Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Sistem Ekonomi

1 min read

sistem ekonomi

Sahabat Jev Edukasi Online kali ini kami akan membahas materi IPS Ekonomi kelas X yaitu tentang sistem ekonomi. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa tiap negara didunia memiliki sistem ekonomi masing masing. Nah kali ini kita akan belajar tentang macam atau jenis dan ciri-ciri sistem ekonomi.

Daftar MATERI  Sistem Ekonomi

Sistem Ekonomi

Pengertian sistem ekonomi adalah sebuah kebijakan pemerintah dan jaringan organisasi atau kelompok untuk mengatasi masalah ekonomi.

Selain itu juga sistem ekonomi dapat ditafsirkan juga sebagai cara atau aturan yang digunakan menjawab masalah mengenai pokok ekonomi.

Jenis Sistem Ekonomi

Sistem ekonomi digunakan oleh suatu kelompok atau negara untuk menjawab atau mengatasa masalah ekonomi. Nah, sistem ekonomi yang diterapkan di dunia sangat beranekaragam seperti tradisional, terpusat, liberal, dan campuran. Kami akan menjelaskan masing-masing jenis sistem tersebut beserta ciri-cirinya.

Sistem Ekonomi Tradisional

Jenis sistem ekonomi ini diterapkan pada golongan masyarakat yang kurang atau belum maju. Biasanya sistem ini berdasarkan atau berlandasakan dengan kebiasaan nenek moyang yang turun temurun. Terdapat beberapa ciri-ciri sistem ekonomi tradisional yang bisa dilihat, sebagai berikut:

  1. Dalam proses produksi, tekniknya sederhana dan belum menggunakan alat yang modern
  2. Modal yang dugunakan sedikit bahkan tidak menggunakan modal
  3. Tradisi atau budayanya sangat kuat dan kental
  4. Biasanya tidak ada pembagian kerja
  5. Sumber kemakmuran dan menjadi sumber daya yang sangat penting yaitu tanah

Sistem Ekonomi Terpusat

Pengertian sistem ekonomi terpusat yaitu suatu sistem dimana pemerintah yang mengendalikan dan mengatur seluruh kebijakan dan kegiatan ekonomi. Seluruh kegiatan ekonomi yang dimaksud itu seperti menyusun merancang, mengatur penggunaan barang dan jasanya, dan mengendalian kebutuhan masyarakat. Adapun ciri-ciri sistem ekonomi terpusat yang bisa kita lihat antara lain, sebagai berikut:

  1. Kegiatan yang memenuhi kebutuhan manusia seruruhnya pemerintah yang ngatur
  2. Semua barang, modal, dan alat produksi lainnya dari pemerintah
  3. Swasta tidak dilibatkan
  4. Tidak ada kebebasan individu untuk berusaha
  5. Tidak ada milik individu kecuali barang yang sudah dibagikan oleh pemerintah

Sistem Ekonomi Liberal

Pengertian sistem ekonomi liberal yaitu suatu sistem ekonomi yang memperbolehkan persaingan bebas dan kebebasan semua warga negaranya untuk berusaha dan memiliki benda. Perorangan juga diperbolehkan dalam memberikan modal, benda atau barang dalam bidang ekonomi. Terdapat juga ciri sistem ekonomi liberal yang perlu Anda ketahui sebagai berikut:

  1. Kebebasan memiliki barang dan alat produksi bagi setiap individu
  2. Di semua sektor, seluruh kegiatan ekonomi dihendel oleh swasta
  3. Dalam kegiatan ekonomi, pemerintah tidak ikut campur tangan secara langsung
  4. Modal menjadi pemegang peran terpenting dalam kegiatan ekonomi sehingga terdapat persaingan bebas
  5. Prinsip mencari keuntungan menjadi pendorong seluruh kegiatan ekonomi

Sistem Ekonomi Campuran

Pengertian sistem ekonomi campuran adalah sebuah sistem ekonomi dimana pemerintah dan swasta bisa bersama sama untuk merencanakan arah dan pengembangan ekonomi yang sesuai dengan tujuan yang sudah ditetapkan. Dalam sistem ini pemecahan masalahnya dihendel oleh pemerintah dan swasta secara bersama sama. Campur tangan pemerintah dalam penerapan sistem ekonomi jenis ini, antara lain:

  1. Pemanfaatan alat produksi yang penting
  2. Memberikan bimbingan, pengawasa dan bantuan ke sektor usaha swasta
  3. Penetapan peraturan kebiajakn yang bertujuan mengatur dan mengawasi semua kegiatan ekonomi masyarakat

Penutup

Itulah tadi macam dan jenis sistem ekonomi secara umum yang ada didunia dan sudah diterapkan. Terdapat juga cara pemecahan masalah beserta ciri-ciri masing masing jenis sistem tersebut. Jangan lupa untuk sering latihan contoh soal agar semakin mengasah pengetahuan Anda mengenai materi ini.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Kebutuhan Manusia

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read

Pendapatan Nasional

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read