Rumus Segitiga

1 min read

Rumus Segitiga

Bangun datar dalam matematika terdapat banyak jenisnya diantaranya adalah lingkaran, trapesium, segiempat, prima dll. Rumus yang digunakannya pun juga berbeda beda dan rumus bangun datar yang digunakan terdapat dua jenis yaitu keliling dan luas. Kali ini Jev Edukasi Online akan membahan dan mengupas tuntas tentang berbagai rumus yang terdapat pada bangun datar segitiga.

Rumus Segitiga

Segitiga adalah salah satu bangun datar yang memiliki 3 sisi yang membentuk sudut lancip di tiap pertemuan antar sisinya. Jumlah total sudut lancip yang dibentuk oleh ketiga sisi segitiga adalah 180 derajat. Sudut lancip ini membentuk 3 jenis segitiga berbeda yaitu segitiga sama sisi, segitiga sama sisi, dan segitiga siku-siku. Namun rumus segitiga yang digunakan tetaplah sama.

Rumus Keliling Segitiga

Sama seperti bangun datar lainnya, untuk mencari nilai keliling, Anda perlu mengukur semua panjang sisinya. Keliling segitiga dapat dicari dengan cara menambahkan semua panjang sisi segitiga. Dalam notasi, keliling segitiga ditulis dengan K = A + B + C dimana A, B, C adalah panjang sisi segitiga. Untuk ketiga jenis segitiga berbeda, Anda dapat menggunakan rumus.

Dalam soal, ketiga komponen ini (panjang sisi segitiga) telah ditentukan. Namun, untuk segitiga sama sisi, dikarenakan memiliki panjang sisi yang sama, Anda dapat secara langsung mengkali panjang sisi dengan 3. Untuk segitiga sama kaki, terdapat 2 sisi yang memiliki panjang yang sama, Anda dapat mengkali sisi yang sama dengan 2 lalu ditambah sisi terakhir.

Rumus Luas Segitiga

Untuk rumus segitiga untuk luas bangun adalah 1/2 x alas x tinggi. Alas segitiga merupakan bagian sisi yang tegak lurus dengan tinggi. Sedangkan tinggi adalah panjang antara titik sudut atas dengan sisi bagian bawah. Anda dapat mencari nilai keduanya menggunakan penggaris. Namun, dalam soal, kedua variabel ini biasanya telah dicantumkan sehingga Anda tinggal memasukkan ke dalam perhitungan.

Rumus luas ini memiliki beberapa pengecualian seperti pada segitiga sama sisi dan segitiga dengan sudut sembarang. Pada segitiga sama sisi, jika tidak diketahui nilai tinggi, Anda dapat menggunakan rumus luas yang baru yaitu rumus luas sama sisi dimana a adalah panjang sisi. Untuk segitiga sembarang, Anda dapat menggunakan rumus luas segitiga sembarang sisi dimana a, b, dan c adalah panjang sisi segitiga.

Penutup

Rumus segitiga terutama untuk mencari luas memang beraneka ragam tergantung bentuk segitiga yang kita cari. Anda harus menjadwalkan untuk melakukan latihan secara rutin sehingga terbiasa untuk menggunakan rumus luas segitiga yang berbeda dengan lebih baik.

Avatar

Persamaan Garis Lurus

Avatar admin
1 min read

Pola Bilangan 

Avatar admin
1 min read

Rumus Trapesium

Avatar admin
1 min read