Teks Eksposisi

1 min read

Teks Eksposisi

Kalau Anda pernah membaca atau menemukan sebuah teks di mana isinya berupa ajakan pada seseorang secara padat dan singkat namun jelas, maka teks tersebut bias dikatakan sebagai teks eksposisi. Sebab ciri-ciri dari teks tersebut ialah menjawab pertanyaan seperti siapa, kapan, apa, mengapa, di mana, dan bagaimana.

Teks Eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi

Secara garis besar teks ini adalah sebuah paragraf yang memiliki pengetahuan yang diurai dalam kata dan bentuknya jelas, singkat, dan padat. Secara menyeluruh teks ini merupakan sebuah karangan atau paragraf yang mengandung informasi ataupun pengetahuan di mana tujuan dari tulisan tersebut untuk menjelaskan yang ditulis dengan akurat, singkat dan padat.

Tujuan dan Manfaat

Adapun tujuan dari teks ini dimaksudkan sebagai suatu media untuk memberikan informasi tertentu bagi para pembacanya, agar jelas serta bertambah pula wawasan Anda. Sementara manfaatnya ialah untuk menjelaskan suatu karangan non-fiksi dalam mengembangkan paragraf karangan tersebut.

Jenis Jenis Teks Eksposisi

Terdapat 9 jenis dari teks ini, yaitu sebagai berikut.

  1. Eksposisi definisi ialah paragraf yang menerangkan definisi tema tertentu.
  2. Eksposisi proses yaitu tulisan dari awal hingga akhir yang berisikan cara-cara untuk melakukan sesuatu.
  3. Eksposisi ilustrasi yakni sebuah teks berupa penjelasan tertentu atau suatu pemaparan informasi tertentu mengenai cara memberikan uraian secara sederhana tentang suatu topik dengan topik lainnya yang mempunyai kesamaan sifat tertentu.
  4. Eksposisi laporan ialah sebuah paragraf yang mengemukakan suatu laporan pada penelitian atau sebuah berita.
  5. Eksposisi perbandingan merupakan suatu paragraf di mana gagasan utamanya itu disediakan sembari membandingkannya dengan yang lain.
  6. Eksposisi pertentangan adalah teks yang berisi pertentangan suatu hal dengan hal-hal yang lain.
  7. Eksposisi berita yakni sebuah pemberitaan mengenai suatu peristiwa.
  8. Eksposisi analisis yaitu suatu proses memisahkan teks dalam beberapa sub-bagian sebuah masalah dari suatu ide utama, kemudian dikembangkan dalam beberapa bagian-bagian secara berurutan.
  9. Eksposisi klasifikasi merupakan suatu pembagian atau pengelompokkan teks pada kategori-kategori.

Penutup

Dari pembahasan mengenai teks ekposisi ini Anda dapat mengetahui bahwa teks ini berupa penerangan atau penjelasan pada suatu karangan. Penyampaian dari teks ini sangat jelas serta lugas, baik itu dalam penyampaian informasinya.

Avatar

Contoh Teks Prosedur

Avatar admin
1 min read

Contoh Recount Text

Avatar admin
1 min read

Contoh Resensi Buku

Avatar admin
1 min read