Teks Diskusi

1 min read

teks diskusi

Biasanya diskusi secara resmi dilaksanakan dalam suatu acara resmi berupa seminar atau lainnya. Secara umum diskusi ini merupakan sebuah interaksi yang dilakukan dua orang atau lebih dalam sebuah komunikasi. Diskusi yang dibahas pun bisa berupa topik apa saja. Sedangkan teks diskusi ini tak lain sebuah teks yang membahas suatu masalah dengan pendapat yang berbeda.

Teks Diskusi

Perbedaan pandangan atau pendapat terhadap sesuatu biasa terjadi, terkadang sebagian orang membungkusnya dalam sebuah diskusi. Pada artikel ini akan mengulas hal-hal mengenai diskusi ini secara singkat dan jelas agar Anda bisa memahaminya dengan mudah. Simak pembahasannya sebagai berikut.

Pengertian

Sementara itu pengertian dari teks diskusi ialah sebuah teks yang di dalamnya berisi dua pendapat berbeda perihal suatu masalah, di mana masing-masing pihak membahas permasalahan tersebut. Adapun keunggulan dari diskusi ini akan menambah pengalaman serta memperluas pengetahuan Anda. Sebab dengan diskusi ini Anda dapat bertukar pendapat, pikiran, maupun ide.

Jenis

Dalam hal ini terdapat berbagai jenis teks diskusi, adapun macam-macam teks tersebut di antaranya sebagai berikut:

Sarasehan

Jenis pertama diskusi ini ialah sarasehan ialah pertemuan yang dilangsungkan untuk mendengarkan seorang ahli dalam bidang tertentu perihal pendapat atau pemikirannya.

Seminar

Jenis diskusi lainnya yakni seminar, yang mana pertemuan ini bertujuan teknis serta akademik untuk melakukan studi secara menyeluruh perihal topik tertentu dalam pimpinan seorang ahli atau pakar tertentu.

Simposium

Sedangkan jenis diskusi lainnya yaitu symposium, di mana pertemuan ini melibatkan beberapa pembicara yang mengemukakan pendapatnya dalam pidato singkat.

Fungsi

Teks diskusi memiliki fungsi sosial merupakan di mana orang-orang melihat sebuah masalah dari berbagai sudut pandang atau perspektif sebelum membuat keputusan maupun rekomendasi.

Tujuan

  1. Anda dapat menguji dan mengidentifikasi bukti sistem dari seseorang ataupun suatu ide.
  2. Mengekspresikan dan menanggapi informasi yang relevan.
  3. Sebagai penguji ide yang diajukan oleh seseorang.
  4. Dapat bertukar pikiran maupun ide.

Penutup

Dari penjabaran mengenai teks diskusi ini, membuat seseorang dapat mengutarakan pendapatnya mengenai suatu topik. Tentunya dengan aneka ragam pemikiran ini akan menambah pengetahuan pembaca teks tersebut dalam memandang suatu permasalahan.

Avatar

Contoh Teks Prosedur

Avatar admin
1 min read

Contoh Recount Text

Avatar admin
1 min read

Contoh Resensi Buku

Avatar admin
1 min read