Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Persamaan Linier

1 min read

Persamaan Linier

Hai sahabat Jev Edukasi Online ? kali ini kami akan membahas mengenai persamaan linier baik pengertian maupun cara mengerjakannya. Untuk mengerjakan soal matematika mengenai bab persamaan linier yang perlu Anda ketahui dan mengerti adalah rumusnya.

Persamaan Linier

Persamaan linear dengan satu variabel merupakan bentuk persamaan dengan bentuk yang paling sederhana. Rumus ini banyak dimanfaatkan untuk menyelesaikan persoalan di kehidupan sehari-hari yang memiliki satu buah variabel saja. SPLSV merupakan singkatan dari sistem persamaan linear yang memiliki satu buah variabel dengan pangkat berorde satu.

Cara Mengerjakan Persamaan Linear dengan Satu Variabel

Persamaan ini memiliki rumus umum berupa 0= ax +b. Besaran x merupakan variabel yang memiliki pangkat berorde satu. Sementara a dan juga b merupakan konstanta dengan nilai berupa bilangan bulat selain 0. Contoh SPLSV adalah 2x + 4 = 0, 3x + 9 = 0, 2x + 8 = 0 dan seterusnya.

Untuk menyelesaikan suatu sistem persamaan berbentuk linear dengan satu variabel cukup mudah. Terutama karena Anda tidak harus mengetahui nilai dari salah satu variabelnya ataupun memiliki persamaan yang lain untuk menyelesaikannya.

  1. Setiap operasi yang ada harus disederhanakan terlebih dahulu agar dapat dihitung dengan mudah. Penyederhanaan juga berlaku untuk jenis operasi berbentuk pemfaktoran atau yang bertanda kurung.
  2. Apabila terdapat suku dengan variabel yang sama maka suku ini harus dijumlahkan terlebih dulu dalam satu ruas
  3. Kedua ruas dapat dioperasikan terlebih dahulu dengan operasi pengurangan apabila terdapat operasi penjumlahan di salah satu ruasnya. Hal ini juga berlaku sebaliknya. Misalnya adalah untuk SPLSV dengan bentuk 5x +20 = 50 maka disederhanakan dengan cara memindahkan nilai 50 ke ruas sebelah kiri menjadi:
    5x +20 -50 = 0
    5x -30 = 0
  4. Jika pada persamaan tersebut memiliki operasi dengan bentuk perkalian, maka pada kedua ruasnya harus dioperasikan dengan bentuk pembagian yang memiliki besaran yang sama selama bukan bernilai nol. Hal yang sama juga berlaku apabila kedua ruas memiliki operasi berbentuk pembagian.
  5. Operasi berbentuk pengurangan dan penjumlahan harus dikerjakan pertama sebelum operasi pembagian serta perkalian.

Penutup

Sistem persamaan ini banyak digunakan untuk menghitung satu buah variabel yang belum diketahui nilainya. Selain sistem persamaan linear dengan satu variabel, masih ada pula persamaan dengan dua variabel dan juga tiga variabel yang umum digunakan.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Bilangan Biner

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read

Bangun Datar

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read