Rumus Integral Matematika

1 min read

Rumus Integral

Didalam matematika terdapat beraneka rumus yang perlu Anda ketahui salah satunya ialah integral. Secara gambaran singkat integral adalah kebalikan atau lawan dari turunan matematika. Nah, simak penjelasan lengkap berikut ini tentang integral agar Anda bisa mengetahui lebih dalam dan bisa menjawab berbagai soal integral.

Rumus Integral

Integral merupakan sebuah fungsi keterbalikan dari sebuah turunan atau fungsi diferensial. Selain sebagai fungsi keterbalikan dari turunan, integral juga menjadi limit sebuah luas bidang tertentu. Untuk mendapatkan nilai limit ini, Anda memerlukan rumus integral sebagai penyelesaiannya. Berikut ini beberapa jenis-jenis integral yang perlu Anda pahami.

Integral Tak Tentu

Pada umumnya, suatu integral memiliki nilai batas atas dan batas bawah, namun pada integral jenis tak tentu, tidak terdapat kedua batas tersebut. Akibatnya, integral tak tentu tidak memiliki daerah asal dan daerah hasil. Biasanya, penulisan integral tak tentu seperti ∫f(x) dx = F (x) + C. Fungsi ini menunjukkan kenaikan pangkat pada f(x) dx menjadi f(x)+c.

Integral Tentu

Jika integral tak tentu tidak memiliki batas, pada integral tentu, terdapat batas atas dan batas bawah. Penerapan integral tentu, pada umumnya digunakan untuk menghitung luas sebuah bangun. Integral tentu dapat dinyatakan seperti Integral Tentu. Dalam integral tentu, hasil limit pada batas atas dikurangin dengan batas bawah untuk mendapatkan hasil tertentu.

Integral Fungsi Aljabar

Integral fungsi aljabar memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi dibandingkan dengan integral tentu dan tak tentu. Dalam menyelesaikan integral fungsi aljabar, Anda harus memahami konsep dasar integral sekaligus memahami penempatan rumus integral yang benar seperti Integral Fungsi Aljabar atau Rumus Fungsi Aljabar untuk nilai m ≠ -1. Jika Anda memahami konsep dasar integral, Anda akan mampu.

Integral Fungsi Eksponen

Sama seperti fungsi aljabar, Anda dapat menggunakan rumus integral untuk menyelesaikan permasalahan fungsi eksponen. Sebelum mengerjakan soal eksponen, Anda harus memahami dasar penyelesaian eksponen dan integralnya. Anda dapat mengingat rumus berikut sebagai dasar dalam mengerjakan soal integral fungsi eksponen, Rumus Fungsi Eksponen untuk nilai a > 0 dan a ≠ 1.

Integral Fungsi Trigonometri

Untuk memahami konsep integral fungsi trigonometri, Anda harus mengetahui bentuk turunan dan kenaikan trigonometri. Setelah Anda memahami dan mengingatnya secara baik, Anda dapat menggunakan integral untuk fungsi trigonometri seperti contoh ini, ∫sin⁡x dx = – cos x + c atau ∫cos⁡x dx = sin x + c. Dua rumus ini merupakan rumus dasar untuk integral fungsi trigonometri.

Penutup

Integral saat ini menjadi momok dalam pelajaran matematika. Hal ini disebabkan kurang pemahaman konsep dasar yang di terima sehingga integral terlihat menyulitkan. Dengan sering bertanya dan berlatih soal-soal integral, Anda akan terbiasa dan mampu mengerjakan berbagai jenis soal integral.

Avatar

Persamaan Garis Lurus

Avatar admin
1 min read

Pola Bilangan 

Avatar admin
1 min read

Rumus Trapesium

Avatar admin
1 min read