oleh

Persebaran Flora di Indonesia

Persebaran flora dan fauna di Indonesia dapat dikelompokkan menjadi beberapa hal dan indikator yang berbeda beda. Sebaran flora di Indonesia terbagi menjadi dua yaitu berdasarkan faktor iklim dan geologi. Sedangkan sebaran fauna di Indonesia terbagi menjadi 3 kawasan yaitu barat, tengah dan timur.

Persebaran Flora di Indonesia

jenis persebaran fauna di indonesia

Di Indonesia persebaran flora digolongkan menjadi dua yaitu yang berdasarkan faktor iklim dan geologi.

Persebaran Flora Berdasarkan Faktor Iklim

Berdasarkan faktor iklim di Indonesia, persebaran flora terbagi menjadi beberap hal berikut ini.

Hutan Bakau

Jenis tanaman ini tumbuh di kawasan yang berlumpur yang memiliki ketinggian 0-5 meter dengan suhu rata ratanya 26 derajat Celcius. Fungsi dari hutan bakau ini yaitu untuk memberikan perlindungan terhadap pantai dan abrasi air laut. Di Indonesia penyebaran hutan bakau tersebar di daerah Utara Jawa, Sumatra, Kalimantan dan Selatan Papua.

Hutan Hujan Tropis

Jenis hutan ini kaya akan berbagai jenis flora yang memiliki ketinggian hingga 50 meter. Variannya yang banyak menjadikan jenis hutan ini sebagai hutan heterogen yang tersebar di daerah Kalimantan, Sumatra, Banten, Papua, Maluku dan Sulawesi.

Hutan Musim

Jenis hutan ini diakibatkan oleh musim kemarau yang cukup panjang yang biasa terjadi di bulan April hingga Oktober. Hutan ini termasuk jenis hutan homogen, varian flora yang tumbuh di hutan ini seperti jati, kapuk, bambu, dan angsara.

Sabana

Pengertian sabana merupakan suatu padang rumput yang diselingi dengan pepohonan, sabana terjadi dikarenakan curah hujan yang sedikit dan musim kemarau yang lama. Varian flora yang tumbuh seperti cendana, akasia dan lontar, jenis hutan ini biasanya terjadi di NTT, NTB dan Madura.

Persebaran Flora Berdasarkan Faktor Geologi

Berdasarkan faktor geologi, persebaran flora di Indonesia dapat dibedakan menjadi 3 kelompok berikut.

Flora Kawasan Paparan Sunda

Terdapat 2 kelompok flora yang termasuk didalam kawasan paparan sunda yaitu kelompok di pulau Sumatra dan Kalimantan.

Yang termasuk didalam kelompok flora Pulau Sumatra ini yaitu flora endemik (bunga rafflesia), flora pantai (hutan mangrove) dan flora hutan hujan tropis (meranti, rotan, damar laut dll).

Sedangkan flora di Pulau Kalimantan memiliki kesamaan dengan jenis flora yang ada di Sumatra yaitu flora hutan hujan tropis dan flora pantai.

Flora Kawasan Paparan Sahul

Jenis flora di kawasan paparan sahul ini terdiri dari 3 jenis yang tersebar di Papua, ketiga jenis tersebut antara lain hutan hujan tropis, pometia, dan pantai.

Flora Kawasan Peralihan

Jenis flora yang di kawasan peralihan ini terletak di antara Paparan Sunda dan Sahul dengan jumlahnya sebanyak sekitar 422 jenis yang tersebar di Sulawesi.

Penutup

Itulah tadi materi tentang persebaran flora di Indonesia lengkap dengan contoh jenis dan penggolongan berdasarkan faktornya. Faktor persebaran flora di Indonesia ada dua yaitu yang berdasarkan faktor iklim dan geologi.