Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Stoikiometri

2 min read

Stoikiometri

Kali ini Jev Edukasi Online akan mengulas mengenai materi Kimia kelas 10 SMA sederajat tentang Stoikiometri. Kami akan mengulasnya secara detail dan mendalam agar Anda bisa memahami betul materi ini. Sehingga Anda nanti bisa memperoleh hasil yang terbaik ketika menghadapi UTS, UAS hingga UN.

Stoikiometri

Materi ini akan mempelajari hubungan berapa jumlah zat yang bereaksi dan berapa jumlah zat yang dihasilkan. Contoh penerapannya Anda ingin membuat larutan, berapa yang ingin ditimbang. Nah untuk menjawab contoh soal demikian perlu kita mempelajari materi kimia bab Stoikiometri.

Pengertian Stoikiometri

Mungkin Anda belum tau Apa itu Stoikiometri ? Stoikiometri terdiri dari dua kata yaitu Stoicheion dan Metron yang memiliki arti Stoicheion adalah unsur sedangkan Metron yaitu mengukur.

Jadi pengertian stoikiometri adalah dasar perhitungan kimia yang menyatakan antara relasi kuantitatif rumus kimia dengan persamaan kimia.

Materi stoikiometri dibagi menjadi beberapa Sub Bab diantaranya yaitu konsep mol, hukum dasar kimia, rumus dan kadar, dan stoikiometri reaksi kimia. Tenang, kami akan membahas satu per satu agar Anda pelan pelan memahami materi ini.

Konsep Mol

Mol dalam kimia adalah jumlah zat atau lebih detailnya yaitu satuan SI untuk menyatakan jumlah zat. Secara garis besar kalau kita tabrakkan pada penerapan kehidupan sehari hari seperti kita membeli 1 lusin air minum yang terdiri dari 12 biji. Nah satuan tersebut jika dalam kima yang disebut sebagai Mol.

Untuk nilai 1 mol zat dinyatakan dengan 6,02×1023 nah ini dikenal juga dengan bilangan Avogadro. Dalam konsep mol terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui berikut ini.

Massa Atom Relatif (AR)

Pengertian massa AR ini tidak bisa ditentukan dengan sendirinya maka dari itu diperlukan pembandingnya. Untuk membandingkannya ini dipilihlah unsur sebuah unsur C-12.

Massa Molekul Relatir (MR)

Istilah ini berkaitan erat dengan molekul yang dimakan merupakan penjumlahan atau gabungan dari semua unsur unsur. Cara untuk menentukan Massa Molekul Relatir (MR) yaitu dengan menjumlahkan semua AR nya.

Massa Molar

Selanjutnya yaitu massa molar yang dinyatakan dengan massa dari 1 mol zat. Untuk satuan nilai dari massa molar yaitu sebesar AR gram atau MR gram.

Hukum Dasar Kimia

Bab selanjutnya yaitu membahas mengenai hukum dasar kimia yang mana terdapat 6 jenis. Berikut ini kami jelaskan beberapa hukum dasar kimia beserta contoh latihan soal.

Lavoisier

Hukum Lavoisier sering disebut juga sebagai hukum kekekalan massa yang dinyatakan oleh Antoine Lavoisier. Bunyi hukum kekekalan massa yang dinyatakan oleh Antoine Lavoisier yaitu dalam suatu reaksi kimia, massa zat sebelum dan sesudah reaksi adalah sama.

Contoh Soal Hukum Lavoisier

Diketahui pembakaran di udara pada 2,4 gram magnesium dihasilkan 4 gram magnesium oksida. Berapakah massa oksigen yang dibutuhkan pada reaksi kimia tersebut?

A1,2 g
B1,4 g
C1,6 g
D1,8 g
E2 g

Proust

Hukum dasar kimia yang kedua yaitu hukum proust atau hukum perbandingan tetap yang dinyatakan oleh Joseph Proust. Bunyi hukum perbandingan tetep atau hukum proust oleh Joseph Proust adalah perbandingan massa unsur-unsur yang menyusun atau bereaksi suatu senyawa adalah tetap.

Penerapan hukum proust dalam kehidupan sehari hari seperti saat kita membuat kopi. Komposisi membuat kopi seperti air panas, bubuk kopi dan gula harus sama, jika tidak sama kopi lain yang dihasilkan rasanya akan berbeda.

Contoh Soal Hukum Proust

Diketahui data table percobaan pembuatan NaCl dibawah ini:

Percobaan KeMassa Natrium (Na)Massa Klorin (Cl)
10,786 g1,214 g
20,590 g0,910 g
30,983 g1,517 g

Dari data table diatas, coba hitung perbandingan massa Na dengan Cl nya.

A1:1,5
B1:1,52
C1:1,54
D1:1,56
E1:1,58

Dalton

Hukum dalton atau yang sering disebut sebagai hukum perbandingan berganda yang diungkap oleh John Dalton. Bunyi hukum dalton yang dikemukakan oleh John Dalton ini adalah ketika unsur-unsur membentuk lebih dari satu macam senyawa, jika massa salah satu unsur sama atau dibuat tetap, maka massa unsur yang lain merupakan perbandingan pada bilangan bulat.

Contoh Soal Hukum Dalton

Diketahui sebuah perbandingan massa hydrogen dengan oksigen yang terdapat pada H20 adalah 1:8. Sedangkan perbandingan massa pada senyawa H2O2 adalah 1:16. Berapakah perbandingan massa hydrogen dengan oksigen pada kandungan kedua senyawa tersebut?

A1:2
B2:1
C3:4
D4:3
E1:4

Penutup

Itulah tadi materi Stoikiometri yang membahas tentang pengertian, konsep mol dan beberapa hukum dasar kimia. Konsep mol juga sudah kami jelaskan mengenai istilah dan hal yang perlu Anda pahami. Selain itu juga hukum dasar kimia sudah kami berikan juga beserta contoh latihan soalnya.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.