Menu
Media Informasi Keuangan

Sangat Disayangkan, Penderita Penyakit Kanker Lebih Milih Berobat Di Luar Negeri

  • Bagikan

Kabarin.co.id, Jakarta – Prof. Dr. Soehartati A Gondhowiardjo selaku ahli dan pemerhati Kanker, sangat menyayangkan banyaknya pasien penderita kanker di Indonesia,  lebih memilih ke luar negeri untuk menjalani pengobatan.

Bahkan dari salah satu pasien Soehartati dari Inggris, mengaku kesal dengan orang Indonesia yang banyak pergi ke Singapura lantaran sakit kanker.

“Pasien saya ada orang Inggris, cuma istrinya orang Indonesia. Dia sakit kanker mulut. Dia marah sekali lihat orang indonesia banyak ke Singapura. Saat dilihat di resepsionis, kadang 80 persennya orang Indonesia,” jelasnya ketika ditemui di RS Dharmais, Jakarta Barat, dikutip dari Liputan6.com.

Ia menyebut, banyak pasien yang pergi ke luar negeri lantaran kurang informasi. Saat pasien kehabisan uang, serta pengobatannya belum selesai, mereka akan datang ke Indonesia.

Umumnya, saat pasien tidak selamat, justru yang disalahkan merupakan pihak rumah sakit di Indonesia.

“Padahal mereka juga melakukan apa mereka bisa lakukan. Itu yang tadi saya katakan bahwa di google kita tuh banyak sekali penanganan ini, penanganan itu, yang orang kita belum tahu.” terang Soehartati.

“Coba kalau mereka berobat yang benar disini kan ya,” paparnya.

“PNPK itu level nasional, pada rumah sakit ada namanya PPK (Pedoman Penanganan Kanker), dimana suara masyarakat ada,” jelasnya.

“Jadi pasien kanker dimana aja, harusnya dengan standar yang sama,” ucap Soehartati.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *