Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Teknik Pengumpulan Data

2 min read

Teknik pengumpulan data

Teknik pengumpulan data mungkin menjadi hal yang asing bagi Anda yang baru memulai penelitian. Perlu diketahui dalam menyusun sebuah metode penelitian yang baik dan benar diperlukannya sebuah teknik pengumpulan data yang tepat. Terdapat beberapa jenis teknik pengumpulan data yang bisa Anda gunakan dalam menyusun sebuah metode penelitian.

Teknik Pengumpulan Data

Data menjadi sangat penting dalam melakukan penelitian agar menjadi valid dan terpecaya. Dalam mengumpulkan data tersebut terdapat beberapa teknik yang perlu Anda ketahui secara mendalam. Berikut 4 jenis dan pengertian teknik pengumpulan data dalam menyusun metode penelitian.

Wawancara

Teknik wawancara dalam menyusun metode penelitian digunakan untuk menganalisa sebuah permasalahan yang diteliti melalui responden. Dengan wawancara Anda dapat menggali lebih dalam mengenai sebuah topik atau permasalahan yang sedang diteliti.

Terdapat dua jenis teknik wawancara yang bisa Anda gunakan yaitu terstruktur dan tidak terstruktur. Berikut ini penjelasan kedua jenis teknik wawancara tersebut.

Wawancara Terstruktur

Jenis wawancara terstruktur ini dilakukan dengan tatap muka atau face to face untuk memperoleh informasi secara lisan dari responden. Sebelum melakukan wawancara Anda bisa menyiapkan beberapa daftar pertanyaan agar terarah dan sudah mencangkup semua point yang Anda butuhkan.

Teknik wawancara terstruktur antara yang mewawancarai dan responden memiliki peran yang penting. Dibutuhkannya kerjasama antara dua pihak tersebut agar memperoleh hasil yang sesuai dan diinginkan.

Jika dalam pelaksanaan wawancara responden jawabannya kurang memuaskan atau  masih mengambang, pewawancara dapat mengarahkan atau memberi clue dengan pertanyaan tambahan. Pertanyaan tambahan atau disebut juga dengan probing berfungsi untuk membimbing responden untuk memberikan jawaban yang akurat dan membimbing jawaban responden agar mencangkup semua aspek permasalahan.

Kelebihan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan teknik wawancara terstruktur, antara lain:

  1. Proses penggalian data dapat bersifat fleksibel
  2. Jawaban yang akan diperoleh memiliki tingkat jawaban yang lebih tinggi
  3. Dapat mengamari respon dari responden ketika mendapatkan pertaanyaan
  4. Susunan dan urutan pertanyaan dapat Anda kontrol secara langsung
  5. Anda dapat mencatat jawaban yang sponton dari narasumber secara langsung

Wawancara Tidak Terstruktur

Teknik wawancara tidak terstruktur ini hanya berpedoman dengan sebuah catatan yang berisikan tiap poin permasalahan yang ingin ditanyakan. Penggunaan teknik wawancara ini diperlukan kemampuan bertanya dan improvement yang baik seorang pewawancara.

Kuisoner

Teknik kedua dalam mengumpulkan data yaitu lewat kuisoner atau angket. Mengumpulkan data dengan cara kuisoner adalah metode yang dilakukan dengan cara membagi daftar pertanyaan yang sudah menyangkup semua poin permasalahan kepada responden. Terdapat dua jenis kuisoner untuk mengumpulkan data yaitu terbuka dan tertutup. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai kedua jenis kuisoner tersebut.

Kuesioner Terbuka

Pengertian dari kuisoner terbuka adalah sebuah daftar pertanyaan yang memungkinkan responden untuk menuliskan jawabannya berupa sebuah kalimat. Biasanya daftar pertanyaan ini ditandai dengan sebuah kalimat tanya seperti bagaimana, mengapa, dan lain sebagainya.

Kuesioner Tertutup

Pengertian kuisoner tertutup adalah sebuah daftar pertanyaan yang tidak memungkin responden untuk menuliskan jawabannya berupa kalimat namun cukup memilih jawaban yang sudah disediakan. Biasanya list jawabannya terdapat 3-5 list seperti sangat baik, baik, cukup, kurang, dan sangat kurang.

Observasi

Teknik selanjutnya yaitu observasi dimana metode pengumpulan datanya dengan cara mengamati secara langsung objek penelitiannya. Pengamatan hasil observasi Anda bisa menggunakan semua indra baik penglihatan, pendengaran, penciuman dll.

Mengutip Buku atau Teori

Teknik terakhir untuk mengumpulkan data yaitu melalui mencari sumber buku atau teori yang berkaitan dengan permasalahan yang sedang diteliti. Anda dapat mengutip dari teori atau buku yang yang relefan dengan permasalahan Anda. Jika Anda bingung mau mengutip dimana Anda dapat berkunjung keperpustakaan terdekat untuk mencari buka yang berhubungan dengan penelitian Anda.

Penutup

Sekarang Anda sudah memahamikan tentang teknis pengumpulan data diatas yang sudang dilengkapi dengan pengertiannya. Keempat jenis teknik pengumpulan data dalam membuat metode penelitian diatas bisa Anda gunakan.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Penyebab Kelangkaan

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read

Kebutuhan Manusia

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read