Teks Laporan Hasil Observasi

1 min read

Teks Laporan Hasil Observasi

Pernahkah Anda melakukan sebuah kegiatan observasi atau pengamatan. Tentunya apabila Anda telah melakukan observasi, maka Anda akan membuat teks laporan hasil observasi tersebut. Teks laporan observasi sendiri yaitu teks yang memiliki fungsi untuk memberikan info mengenai situasi ataupun sebuah objek melalui penelitian dengan sistematis.

Teks Laporan Hasil Observasi

Hasil dari penelitian secara mendalam ini biasanya berupa laporan mengenai tumbuhan, hewan, benda, suatu ekosistem, konsep dan lain-lain. Untuk pembahasan lebih jauh lagi berikut ini ulasan hal-hal yang berkaitan dengan teks hasil pengamatan atau observasi, yaitu:

Ciri Ciri Teks Laporan Observasi

Bersifat objektif

Tulisan atau penulis tak boleh memihak pada pihak tertentu. Sehingga menghasilkan suatu laporan yang netral dan apa adanya.

Teks berdasarkan fakta

Hasil tinjauan penulis harus berdasarkan data real bukan dari hasil imajinasi, karangan maupun khayalan. Sehingga suatu laporan observasi tersebut dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.

Bersifat khusus atau spesifik

Hasil pengamatan penulis harus jelas dan pembahasan tidak melenceng dari pembahasan. Dan pada akhirnya suatu laporan observasi tersebut dapat menghasilkan hasil final yang sesuai dengan konteks pembahasan.

Teks Disajikan Secara Lengkap

Penulis wajib memberikan hasil peninjauan yang diperlukan secara terperinci dan mendalam. Diharapkan contoh laporan observasi tersebut bisa berbobot kontennya.

Laporan disajikan bisa membuat pembaca tertarik dan mudah untuk dipahami.

Berdasarkan kebutuhan pembaca maka penulis wajib sesuaikan teks laporan observasinya. Teks laporan yang dibuat terdapat beberapa kalimat yang dapat membuat pembaca ketika membaca semakin ingin membaca lebih banyak.

Struktur Teks Laporan Observasi

  1. Sebuah pernyataan yang berisi keterangan umum mengenai subjek yang dilaporkan. Biasanya berisi informasi umum dalam pernyataan.
  2. Deskripsi atau penggambaran pada teks berisi rincian hal-hal yang dilaporkan. Apabila lapotan mengenai tumbuhan maka teks berisi perincian ciri fisik buah, bunga, akar, atau yang lain. Manfaat serta nutrisi yang dirincikan juga dipaparkan pada bagian ini.
  3. Di dalam laporan observasi kesimpulan berbentuk ringkasan umum.

Kaidah Perihal Bahasa Teks Laporan Observasi

  1. Di dalam suatu bidang ilmu menggunakan istilah. Penggambaran atau definisi memakai merupakan dan adalah.
  2. Memakai kalimat yang merinci dan kata khusus. Di bagian deskripsi, memakai kata baku, kalimat efektif, serta istilah dalam bidang ilmu. Adapun kata sambung yang dipakai selain itu, yaitu, dan, di samping itu.

Penutup

Pengerjaan pengamatan atau observasi ini umumnya dilakukan secara berkelompok. Dengan begitu Anda dapat melakukan pembagian tugas pengerjaan teks laporan hasil observasi. Sehingga hasil dari laporan lebih rinci, jelas, dan cepat penerjaannya.

Avatar

Contoh Teks Prosedur

Avatar admin
1 min read

Contoh Recount Text

Avatar admin
1 min read

Contoh Resensi Buku

Avatar admin
1 min read