kec Peterongan Kab Jombang

Pelaksanaan Observasi

Penulis melaksanakan kegiatan observasi ini langsung di rumah Bapak Kahfi pada tangga 7 Februari 2020 tepat pukul 08.00 WIB.

Hasil Observasi

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan penulis mengenai manfaat budidaya love bird di rumah yang sudah diterapkan oleh Bapak Kahfi ternyata lumayan banyak manfaat yang didapatkan. Manfaat budidaya love bird yaitu sebagai hiburan karena kicauannya merdu, ketika memberikan makan dapat menghubur hati yang galau. Tetapi untuk saat ini love bird tidak disarankan oleh Bapak Kahfi jika untuk berbisnis dikarenakan harganya yang turun drastis 2 tahun kemarin. Biaya merawat dan membesarkannya tidak sebanding lurus dengan upah yang didapatkan jika dijual ulang.

Kesimpulan

Menurut hasil laporan observasi diatas dapat disimpulkan bahwa ternak dan budidaya love bird terdapat banyak manfaat yang didapatkan tetapi tidak dianjurkan jika digunakan untuk bisnis.

Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan

Berikut ini contoh penulisan hasil observasi tentang tumbuhan yang baik dan benar menurut kaidan maupun struktur yang ada diatas. Laporan observasi ini membahas tentang manfaat menanam tumbuhan di area sekita rumah yang sudah diterapkan oleh Bu Niken Kediri.

Manfaat Menananm Tumbuhan Di Area Sekita Rumah

Latar Belakang

Akhir akhir ini banyak berita terbaru tentang issue pembakaran hutang secara liar dan tingkat pencemaran udara yang semakin meningkat. Seperti yang kita ketahui bahwa kualitas udara yang baik sangat manusia butuhkan untuk menjaga kondisi tubuh agar tidak sesak nafas.

Banyak cara yang bisa digunakan untuk mengurangi tingkat pencemaran udara salah satunya yaitu dengan menanam tumbuhan pribadi dirumah sendiri. Seperti yang kita ketahui jika setiap mau bangun dan tidur pun kita berada di rumah sehingga sangat penting bagi tubuh untuk mendapatkan kualitas udara yang baik.

Sesuai penjelasan diatas sehingga penulis ingin melakukan observasi tentang manfaat menanam tumbuhan di sekitar rumah. Diharapkan setelah laporan hasil observasi ini selesai tidak hanya penulis yang tergugah untuk menanam banyak tumbuhan tetapi pembaca juga.

Laporan Hasil Observasi

Profil Penanam Tumbuhan

NamaNiken Eka Sari
TTLKediri, 05 Oktober 1995
AlamatDesa Kapi, Kec Kujang Kab Kediri

Pelaksanaan Observasi

Penulis melakukan kegiatan observasi ini berlangsung di kediaman Bu Niken Kediri pada tanggal 15 Februari 2020 pukul 09.00 WIB.

Hasil Observasi

Berdasarkan hasil kunjungan dan wawancara secara langsung kepada Bu Niken selaku ibu rumah tangga dan suka menanam tumbuhan di area halaman rumahnya, ternyata banyak manfaat yang didapatkan jika menanam tumbuhan dirumah. Manfaat menanam tumbuhan di area rumah yaitu untuk mengurangi pencemaran udara, memperbaiki kualitas udara di sekitar  rumah dan sebagai hiasan jika ada tamu yang berkunjung.

Kesimpulan

Menurut hasil laporan observasi menanam tumbuhan diatas dapat penulis simpulkan jika tidak ada kerugihannya jika menanam tumbuhan di area sekitar rumah. Manfaat yang didapatkan juga banyak selain untuk keluarga juga untuk tamu yang berkunjung dirumah tersebut.

Penutup

Pengerjaan pengamatan atau observasi ini umumnya dilakukan secara berkelompok. Dengan begitu Anda dapat melakukan pembagian tugas pengerjaan teks laporan hasil observasi. Sehingga hasil dari laporan lebih rinci, jelas, dan cepat pengerjaannya.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Contoh Paragraf Campuran

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read

Contoh Surat Pernyataan

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read

Contoh Surat Pribadi

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read