Rumus Lingkaran

1 min read

Rumus Lingkaran

Siapa yang tidak kenal dengan bangun datar berbentuk lingkaran? Bangun datar yang tidak memiliki sudut ini, ternyata memiliki formula khusus untuk mencari nilai keliling. Keliling lingkaran merupakan panjang 1 putaran pada lingkaran. Untuk mendapatkan nilai keliling, Anda dapat menghitung menggunakan rumus lingkaran.

Rumus Lingkaran

Dalam bangun datar jenis ini terdapat berbagai soal seputar berbagai rumus. Berikut langkah-langkah rumus lingkaran.

Memahami Rumus Keliling Lingkaran

Untuk menentukan nilai keliling, Anda harus memahami rumus-rumus sederhana lingkaran. Untuk keliling, terdapat dua rumus untuk menghitungnya yaitu K = 2πr atau K = πD dimana K adalah keliling, π (Pi) adalah konstanta matematika yaitu 3,14 atau 22/7, r adalah jari-jari, dan D adalah diameter.

Memahami Variabel dalam Rumus

Setelah Anda mengetahui rumus lingkaran tersebut, Anda harus memahami variabel yang ada. Dalam rumus tersebut, terdapat 3 variabel yaitu jari-jari, diamter, dan phi. Sehingga untuk memudahkan perhitungan, Anda harus mengetahui 3 nilai variabel tersebut. Karena phi adalah konstanta, sehingga Anda tidak perlu mencari. Sedangkan diameter adalah 2x jari-jari.

Menghitung Nilai-Nilai Variabel

Jika Anda bertemu dengan masalah yang sederhana, Anda dapat menggunakan penggaris untuk mengetahui nilai diameter. Anda dapat mengukur jarak antara ujung lingkaran ke ujung lingkaran. Nilai yang Anda dapatkan adalah sebuah diameter. Anda dapat menggunakan nilai diameter maupun jari-jari.

Memasukkan ke Dalam Rumus

Setelah Anda mendapatkan semua nilai dari 3 variabel, Anda dapat memasukkan nilai tersebut ke dalam rumus yang telah Anda pelajari. Jika Anda memiliki nilai jari-jari, Anda dapat menggunakan rumus K = 2πr. Namun, jika Anda memiliki nilai diameter, Anda dapat menggunakan K = πD. Setelah melalui proses perhitungan, nilai keliling sudah di dapatkan.

Berlatih Secara Rutin

Untuk meningkatkan kemampuan, Anda dapat berlatih secara rutin dengan menggunakan komponen nilai jari-jari ataupun diameter sehingga Anda lebih ahli dalam menyelesaikan permasalahan lingkaran. Sebagai catatan, sebagian besar, untuk nilai jari-jari atau diameter kelipatan 7, Anda dapat menggunakan nilai Pi 22/7 dibandingkan 3,14.

Penutup

Mudah bukan mencari nilai keliling menggunakan rumus sederhana tersebut? Setelah Anda membaca langkah-langkah di atas, kami menyarankan untuk terus meningkatkan kemampuan Anda menggunakan rumus lingkaran untuk membuat Anda semakin ahli dan bisa hafal rumus di luar kepala.

Avatar

Persamaan Garis Lurus

Avatar admin
1 min read

Pola Bilangan 

Avatar admin
1 min read

Rumus Trapesium

Avatar admin
1 min read