Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Rumus Lingkaran

2 min read

Rumus Lingkaran

Siapa yang tidak kenal dengan bangun datar berbentuk lingkaran? Bangun datar yang tidak memiliki sudut ini, ternyata memiliki formula khusus untuk mencari nilai keliling. Keliling lingkaran merupakan panjang 1 putaran pada lingkaran. Untuk mendapatkan nilai keliling, Anda dapat menghitung menggunakan rumus lingkaran.

Rumus Lingkaran

Dalam bangun datar jenis ini terdapat berbagai soal seputar berbagai rumus. Berikut langkah-langkah rumus lingkaran.

Rumus Keliling Lingkaran

Untuk menentukan nilai keliling, Anda harus memahami rumus-rumus sederhana lingkaran. Untuk keliling, terdapat dua rumus untuk menghitungnya yaitu K = 2πr atau K = πD dimana K adalah keliling, π (Phi) adalah konstanta matematika yaitu 3,14 atau 22/7, r adalah jari-jari, dan D adalah diameter.

Rumus Luas Lingkaran

Setelah Anda mengetahui beberapa variabel yang terdapat pada rumus keliling diatas Anda bisa dengan mudah memasukkan rumus luas lingkaran. Untuk mendapatkan nilai luas lingkaran Anda bisa menggunakan rumus  L=πrr atau L= π x D/2 x D/2. Dengan nilai Phi 22/7 untuk rumus jari jari yang berkelipatan 7 sedangkan 3,14 untuk yang berkelipatan selain 7.

Memahami Variabel Dalam Rumus

Setelah Anda mengetahui rumus lingkaran tersebut, Anda harus memahami variabel yang ada. Dalam rumus tersebut, terdapat 3 variabel yaitu jari-jari, diameter, dan phi. Sehingga untuk memudahkan perhitungan, Anda harus mengetahui 3 nilai variabel tersebut. Karena phi adalah konstanta, sehingga Anda tidak perlu mencari. Sedangkan diameter adalah 2x jari-jari.

Menghitung Nilai-Nilai Variabel

Jika Anda bertemu dengan masalah yang sederhana, Anda dapat menggunakan penggaris untuk mengetahui nilai diameter. Anda dapat mengukur jarak antara ujung lingkaran ke ujung lingkaran. Nilai yang Anda dapatkan adalah sebuah diameter. Anda dapat menggunakan nilai diameter maupun jari-jari.

Memasukkan ke Dalam Rumus

Setelah Anda mendapatkan semua nilai dari 3 variabel, Anda dapat memasukkan nilai tersebut ke dalam rumus yang telah Anda pelajari. Jika Anda memiliki nilai jari-jari, Anda dapat menggunakan rumus K = 2πr atau L=πrr. Namun, jika Anda memiliki nilai diameter, Anda dapat menggunakan K = πD atau L= π x D/2 x D/2. Setelah melalui proses perhitungan, nilai keliling dan luas sudah di dapatkan.

Berlatih Secara Rutin

Untuk meningkatkan kemampuan, Anda dapat berlatih secara rutin dengan menggunakan komponen nilai jari-jari ataupun diameter sehingga Anda lebih ahli dalam menyelesaikan permasalahan lingkaran. Sebagai catatan, sebagian besar, untuk nilai jari-jari atau diameter kelipatan 7, Anda dapat menggunakan nilai Pi 22/7 dibandingkan 3,14.

Latihan Contoh Soal Rumus Lingkaran

Berikut ini ada beberapa kumpulan contoh latihan soal cerita mengenai rumus keliling dan luas lingkaran. Latihan soal berikut ini sangat relevan untuk pelajar yang sedang duduk dibangku Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Selain itu contoh soal cerita mengenai penerapan rumus lingkaran berikut ini angat cocok buat Anda yang sedang mempersiapkan Ujian Matematika.

  1. Bu Nur Laila saat ulang tahun putri ke dua nya, beliau memberikan kado berupa jam tangan cantik. Diketahui jam tangan tersebut memiliki diameter lingkaran sebesar 20 MM. Berapakah luas jam tangan yang diberikan Bu Nur untuk putrinya ?
    A628
    B314
    C157
    D100
  2. Annisa Ul Norma adalah seorang perempuan pejuang keras dan tegar. Saat itu Annisa ingin membelikan ibunya sebuah meja kayu jati yang berbentuk lingkarang. Diketahui jari jari meja yang dibeli oleh Annisa adalah 70 cm. Berapakah keliling alas meja kayu jati yang dibeli Annisa untuk ibunya ?
    A70 Cm
    B140 Cm
    C210 Cm
    D440 Cm
  3. Alfin Nasrul Huda membeli sebuah kue di Indomaret Point untuk cemilan makan malam. Kue yang dibeli oleh Alfin saat itu berbentuk setengah lingkaran. Diketahui Diameter kue yang dibeli Alfin adalah 14 Cm. Berapakah luas kue yang dibeli oleh Alfin saat di Indomaret Point tersebut ?
    A72 Cm
    B154 Cm
    C226 Cm
    D308 Cm

Penutup

Mudah bukan mencari nilai keliling menggunakan rumus sederhana tersebut? Setelah Anda membaca langkah-langkah di atas, kami menyarankan untuk terus meningkatkan kemampuan Anda menggunakan rumus lingkaran untuk membuat Anda semakin ahli dan bisa hafal rumus di luar kepala.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Bangun Datar

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read

Limit Tak Hingga

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read

Turunan Trigonometri

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read