Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Pidato

1 min read

pidato

Banyak orang yang membutuhkan teks pidato untuk berbagai keperluan acara baik formal maupun non formal seperti perpisahan, sambutan kepala sekolah maupun lainnya. Nah Jev Edukasi Online kali ini akan membahas mengenai materi pidato dalam bahasa Indonesia dan akan kami kupas tuntas dari pengertian, macam atau jenis, tujuan hingga metode. Berikut ini pengertian, macam atau jenis dan metode pidoto dalam materi bahasa Indonesia.

Pidato

Anda sangat sering mendengar mengenai pidato, sejak Sekolah Dasar pun kita tidak asing dengan pidato. Bahkan dibeberapa event terdapat olimpiade atau lomba berpidato dengan baik dan benar. Lalu, apasih pengertian pidato itu, jenisnya apa ajah, dan metode yang digunakan apa saja, berikut penjelasannya.

Pengertian Pidato

Pidato adalah susunan kata yang baik dan benar sehingga membentuk ucapan untuk disampaikan kepada audiance atau orang banyak.

Contoh pidato sangat banyak tergantung situasi, kondisi dan acara tersebut, seperti pidato kenagaraan yang disampaikan oleh presiden, pidato perpisahan yang disampaikan oleh perwakilan wisudawan dan lain sebagainya.

Macam atau Jenis Pidato

Pidato berdasarkan isi yang terkandung dapat dibedakan menjadi 6 macam atau jenis, berikut penjelasannya secara singkat.

Pidato Pembuka

Jenis pidato pembuka ini isinya biasanya sangat singkat dan digunakan oleh pembawa acara untuk membuka suatu acara.

Pidato Pengarahan

Jenis pidato pengarahan ini sifatnya mengarahkan audiance didalam suatu pertemuan.

Pidato Sambutan

Jenis pidato yang ketiga yaitu sambutan, biasanya pidato sambutan ini dilakukan pada suatu acara dengan bergantian, seperti walimahan, mantenan dan lain lain.

Pidato Peresmian

Jenis pidato peresmian ini dilakukan pada suatu acara untuk meresmikan sesuatu biasanya dilakukan oleh orang yang memiliki pengaruh besar seperti pejabat, pemilik perusahaan atau lainnya.

Pidato Laporan

Jenis pidato ini isinya untuk melaporkan suatu tugas ataupun kegiatan seperti gugus tugas covid 19, laporan keuangan perusahaan atau tugas lainnya.

Pidato Pertanggungjawaban

Jenis pidato yang terakhir ini yaitu suatu pidato yang berisikan suatu laporan pertanggungjawaban.

Tujuan Pidato

Pidato yang baik dan benar seharusnya dapat memberikan kesan tersendiri buat audiance atau para pendengarnya. Kalau bisa malah Anda ketika berpidato sekali tetapi dapat diingat sepanjang masa, dan kalau Anda sudah mencapai titik tersebut, Anda termasuk orang yang keren.  Tujuan pidato pada umumnya memiliki tujuan yang berbeda beda, diantaranya sebagai berikut ini.

  1. Memberikan informasi
  2. Pengajakan atau Persuasif
  3. Hiburan

Pada umumnya tujuan pidato menyangkup salah satu dari 3 tujuan tersebut, dan setiap berpidato memiliki tujuan yang berbeda-beda.

Metode Pidato

Didalam berpidato terdapat 4 macam metode dalam berpidato yang bisa Anda gunakan, antara lain:

  1. Impromptu, metode berpidato yang ini dilakukan dengan spontan tanpa adanya persiapan terlebih dahulu.
  2. Memoriter, metode ini sering disebut sebagai metode menghafal dengan cara menyampaikan isi naskah pidato yang dihafal terlebih dahulu.
  3. Naskah, metode berpidato yang ini dilakukan dengan cara membaca teks yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
  4. Ekstemporan, motode ini dilakukan dengan cara menyiapkan garis besar atau pokok pembahasan kemudian disampaikan secara improvisasi yang berpidato.

Itulah tadi 4 metode berpidato yang bisa Anda jadikan refrensi dalam menyampaikan isi pidato. Keempat metode tersebut bisa disampaikan menyesuiakan dengan kondisi dan situasi selain itu juga, metode tersebut bisa membentuk karakter Anda dalam berpidato.

Penutup

Itulah tadi materi pidato yang bisa Anda jadikan refrensi pelajaran Bahasa Indonesia dan materi ini biasanya keluar di kelas X SMA. Selain itu juga materi diatas sudah lengkap buat Anda yang ingin melakukan pidato lengkap dengan penjelasannya juga. Jika Anda bingung dengan pembukanya, Anda dapat melihat contoh pembuka pidato lengkap.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Konjungsi Temporal

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read

Contoh Paragraf Deduktif

Suci Zidni Suci Zidni
5 min read