Menu
Media Informasi Keuangan

Status Gunung Tangkuban Perahu Meningkat Jadi Waspada

  • Bagikan

Kabarin.co.id, Jakarta – Seperti yang diberitakan, saat ini Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), menaikkan status Gunung Tangkuban Perahu dari yang awalnya normal (Level I) menjadi Waspada (level II). Pasalnya, PVMBG mengamati beberapa peningkatan aktivitas vulkanis.

Penerapan status dari Gunung Tangkuban Perahu tersebut berlaku mulai Jumat (2/8/2019) pukul 08.00 WIB.

Kasbani selaku Kepala PVMBG menjelaskan, Gunung Tangkuban Perahu mengalami peningkatan aktivitas vulkanik sejak Jumat (26/7/2019). Gunung mengeluarkan hembusan asap dari Kawah ratu dengan ketinggian mencapai sekitar 20 hingga 200 meter dari dasar kawah.

Selanjutnya, sejak Kamis (1/8/2019) malam, erupsi kembali terjadi. Tepatnya pada pukul 20.46, diamati tinggi kolom abu sekitar 180 meter dari dasar kawah. Kemudian pada Jumat (2/8/2019) dini hari pukul 00.43, erupsi terjadi dengan ketinggian kolom yang tidak teramati.

“Karena ada peningkatan ancaman, maka hari ini, 2 Agustus 2019 mulai jam 8 pagi ini Gunung Tangkuban Parahu dinyatakan statusnya naik dari level 1 Normal menjadi level 2 Waspada,” jelas Kasbani pada jumpa pers di Ruang Monitoring PVMBG, Kota Bandung.

Kasbani menilai, sejak Kamis malam tercatat telah terjadi peningkatan aktivitas vulkanik sebanyak 8 kali. “Sejak malam ada peningkatan yang cukup signifikan, ada beberapa kali erupsi setidaknya ada 4 kali erupsi malam hari dan pada dini hari tadi 4 kali erupsi,” lanjutnya.

Dengan adanya peningkatan status Gunung Tangkuban Perahu tersebut, PVMBG memberikan rekomendasi supaya masyarakat tidak mendekat sejauh 1.500 meter dari pusat kawah. “Kami harapkan masyarakat tetap tenang dan mengikuti arahan PVMBG terkait perkembangan Gunung Tangkuban Parahu,” paparnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *