Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Pola Bilangan 

1 min read

Pola Bilangan

Matematika mengenal beberapa jenis pola bilangan yang sering diajarkan pada materi terkait barisan bilangan. Materi ini harus dipahami sebelum siswa berlanjut ke materi aritmatika serta barisan geometri. Materi ini membahas susunan suatu bilangan yang memiliki bentuk teratur bersama dengan bilangan lainnya sehingga dapat dihasilkan suatu pola.

Jenis Pola Bilangan

Bilangan Ganjil

Apabila suatu pola tersusun dari bilangan-bilangan bernilai ganjil, maka pola tersebut masuk ke dalam jenis pola dengan bilangan ganjil. Contoh pola untuk bilangan ganjil adalah 3, 5, 7, 9 dan seterusnya. Rumus pola bilangan ganjil untuk mengetahui nilai pada suku ke-n dapat dituliskan dalam bentuk rumus Un = 2n -1.
Misalnya saja pada pola dengan bilangan ganjil berupa 1, 3, 5, 7, 9 dan seterusnya. Maka nilai bilangan ganjil pada urutan atau pada suku ke-10 dapat dihitung menggunakan rumus Un = 2n -1 dengan n bernilai 10.

Un = 2n -1
U10 = 2(10) – 1
U10 = 19

Bilangan Genap

Berbeda dengan pola pada bilangan yang tersusun dari bilangan ganil, maka pada pola satu ini disusun dari bilangan-bilangan genap. Contoh sederhana dari pola dengan bilangan genap adalah 2, 4, 6, 8, dan selanjutnya. Rumus untuk pola dengan bilangan genap yakni Un = 2n dengan n adalah urutan suku.

Misalnya saja untuk susunan pola pada bilangan genap di atas, maka apabila ditanya berapakah nilai pada suku ke-10 dapat dihitung menggunakan rumus:

U10 = 2 x 10 = 20
Nilai 20 adalah nilai pada suku ke-10 pola pada bilangan genap di atas.

Persegi

Pola bilangan persegi akan membentuk pola persegi dengan contoh susunan yakni 1, 4, 9, 16 dan seterusnya. Untuk rumus pada pola bilangan persegi adalah Un = n^2.

Selain pola di atas, masih banyak lagi pola bilangan yang harus dipelajari yakni pola segitiga, persegi panjang hingga pola Fibonacci. Pola tersebut dapat disusun hingga membentuk geometri tertentu seperti pada persegi, persegi panjang dan segitiga.

Penutup

Nah, sekarang Anda sudah faham kan mengenai jenis pola billangan ganjil, genap dan bangun geometri ? Latihan contoh soal diatas semoga bisa membantu Anda untuk memahami materi pelajaran matematika yang satu ini.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Limit Tak Hingga

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read

Turunan Trigonometri

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read

Deret Geometri

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read