Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Teks Diskusi

2 min read

teks diskusi

Biasanya diskusi secara resmi dilaksanakan dalam suatu acara resmi berupa seminar atau lainnya. Secara umum diskusi ini merupakan sebuah interaksi yang dilakukan dua orang atau lebih dalam sebuah komunikasi. Diskusi yang dibahas pun bisa berupa topik apa saja. Sedangkan teks diskusi ini tak lain sebuah teks yang membahas suatu masalah dengan pendapat yang berbeda.

Teks Diskusi

Perbedaan pandangan atau pendapat terhadap sesuatu biasa terjadi, terkadang sebagian orang membungkusnya dalam sebuah diskusi. Pada artikel ini akan mengulas hal-hal mengenai diskusi ini secara singkat dan jelas agar Anda bisa memahaminya dengan mudah. Simak pembahasannya sebagai berikut.

Pengertian

Sementara itu pengertian dari teks diskusi ialah sebuah teks yang di dalamnya berisi dua pendapat berbeda perihal suatu masalah, di mana masing-masing pihak membahas permasalahan tersebut. Adapun keunggulan dari diskusi ini akan menambah pengalaman serta memperluas pengetahuan Anda. Sebab dengan diskusi ini Anda dapat bertukar pendapat, pikiran, maupun ide.

Jenis

Dalam hal ini terdapat berbagai jenis teks diskusi, adapun macam-macam teks tersebut di antaranya sebagai berikut:

Sarasehan

Jenis pertama diskusi ini ialah sarasehan ialah pertemuan yang dilangsungkan untuk mendengarkan seorang ahli dalam bidang tertentu perihal pendapat atau pemikirannya.

Seminar

Jenis diskusi lainnya yakni seminar, yang mana pertemuan ini bertujuan teknis serta akademik untuk melakukan studi secara menyeluruh perihal topik tertentu dalam pimpinan seorang ahli atau pakar tertentu.

Simposium

Sedangkan jenis diskusi lainnya yaitu symposium, di mana pertemuan ini melibatkan beberapa pembicara yang mengemukakan pendapatnya dalam pidato singkat.

Fungsi

Teks diskusi memiliki fungsi sosial merupakan di mana orang-orang melihat sebuah masalah dari berbagai sudut pandang atau perspektif sebelum membuat keputusan maupun rekomendasi.

Tujuan

  1. Anda dapat menguji dan mengidentifikasi bukti sistem dari seseorang ataupun suatu ide.
  2. Mengekspresikan dan menanggapi informasi yang relevan.
  3. Sebagai penguji ide yang diajukan oleh seseorang.
  4. Dapat bertukar pikiran maupun ide.

Contoh Teks Diskusi

Setelah Anda mengetahui berbagai struktur tentang teks diskusi baik pengertian dan fungsinya. Sekarang kami berikan contoh beberapa teks diskusi yang bisa Anda jadikan refrensi agar lebih memahami.

Tema Pendidikan

Pokok permasalahan yang akan kita dibahas kali ini tentang isue pendidikan. Pokok permasalahan yang lebih spesifik yaitu pendidikan yang tepat di era Revolusi Industri 4.0. Berikut ini ulasan lengkap tentang teks diskusi tema pendidikan dengan topik pembahasan pendidikan yang tepat di era Revolusi Industri 4.0.

Sebelum membahas tentang pendidikan kita kupas terlebih dahulu faktor apasaja yang mempengaruhi kualitas pendidikan di Indonesia. Banyak faktor yang mempengaruhi sistem pendidikan kita diantara lain seperti fasilitas, kurikulum, guru hingga lingkungan siswa.

Fasilitas pendidikan saat ini apakah sudah sesuai standar baik di plosok desa maupun pusat kota ? Saya rasa untuk saat ini fasilitas pendidikan di Indonesia hampir semua rata, baik fasilitas ketersediaan buku hingga fisik bangunan sekolah.

Yang menjadi PR terbesar saat ini saya rasa adalah kurikulum pendidikan yang dimana antara belum sejalannya antara pemerintah pusat dan daerah. Karena membangun pendidikan tidak bisa instan sebab pendidikan ini membangun SDM. Nah, langkap apa yang seharusnya diambil, menurut saya adalah dengan menyeselaraskan hingga semua lini selaras dan bisa dirasakan efek kesamaan tersebut.

Selain itu faktor guru di Indonesia juga menjadi faktor penting juga. Hal tersebut dikarenakan seorang guru bertatap muka secara langsung dengan siswa. Selain itu Guru agar bisa lebih maksimal dalam mendidik siswa perlu adanya jaminan masa depan untuk guru tersebut.

Maka dari itu untuk perlunya semua lini bisa selaras agar kualitas pendidikan bisa lebih baik dan bisa menjawab tantangan zaman. Era Revolusi Industri 4.0 bisa berdampak positif dan negatif, berdampak positif ketika SDM kita sudah siap sedangkan akan berdampak negatif ketika SDM kita belum siap.

Tema Kesehatan

Kali ini tema yang akan kami bahas yaitu tentang issue kesehatan. Tema kesehatan yang akan saya bahas kali ini spesifik tentang issue yang lagi tranding dan menghebohkan dunia saat ini yaitu wabah virus corona. Bagaimana cara menanggulangi wabah virus corona agar kita tidak terkena ? Nah, berikut ini akan saya kupas tuntas tentang cara menanggulangi wabah virus corona.

Sebelum membahas tentang cara menanggulangi wabah virus kita harus mengetahui bagaimana virus tersebut bisa tersebar. Ada beberapa faktor yang membuat virus tersebut menyebar diantaranya yaitu lewat interaksi dan kontak fisik dengan penyandang corona.

Interaksi dengan penyandang wabah virus corona bisa terjadi tanpa kita sadari. Untuk menanggulangi hal tersebut kita bedah satu persatu lewat apa interaksi tersebut. Salah satu faktornya yaitu lewat udara sehingga kita perlu siaga dengan memakai masker agar tidak masuk dan kehirup hidung kita.

Sedangkan faktor kontak fisik bisa terjadi karena kita berjabat tangan atau menyentuh benda yang sudah disentuh oleh penyandang virus corona. Oleh sebab itu kita perlu mencegahnya dengan cara sering sering menyucikan tangan, dan muka agar steril.

Selain masyarakat siaga terhadap penyakit virus corona pemerintah juga harus siaga terhadap membludaknya penyandang. Maka dari itu perlu adanya sterilisasi dan menyiapkan peralatan lengkap dan siaga dokter agar penanganannya cepat.

Nah, oleh karena itu untuk mencegah wabah virus corona tidak hanya oleh masyarakat itu sendiri tetapi fasilitas kesehatan juga perlu diperhatikan.

Penutup

Dari penjabaran mengenai teks diskusi ini, membuat seseorang dapat mengutarakan pendapatnya mengenai suatu topik. Tentunya dengan aneka ragam pemikiran ini akan menambah pengetahuan pembaca teks tersebut dalam memandang suatu permasalahan.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Contoh Paragraf Campuran

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read

Contoh Surat Pernyataan

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read

Contoh Surat Pribadi

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read