Menu
Media Informasi Keuangan

Sepasang Suami Istri Di Garut Jadi Calon Kepala Desa

  • Bagikan

Kabarin.co.id, Jakarta – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak akan dilaksanakan pada 10 November 2019. Dan pada Kabupaten Garut, jelang pilkades serentak tersebut, terdapat suatu hal yang terbilang unik. Tepatnya di Desa Putrajawa, Kecamatan Selawi, calonnya hanya dua orang, itupun sepasang suami istri, yakni Suparman dan Tini.

Menurut dari pemaparan Tini, awalnya ial tidak mempunyai maksud unutk mendaftar sebagai calon kepala desa. Akan tetapi, hingga hari terakhir pendaftaran, hanya suaminya saja yang mendaftar.

“Padahal kan untuk bisa menggelar Pilkades minimal harus ada dua calon dan kalau hanya ada satu maka Pilkadesnya diundur,” paparnya, Kamis (17/10/2019).

Lebih lanjut, Tini menyebut bahwa sebelumnya ia mengaku mendengar kabar bahwa akan ada tiga orang yang mendaftar sebagai calon di pilkades. Akan tetapi hingga hari terakhir, tercatat hanya suaminya saja yang sudah daftar secara resmi sebagai calon Kepala Desa.

“Sampai mau ditutup pendaftaran belum ada yang mendaftar lagi. Agar Pilkades bisa tetap berlangsung saya akhirnya mendaftar sekitar pukul 11.45 berikut kelengkapan berkas persyaratan saya langsung bawa,” jelasnya.

“Alhamdulillah suami juga memberi dukungan. Saya memang mau juga maju menjadi calon Kepala Desa, enggak disuruh suami,” imbuhnya.

“Saya tidak pernah mempermasalahkan. Mereka mau mendukung saya atau suami juga tidak apa-apa. Dengan seperti ini justru sayang ingin menunjukkan bawa Pilkades di desa saya bisa berjalan dengan lancar dan damai walau beda pilihan. Tidak harus ricuh,” lanjutnya.

“Dalam Peraturan Bupati Garut Nomor 177 Tahun 2015 dan Nomor 25 Tahun 2017 hanya mengatur warga Negara Indonesia (WNI) yang boleh ikut serta dalam Pilkades. Pemerintah tidak memandang apakah itu suami istri, saudara, bahkan kakak beradik. Pemerintah hanya menjalankan peraturan. Kita buka pendaftaran, ada calon yang masuk, persyaratan lengkap lalu boleh mencalonkan,” tandasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *