Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Rumus Trapesium

2 min read

Rumus Trapesium

Janis bangun datar terhitung memiliki banyak macamnya seperti lingkaran, segitiga dan masih banyak lainnya. Dalam materi pelajaran Matematika terdapat bermacam macam soal mengenai bangun datar ini. Kali ini Jev Edukasi Online akan mengupas tuntas tentang berbagai rumus trapesium lengkap beserta cara menjawab soalnya.

Rumus Trapesium

Pengertian trapesium adalah sebuah bangunan datar 2 dimensi yang memiliki 4 bagian yaitu 2 garis sejajar atas dan bawah, serta 2 garis miring. Bentuk trapesium merupakan perpaduan antara segitiga dengan persegi panjang atau bujur sangkar. Sehingga untuk mencari luas trapesium, Anda dapat menggunakan rumus trapesium yang merupakan kombinasi rumus segitiga dan persegi panjang.

Luas Trapesium

Trapesium merupakan bangun datar yang terdiri dari 3 jenis yaitu trapesium sembarang, trapesium sama kaki, dan trapesium siku-siku. Meskipun jenisnya berbeda, namun rumus yang digunakan sama. Cara menghitung luas trapesium adalah 1/2 x (jumlah rusuk sejajar atas dan bawah) x tinggi. Rusuk sejajar berada di bagian atas dan bawah pada trapesium.

Memahami dan Mencari Variabel Trapesium

Dalam trapesium, terdapat 2 variabel penting yaitu sisi sejajar dan tinggi. Semua jenis trapesium, sisi sejajar selalu berada di bagian atas dan bawah. Untuk tinggi trapesium, Anda dapat menghitung jarak antara kedua sisi sejajar tersebut menggunakan penggaris. Namun, dalam beberapa soal, 2 variabel ini di cantumkan di dalam gambar trapesium.

Menghitung Menggunakan Rumus

Setelah Anda mengetahui semua variabel tersebut, Anda dapat memasukkan semua nilainya ke dalam rumus trapesium yang telah Anda ketahui. Langkah pertama adalah menambahkan sisi atas dengan bawah. Langkah kedua, Anda dapat mengkali hasil penambahan tersebut dengan tinggi. Dan langkah terakhir, Anda mengkali hasilnya dengan nilai 0,5 atau 1/2.

Latihan Soal Trapesium

Menghitung luas trapesium memang terlihat mudah, namun jika Anda tidak berlatih secara berulang untuk menggunakan rumus ini, Anda akan kebingungan terutama untuk menentukan tinggi. Dalam trapesium siku-siku, sangat mudah untuk menentukan nilai tinggi, namun dalam trapesium sama kaki dan sembarang, perlu teknik khusus untuk menentukan tingginya. Berikut ini kumpulan latihan contoh soal rumus bangun trapesium yang bisa Anda gunakan untuk menguji kemampuan Anda.

  1. Bu Suci adalah seorang ibu rumah tangga yang sudah lama belum punya hunian pribadi. Saat ini Bu Suci diberi rejeki untuk bisa membangun dan memiliki hunian pribadi. Tetapi bu Suci belum bisa menghitung luas atap rumah yang ingin dibangunnya. Diketahui bentuk sisi atap yang diinginkan Bu Suci berbentuk trapesium sama kaki dengan alas bawah 18 Meter, atas 10 Meter dan tinggi 6 Meter. Berapakah luas Atap yang ingin dibangun oleh Bu Suci ?
    A84 Meter
    B108 Meter
    C216 Meter
    D270 Meter
  2. Bachtiar Rifai merupakan seorang pekerja keras dan pejuang cinta sejati. Ketika itu Bachtiar ingin membuat sebuah pigora dengan frame dari kayu yang berbentuk Trapesium sama kami. Alas frame kayu yang ingin dibuat yaitu 20 Cm dan 10 Cm dengan tinggi pigora 10 Cm. Berapa panjang kayu yang dibutuhkan oleh Bachtiar untuk membuat frame pigora tersebut ?
    A20 Cm
    B40 Cm
    C60 Cm
    D80 Cm
  3. Luluk merupakan seorang mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi Jember. Dia sangat suka dengan bunga mawar sehingga dia ingin membuat taman di depan rumahnya untuk ditanami bunga. Taman yang cocok untuk rumahnya Luluk yang berbentuk trapesium karena pintu masuk rumahnya agak sempit. Alas taman yang ingin luluk buat sepanjang 4 Meter dan 2 dengan tinggi 2 Meter. Berapakah luas taman trapesium sama kaki yang ingin Luluk buat di rumahnya ?
    A2 Meter
    B4 Meter
    C6 Meter
    D8 Meter

Penutup

Anda dapat mencari berbagai soal luas trapesium di internet maupun buku pelajaran untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam menggunakan rumus trapesium yang telah di berikan. Atur jadwal secara rutin untuk mendapatkan hasil latihan yang maksimal dan paham di luar kepala.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Bangun Datar

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read

Limit Tak Hingga

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read