Categories: Menabung

Seperti Nabung Dan Investasi, Ini 4 Jenis Arisan Yang Paling Terkenal Di Indonesia

tempatpinjamuang-Kamu tentu udah gak aneh lagi dengan arisan. Ya, acara silaturahmi ini memang sudah ada sejak zaman orangtua kita masih remaja. Bahkan, sanggup dikatakan sudah menjadi tradisi turun temurun di Indonesia.

tempatpinjamuang-Tak cuma berencana untuk menjalin tali silaturahmi, arisan juga sanggup dijadikan salah satu metode menyimpan duit layaknya menyerupai menabung.

tempatpinjamuang-Pasalnya, kau diharuskan untuk menyetor duit pada waktu yang sudah diputuskan alias ketika waktunya dikocok. Jadi, sanggup dikatakan ini acara menabung yang berkala sekaligus menyenangkan.

tempatpinjamuang-Meskipun tidak sanggup bunga menyerupai simpanan konvensional di bank, tetapi ada sedikit kebahagian yang dicicipi ketika namamu keluar dan mendapat uang. Benar gak?

tempatpinjamuang-Malahan, gak sedikit orang yang sengaja ikut sebab merasa kesusahan buat nabung. Jadi, gak ada tuh argumentasi buat gak nyetor duit ketimbang nanti di protes sama penerima yang lain.

tempatpinjamuang-Seiring pertumbuhan zaman yang makin canggih, arisan tak cuma dijalankan dengan menghimpun uang. Salah satu hal lain yang dijadikan instrumennya yakni berlian. Konon, program menyerupai ini dilakoni oleh para selebriti dan sosialita.

tempatpinjamuang-Pengin tahu lebih lanjut tentang pertumbuhan arisan di Indonesia? Berikut klarifikasi soal jenis-jenisnya serta laba dan kerugiannya.

Baca juga: Gaji di Bawah UMR DKI Jakarta Tapi Pengin Investasi Saham, Begini Caranya

Jenis arisan di Indonesia

tempatpinjamuang-Setidaknya ada empat jenis program terpopuler seperti ini di Indonesia. Berikut ini empat di antaranya.

1. Arisan biasa

(Pexels)

tempatpinjamuang-Arisan biasa ialah salah satu yang legendaris di Indonesia. Seperti yang sudah disebutkan di atas, sistemnya itu semua penerima mesti menghimpun di waktu yang sudah ditentukan.

tempatpinjamuang-Setelah itu, pada tanggal yang sudah disepakati, semua anggota diperlukan untuk berkumpul untuk mengocok nama-nama peserta. Dalam kocokan tersebut terdapat seluruh nama peserta. Nama yang keluar, maka ia yang mau mendapat seluruh uang. Begitu seterusnya.

tempatpinjamuang-Jenis yang satu ini sudah dijalankan oleh orang Indonesia sejak dahulu sampai kini. Karena metodenya yang mudah, dengan cuma menyetor duit pada periode tertentu saja.

Baca juga: Sadari Risiko-Risiko Ini Sejak Awal Agar Terhindar dari Kerugian Berinvestasi

2. Arisan RT/keluarga

(Pexels)

tempatpinjamuang-Sistem kerja arisan RT atau keluarga sama saja dengan yang biasa. Yaitu menghimpun duit dan dikocok pada periode tertentu yang sudah disepakati.

tempatpinjamuang-Namun, yang satu ini lebih untuk mempererat tali silaturahmi antar tetangga dan keluarga. Pasalnya, ketika waktu mengocok, semua akan berkumpul di salah satu rumah peserta.

tempatpinjamuang-Nah, di sana biasanya bukan cuma sekedar mengocok nama-nama tetapi selaku ajang berkumpul juga. Sang tuan rumah ialah penerima yang sudah mendapat duit pada periode sebelumnya. Tuan rumah juga biasanya akan menawarkan makanan.

tempatpinjamuang-Jadi, duit yang ditemukan pun akan habis untuk berbelanja makanan. Tapi, balik lagi pada dasarnya memang untuk mempererat tali silaturahmi.

