Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Sumber Informasi Yang Mendasari Interaksi Sosial

1 min read

sumber informasi yang mendasari interaksi sosial

Jev edukasi online kali ini akan membahas materi sosiologi, lanjutan dari materi interaksi sosial yaitu sumber informasi yang mendasari interaksi sosial. Sumber informasi yang mendasari interaksi sosial ini merupakan sebuah informasi yang akan orang cari jika baru berjumpa orang baru.

Sumber Informasi Yang Mendasari Interaksi Sosial

Sumber Informasi Yang Mendasari Interaksi Sosial Adalah

Menurut Goffman mengatakan jika seseorang akan berusaha untuk mencari informasi tentang orang lain yang ditemuinya agar dapat mendefinisikan situasi. Sama halnya dengan Karl dan Yoels mangatakan bahwa jika seseorang baru menjumpai orang lain yang belum dikenalnya, maka dia akan cenderung untuk mencari informasi tentang orang itu.

Karl dan Yoels juga mengungkapkan bahwa terdapat 7 sumber informasi yang mendasari interaksi sosial adalah sebagai berikut ini.

Warna Kulit

Masyarakat yang ada di lingkungan diskriminatif, biasanya ciri yang dibawah sejak lahir seperti jenis kelamin, usia dan ras sangat menentukan interaksi. Contoh seperti pada era apartheid di Negara Afrika Selatan, orang berkulit putih tidak mau berinteraksi dengan kulit hitam.

Usia

Cara seseorang yang berinteraksi dengan orang yang lebih tua akan berbeda dengan orang yang sebaya dan juga dengan orang yang lebih muda. Seseorang yang berinteraksi dengan orang yang lebih tua akan lebih sopan dan santun ketika berbicara dan bersikap. Sedangkan berinteraksi dengan teman sebaya bahasa yang digunakan terkesan lebih keakrabnya. Dan berinteraksi yang lebih muda biasanya, bahasa yang digunakan bebas tetapi lebih ke memberi contoh.

Jenis Kelamin

Sumber yang ketiga yang dapat mempengaruhi seseorang dalam berinteraksi yaitu jenis kelamin. Contohnya seperti seorang perempuan yang cenderung untuk menghindari ketika pria berbicara tentang kopi begitu juga sebaliknya pria biasanya menghindari ketika perempuan membicarakan masalah kecantikan/kosmetik.

Penampilan Fisik

Sumber yang keempat yang dapat mempengaruhi seseorang dalam berinteraksi yaitu penampilan fisik. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa orang yang berpenampilan menarik akan lebih mudah mendapatkan pasangan dibandingkan dengan orang yang kurang menarik.

Bentuk Tubuh

Sumber yang kelima ini yaitu bentuk tubuh, Wells dan Siegal mengungkapkan jika orang yang memiliki tubuh endomorph (gemuk) cenderung memiliki sifat yang santai, tenang dan pemaaf. Sedangkan orang dengan tubuh mesomorph (berotot) cenderung memiliki sifat dominan yang aktif dan yakin. Dan orang yang memiliki tubuh ectomorph (tinggi dan kurus) cenderung memiliki sifat yang tegang dan pemalu.

Pakaian

Sumber informasi juga dapat diperoleh dari pakaian yang digunakan, seringkali orang yang berpakaian jaz terkesan seperti eksekutif muda dan lebih dihormati dibandingkan yang berpakaian gelandangan.

Wacana

Dari pembicaraan seseorang, kita dapat mendapatkan informasi tentang dirinya. Contoh seperti orang yang bilang dia habis bertemu dengan direktur suatu perusahaan, dari kata itu kita bisa menebak status orang tersebut walaupun ada orang yang tidak berkata jujur.

Penutup

Sahabat Jev sekarang sudah mengertikan materi sosiologi diatas tentang sumber informasi yang mendasari interaksi sosial. Ketujuh sumber informasi diatas lengkap dengan penjelasan maupun contoh juga.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Penyebab Kelangkaan

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read

Kebutuhan Manusia

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read