Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Persamaan Garis Lurus

1 min read

Persamaan Garis Lurus 1

Anda mungkin pernah mendengar istilah persamaan garis lurus. Persamaan untuk garis lurus sendiri dibuat apabila ada suatu perubahan yang terjadi secara bertahap dan perubahan tersebut memiliki besaran yang tetap dari waktu ke waktu.

Persamaan Garis Lurus

Jika digambarkan dalam suatu bidang kartesius, maka persamaan untuk garis lurus akan membentu suatu kurva dengan bentuk linear. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai materi matematika persamaan garis lurus baik bentuk umum maupun contoh soal dan penerapannya.

Bentuk Umum untuk Persamaan Garis Lurus

Apabila suatu persamaan digambarkan pada suatu bidang kartesius dapat akan menghasilkan kurva yang membentuk garis lurus, maka persamaan tersebut merupakan persamaan dari garis lurus. Persamaan untuk garis lurus ini memiliki bentuk umum yang dapat dituliskan sebagai berikut:

y = mx + c

Dimana y dan x merupakan variabel, m merupakan gradien atau kemiringan dari garis, dan c adalah konstanta yang memiliki nilai tetap. Contoh dari bentuk umum ini adalah seperti berikut:

2y = 3x +6
2y – 3x = 6
2y – 3x – 6 = 0

Jika dilihat dari contoh di atas maka susunan dari bentuk persamaan umum garis lurus tersebut dapat diubah atau dipindahkan ke kanan sama dengan “=” ataupun ke sebelah kirinya. Untuk dapat membuat suatu persamaan bagi garis lurus salah satunya adalah apabila Anda mengetahui gradien atau kemiringan garis dan juga satu buah titik yang dilalui garis tersebut pada bidang kartesius.

Cara Membentuk Persamaan Garis Lurus jika Diketahui Gradien Garis

Apabila Anda mengetahui nilai gradien garis dan juga satu buah titik (x1, y1) yang dilalui oleh garis pada bidang kartesius, maka Anda bisa menentukan persamaannya sebagai berikut:

y–y1 = m(x-x1)

Misalkan titik (x1, y1) yang dilalui oleh garis ada di (2, 3) dengan kemiringan garis 2, maka persamaan dari garis lurus yang dapat dibentuk adalah:

y–y1 = m(x-x1)
y-(3) = 2(x-2)
y-3 = 2x – 4
y = 2x – 1

Ciri utama dari persamaan untuk garis lurus ini tidak terletak pada susunannya namun lebih kepada jumlah pangkat yang dimiliki oleh variabelnya. Pada persamaan untuk garis lurus, maka setiap variabel hanya memiliki pangkat berorde satu sebagai pangkat tertinggi.

Penutup

Itulah tadi penjelasan lengkap dan detai mengenai persamaan garis lurus dan semoga bisa bermanfaat buat Anda. Selain itu beberapa penjelasan dengan contoh soalnya bisa membantu sahabat Jev Edukasi Online untuk lebih memahami.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Limit Tak Hingga

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read

Turunan Trigonometri

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read

Deret Geometri

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read