Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Rumus Peluang

1 min read

Rumus Peluang

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda selalu dihadapkan oleh berbagai peluang. Didalam ilmu matematika, peluang dikenal sebagai sebuah metode untuk meyakini suatu kejadian akan terjadi atau akan terjadi. Dalam ilmu matematika, untuk mendapatkan tingkat kepercayaan yang tinggi, biasanya digunakan sebuah rumus peluang.

Rumus Peluang

Dalam kasus peluang, terdapat ketidakpastian yang tidak bisa di prediksi akibat adanya suatu tindakan lain. Contoh sederhana, ketika Anda melemparkan uang koin ke udara, maka kemungkinan akan muncul sisi gambar atau angka. Namun Anda tidak dapat memastikan secara pasti. Untuk memahami peluang, terdapat beberapa rumus yang digunakan.

Frekuensi Relatif

Pada frekuensi relatif banyak digunakan untuk memahami seberapa sering suatu kejadian dapat muncul. Sebagian besar frekuensi relatif mengambil contoh dari pelemparan mata uang logam. Untuk menentukan frekuensi relatif, Anda dapat membagi banyaknya kejadian yang terjadi dengan banyak percobaan yang dilakukan.

Peluang Kejadian A

Untuk peluang kejadian dinyatakan sebagai banyaknya anggota di dalam sebuah ruang sampel. Secara sederhana, rumus peluang kejadian P(A) dirumuskan sebagai berikut P(A): (n(A))/(n(S)) dimana A adalah banyak anggota dalam sampel dan S adalah banyaknya sampel. Semakin besar nilai peluang kejadian, maka, peluang munculnya anggota A dalam sampel semakin besar.

Nilai Peluang

Dalam ilmu matematika, nilai peluang berkisar antara 0 sampai 1. Namun, nilai peluang tidak pernah 0 dan 1. Hal ini dikarenakan tidak adanya sebuah kemungkinan yang mustahil terjadi dan pasti terjadi. Akibat adanya batasan ini, nilai peluang sering dinyatakan dalam bentuk 0 ≤ P(A) ≤ 1. Semakin besar nilai peluang, semakin besar kemungkinan akan terjadi.

Frekuensi Harapan

Sedangkan frekuensi harapan dalam sebuah peluang sering dinyatakan sebagai banyaknya kejadian yang muncul. Secara sederhana, jika Anda melempar dadu sebanyak 60 kali, dengan nilai peluang munculnya angka dua adalah 1/6. Maka, frekuensi munculnya angka 2 dalam 60 kali pelemparan adalah 10 kali.

Penutup

Untuk memahami rumus peluang, Anda harus banyak berlatih dengan soal yang berkaitan dengan probabilitas. Hal ini untuk meningkatkan intuisi dalam memahami maksud yang terdapat dalam soal-soal probabilitas. Semakin Anda memahami peluang, semakin besar tingkat kepercayaan Anda.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Bangun Datar

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read

Limit Tak Hingga

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read