Jangan Sampai Sakit Merugikan Kamu Secara Finansial. Kontrol Pengeluaran dengan Proteksi Diri. Lihat Asuransi Kesehatn Terbaik Di Sini

3. Arisan barang

(Pexels)

tempatpinjamuang-Setelah itu ada juga jenis arisan barang. Jadi, yang disetorkan ke ketua itu bukan berupa uang, tetapi barang yang sudah disepakati di awal. Umumnya sih sembako, sanggup beras, minyak dan lainnya.

tempatpinjamuang-Namun, bukan bermakna kau sanggup sembarang pilih berbelanja barangnya. Karena biasanya sudah dipatok untuk jenis dan harganya.

tempatpinjamuang-Kalau bebas sih tentu aja gak adil. Bisa-bisa ada yang cuma bawa gula pasir setengah kilo sedangkan yang lain ada yang bawa beras 5 liter. Karena itu, ketua panitia biasanya akan menyeleksi nominal harga sembakonya.

tempatpinjamuang-Seru sih, jadi pulang-pulang sanggup bawa setumpuk sembako yang sanggup digunakan untuk keperluan sehari selama satu bulan. Jadi, gak perlu belanja bulanan lagi deh.

4. Arisan emas

(Pexels)

tempatpinjamuang-Jenis lain yang kini terkenal di Indonesia dan banyak dilirik orang yakni arisan emas. Jadi, tujuannya di sini, kau tetap menyetor duit untuk mendapat emas, bukan menyetor emas.

tempatpinjamuang-Salah satu forum yang menampilkan kepraktisan ini yakni Pegadaian. Kamu gak perlu takut kena penipuan, sebab diatur eksklusif oleh Pegadaian, jadi sudah niscaya aman. Bahkan para penerima juga mendapat akta lho.

tempatpinjamuang-Acara ini gres sanggup berlangsung apabila memiliki penerima minimal enam orang dan optimal 36 orang. Tujuannya biar perputaran duit tidak terlampau lama. Karena diundi setiap bulan, jadi sanggup jawaban dalam waktu 36 bulan atau tiga tahun.

tempatpinjamuang-Sistemnya itu, setiap bulan seluruh penerima mesti menyetorkan duit selaku down payment (DP) untuk menebus emas. Jumlah setorannya itu sanggup disetorkan dengan harga dan berat emas yang sudah disepakati di awal.

Keuntungan dan kerugian ikut arisan

tempatpinjamuang-Ternyata, ada juga beberapa laba dan kerugiannya lho. Apa saja? Simak selengkapnya di sini:

1. Keuntungan ikut arisan

  • Sosialisasi. Seperti definisinya yakni social gathering, maka melalui acara ini kau sanggup bersosialisasi dengan orang lain. Kamu jadi sanggup memperbesar networking dan juga kawan gres dong pastinya.
  • Memaksa nabung. Seperti yang sudah diterangkan di atas bahwa arisan dan menabung itu sanggup dikatakan mirip. Kalau nabung itu, mendapat bunga dan kau tidak dipaksa untuk menyetor duit pada waktu yang sudah ditetapkan. Sementara arisan, tidak ada bunga dan kau mesti menyetor duit dengan jumlah dan waktu yang sudah ditetapkan di awal. Kalau melalui tanggalnya, bisa-bisa kau diteror oleh para penerima lainnya.
  • Saling membantu. Karena program ini sistemnya kekeluargaan. Makara ketika kau butuh duit sedangkan yang namanya keluar itu orang lain, maka kau sanggup meminta tukeran nama terhadap orang yang mendapat duit arisan tersebut.

2. Kerugian ikut arisan

  • Tidak ada bunga. Selain ajang kumpul, arisan juga layaknya menabung tetapi tanpa bung menyerupai di bank. Bahkan para penerima biasanya akan potong untuk admin.
  • Boros. Saat mengocok arisan biasanya diadakan di wilayah tertentu atau di rumah. Kalaupun di rumah, maka tuan rumah mesti menawarkan banyak sekali kuliner untuk para tamu. Kondisi tersebut tentunya akan menghasilkan pengeluaranmu menjadi bertambah.
  • Berisiko ditipu. Pernah dengar kendala orang tertipu arisan atau salah satu penerima kabur sehabis mendapat bagiannya? Kondisi tersebut sanggup saja dialami oleh setiap orang. Kalau sudah menyerupai itu, kita pun mesti rela kehilangan uang.

