Menu
Media Informasi Keuangan

Surabaya Heboh SIM Palsu, Biaya Buat SIM C Rp600 Ribu

  • Bagikan

Kabarin.co.id, Surabaya – Saat ini Polrestabes Surabaya tengah diguncang isu terkait dengan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) palsu. Dalam hal ini, sudah ada korban yang mengalaminya.

Korbannya merupakan seorang perempuan dengan inisial MS (35), warga Gubeng, Surabaya. Ia melaporkan aksi penipuan tersebut, yang sudah dilakukan oleh pria yang menawarkan jasa pembuatan SIM kepada dirinya.

Cerita tersebut bermula ketika korban MS secara tidak sengaja bertemu dengan pria dengan inisial RPS di Surabaya selatan, di bulan Oktober 2019 lalu.

MS bercerita bahwa dirinya sedang ingin membuat SIM C dan RPS pun mengaku bisa membantu mengurus hingga SIM C tercetak.

Dalam hal ini, RPS pun menyebut biaya pembuatan SIM C melalui dirinya, yakni antara Rp550 ribu hingga Rp600 ribu. keduanya pun akhirnya saling bertukar nomor telepon.

Selanjutnya, MS dan RPS kembali melakukan komunikasi mengenai pembuatan SIM C. Dan MS memberikan uang Rp600 ribu kepada RPS, tujuannya supaya SIM C yang diinginkan tercetak.

RPS pun memberikan blanko kepada MS sebagai bukti tanda terima permohonan SIM C. Awalnya MS bingung, ia selanjutnya menghubungi RPS dan bertanya harus menemui siapa di Satpas Colombo.

RPS menyebutkan dua nama dengan inisial Sp dan Si, dan si korban MS kemudian menjadi SP dan SI dengan bertanya kepada petugas. Akan tetapi, dua nama yang dimaksud tidak ada.

Oleh petugas, MS diarahkan untuk melapor ke Polrestabes Surabaya. Serta pada 19 Novemver 2019, MS pun kemudian melapor ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polrestabes Surabaya.

“Benar, kami sedang melakukan penyelidikan atas laporan tersebut. Laporannya atas dugaan penipuan dan pemalsuan dokumen,” jelas Kanit Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya, Iptu Bima Sakti, Selasa (26/11/2019).

“Kami masih bekerja untuk mengungkap kasus ini,” pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *