Program Linear

1 min read

Program Linier

Dalam berlatih soal-soal matematika, sering kali Anda menemukan soal dalam bentuk cerita. Proses penyelesaian soal sejenis ini, pada umumnya menggunakan program linear. Tujuan program ini sebenarnya adalah untuk menyederhanakan permasalahan yang dihadapi sehingga di dapatkan nilai minimum dan maksimum penyelesaiannya.

Program Linear

Terdapat 4 langkah mudah dalam menyelesaikan permasalahan ini yaitu membuat model matematis dalam bentuk pertidaksamaan, membuat dan menentukan himpunan penyelesaiannya, membuat titik pojok, dan menentukan nilai optimum. Empat tahap ini harus dilakukan secara berurutan untuk bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya serta mendapatkan hasil yang sesuai dengan permasalahan.

Model Matematis Pertidaksamaan

Dalam soal cerita, membuat model matematis memudahkan Anda untuk mengenali variabel yang berpengaruh terhadap perhitungan. Untuk membuat model matematis, terdapat beberapa langkah seperti membuat tabel yang sesuai dengan permasalahan, jika terdapat kata kunci sejenis minimal, maka Anda dapat menggunakan tanda lebih besar, begitu juga sebaliknya.

Membuat dan Menentukan Himpunan Penyelesaiannya

Setelah Anda mendapatkan model matematis, Anda harus mencari himpunan penyelesaian dari soal tersebut. Selanjutnya, Anda bisa membuat sebuah grafik dari himpunan penyelesaian. Anda dapat memasukkan nilai 0 dan nilai solusi maksimum untuk menggambar grafik. Hal ini memudahkan Anda untuk menggambar grafik dibandingkan menggunakan banyak titik.

Membuat Titik Pojok

Setelah Anda menggambar grafik, Anda dapat menentukan wilayah penyelesaian dari soal serta titik potong antara garis dengan garis di antara dua grafik. Anda dapat mencatat koordinat titik potong tersebut untuk Anda gunakan dalam tahap terakhir. Anda dapat memasukkan semua titik potong yang Anda dapatkan di antara dua grafik.

Menentukan Nilai Optimum

Setelah Anda mendapatkan beberapa koordinat titik potong, Anda dapat memasukkan nilai-nilai tersebut ke dalam persamaan program linear. Setelah Anda memasukkan nilai-nilai tersebut, Anda akan mendapatkan nilai maksimum dari permasalahan tersebut. Anda dapat membuat kesimpulan berdasarkan nilai maksimum tersebut.

Penutup

Cara penyelesaian program linear terutama untuk soal-soal berbentuk cerita memang cenderung panjang. Namun, cara tersebut merupakan cara paling efektif untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan permasalahan dalam soal. Selamat berlatih soal-soal penyelesaiannya ya!

Avatar

Persamaan Garis Lurus

Avatar admin
1 min read

Pola Bilangan 

Avatar admin
1 min read

Rumus Trapesium

Avatar admin
1 min read