Kiat agar tak tertipu arisan

tempatpinjamuang-Penipuan arisan memang masih saja mengintai banyak orang, tak terkecuali kamu. Karena itu, berikut kiat ikutan agar gak kena tipu. Yuk, simak:

  • Pilih golongan arisan yang terpercaya. Sebelum nyebur dan bergabung dalam grup arisan, semestinya identifikasi dahulu siapa pun anggotanya dengan baik. Hal tersebut berencana untuk meminimalisasi risiko salah satu anggota yang mogok bayar atau kabur.
  • Ikut arisan dalam jumlah kecil. Untuk awal-awal dianjurkan agar kau menghimpun dana dalam jumlah kecil dulu. Pasalnya, makin besar dana yang terkumpul, maka makin besar pula tanggung jawabnya. Selain itu, makin besar pula risiko kerugian yang sanggup saja terjadi.
  • Anggap selaku acara bersosialisasi. Setiap orang memiliki tujuan yang berlainan dalam ikut arisan. Ada yang memang ingin menabung dan juga untuk menjalin silaturahmi. Karena apabila dibandingkan menyisakan duit untuk simpanan atau terlebih investasi, laba finansial dari acara ini tidak begitu terasa.

Contohnya:

tempatpinjamuang-Harga emas per gram Rp 600 ribu dengan perjanjian permulaan penerima arisan mendapat 10 gram emas dengan jumlah anggota 15 orang.

tempatpinjamuang-Berarti total duit yang mesti terkumpul yakni Rp 600 ribu x 10 gram yakni Rp 6 juta. Maka, setiap bulan anggota diharuskan menyetor duit sebesar Rp 6 juta dibagi 15 orang yakni Rp 400 ribu. Gampang banget kan?

tempatpinjamuang-Itu ia empat jenis arisan yang tetap disukai banyak orang dari dahulu sampai sekarang. Yang mana nih yang kau lakukan? 

Jika kau memiliki petanyaan seputar permasalahan keuangan, bisnis, sampai karier, tanyakan eksklusif ke para ahlinya di Tanya tempatpinjamuang!

Tags : , ,

Tags: Menabung
rizved al

Recent Posts

3 trik aman baca Chat WA Tanpa Diketahui Oleh Pengirimnya

Sampai saat ini, aplikasi WhatsApp masih menjadi raja layanan berkirim pesan secara online. Hal ini tentu saja karena berbagai fitur…

4 minggu ago

Kepala BKPM Bahlil: Gak Ada Tukang Palak di Investasi RI! – TPMNews

Jakarta, tpmnews - RI terus aktif menggaet investor di sektor industri hilir pertambangan, khususnya untuk mengembangkan industri baterai kendaraan listrik…

4 minggu ago

Jreng! Australia Kini Punya Senjata Nuklir, RI Kasih Respons – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI buka suara mengenai pembentukan AUKUS. Ini adalah aliansi pertahanan baru antara Amerika…

4 minggu ago

Siap-siap! KKP Atur Penangkapan Terukur Mulai 1 Januari 2022 – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Pemerintah akan mengeluarkan aturan baru mengenai kuota penangkapan ikan. Nantinya ikan yang ditangkap akan diatur jumlahnya hingga…

4 minggu ago

Murah di Inggris, Brompton Ini Tembus Rp 40 Juta di RI – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Harga sepeda Brompton saat ini dibanderol mulai dari Rp 30 jutaan. Harga ini turun dari tahun lalu…

4 minggu ago

Strategi BKMS Kelola 5 Kluster Bisnis di KEK Gresik JIIPE – TPMNews

Jakarta, tpmnews- Direktur Utama PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), Bambang Setiono menyambut positif penetapan Kawasan Integrated Industrial Port Estate…

4 minggu ago