oleh

Persebaran Fauna di Indonesia

Jev Edukasi Online kali ini akan membahas Bab tentang Persebaran fauna di Indonesia, Anda juga dapat membaca materi sebelumnya tentang persebaran flora di Indonesia. Faktor kawasan letak benua sangat mempengaruhi jenis dan varian fauna di Indonesia.

Persebaran Fauna di Indonesia

Sebaran Fauna di Indonesia terletak diantara 2 benua yaitu Benua Asia di utara dan Australia di selatan. Sehingga hewan atau fauna di Indonesia memiliki kesamaan dan dipengaruhi oleh yang terdapat di kedua kawasan tersebut.

Pembagian Wilayah atau Kawasan Fauna di Indonesia

Wilayah atau kawasan persebaran fauna di Indonesia terbagi menjadi 3 yaitu kawasan Indonesia bagian barat, tumur, dan tengah. Berikut penjelasan dan contoh dari ketiga kawasan tersebut.

Kawasan Indonesia Bagian Barat

Wilayah Indonesia Bagian Barat ini dipengaruhi oleh hewan yang banyak terdapat di Asia, contoh fauna di Indonesia Bagian Barat ini seperti gajah, banteng, badak dan harimau.

Kawasan Indonesia Bagian Timur

Wilayah Indonesia Bagian Timur ini dipengaruhi oleh hewan yang terdapat di benua Australia, contohnya seperti spesies jenis burung dan ikan.

Kawasan Indonesia Bagian Tengah

Wilayah Indonesia Bagian Tengah ini meliputi Sulawesi dan Nusa Tenggara, hewan yang terdapat di kawasan tengah ini disebabkan oleh kawasan Sulawesi yang dibatasi oleh laut yang dalam.

Persebaran Fauna di Indonesia Menurut Max Weber dan Wallace

Max Weber dan Wallace merupakan peneliti yang ahli flora dan fauna, dan mereka mengamati persebaran flora dan fauna di Indonesia sebagai berikut.

Jenis Fauna Indonesia Bagian Barat

Fauna Indonesia Bagian Barat terletak di Pulau Sumatra, Jawa dan Kalimantan yang bercorakkan Asia. Contoh hewan yang berkembang di kawasan ini seperti harimau, gajah, orang utan, badak dan lain lain.

Jenis Fauna Indonesia Bagian Timur

Fauna Indonesia Bagian timur bercorakkan Australia dimana fauna ini menyeberang air laut hingga datang ke Indonesua bagian timur, contoh fauna jenis ini seperti cendrawasih dan kanguru.

Jenis Fauna Indonesia Bagian Tengah

Fauna Indonesia Bagian Tengah bisa disebut sebagai daerah peralihan yang terletak di daerah Sulawesi, yang memiliki corak yang tidak ada di Indonesia Bagian Timur dan Barat. Penyebabnya dikarenakan pada zaman es di laut sekitar Pulau Sulawesi, lautnya tidak kering tetapi tergenang bagaikan danau. Contoh fauna yang berkembang di daerah ini seperti komodo, babi, rusa anoa dan kera hidung panjang.

Penutup

Itulah tadi materi tentang persebaran fauna di Indonesia lengkap dengan jenis, penjelasan dan contoh masing masing. Anda juga dapat mempelajari tentang persebaran flora di Indonesia untuk menambah wawasan lebih mengenai persebaran flora maupun faunda di Indonesia.