Teks Cerita Sejarah

1 min read

Teks Cerita Sejarah

Mengenyam pendidikan dari Sekolah Dasar hingga Menengah Atas pasti pernah menemuisatu materi yang berkaitan dengan sejarah di pelajaran Bahasa Indonesia. Materi tersebut ialah materi tentang teks cerita sejarah. Jika Anda ingin mempelajarinya secara singkat, padat, dan jelas, baca informasi berikut ini dengan seksama hingga habis.

Teks Cerita Sejarah

Teks yang berisi tentang penjelasan dan cerita yang berkaitan dengan fakta kejadian pada masa lalu yang memiliki nilai sejarah disebut dengan Teks Cerita Sejarah, berbagai cerita yang disajikan di dalam teks ini merupakan kisah atau ulasan tentang kejadian yang terjadi di masa lalu yang sudah terlewat. Untuk memastikan sebuah teks termasuk ke dalam jenis ini, maka Anda harus mengetahui ciri-cirinya.

Ciri-ciri Yang Membedakan Teks Cerita Sejarah dengan Teks Lainnya

Kronologis

Penyajian cerita dalam teks ini dilakukan secara kronologis. Jadi teks cerita jenis ini disajikan dengan bentuk cerita yang sesuai dengan urutan waktu yang sebenarnya. Sehingga urutan setiap kejadian dalam sejarah dapat secara jelas disampaikan pada pembaca.

Cerita ulang

Bentuk dari teks cerita jenis ini merupakan bentuk teks cerita ulang. Cerita ulang sendiri merupakan teks yang menceritakan kembali sebuah pengalaman di masa lampau yang bertujuan untuk memberikan informasi lebih rinci kepada pembaca atau sebagai hiburan.

Konjungsi temporal

Di dalam teks cerita jenis ini, Anda akan banyak menemukan konjungsi temporal atau kata sambung. Sebab di dalam teksnya terdapat cerita peristiwa-peristiwa yang terjadi dari waktu ke waktu yang saling berhubungan.

Isi

Isi dalam teks cerita ini adalah berupa fakta yang terjadi di lapangan pada masa lampau. Fakta tersebut juga memiliki nilai sejarah yang akurat. Jadi dalam teks ini diceritakan sebuah kejadian atau peristiwa yang bernilai sejarah. Kenyataan yang benar-benar terjadi dan tidak dibuat-buat.

Struktur Teks

Teks cerita yang menceritakan peristiwa masa lampau ini juga memiliki struktur teks di dalamnya. Adapun strukturnya adalah berupa orientasi, urutan peristiwa, dan reorientasi. Bagian-bagian tersebut dapat disebut juga pengenalan, rekaman peristiwa, dan komentar penulis.

Penutup

Dari penjelasan di atas sudahkah Anda mengerti tentang Teks cerita yang mengisahkan tentang cerita sejarah ? Semoga artikel info teks sejarah ini bisa bermanfaat dan berguna untuk Anda pembaca setia Jev Edukasi Online.

Avatar

Teks Negosiasi

Avatar admin
1 min read

Teks Eksposisi

Avatar admin
1 min read

Contoh Teks Prosedur

Avatar admin
1 min read