Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Permintaan Dan Penawaran

2 min read

permintaan dan penawaran

Permintaan dan penawaran dalam ekonomi merupakan dua hal yang saling berhubungan satu sama lain. Kali ini Jev Edukasi Online akan membahas tentang materi ekonomi kelas X SMA dan MA Sederajat mengenai permintaan dan penawaran. Berikut ini pengertian, hukum, kurva dan macam macam dari permintaan dan penawaran.

Permintaan

Sebagai seorang siswa, kita membutuhkan berbagai alat tulis, seragam, sepatu dan lain lain sebagai kebutuhan kita sebagai siswa. Ketika Anda mampu untuk membeli beberapa kebutuhan tersebut maka Anda memiliki permintaan untuk list barang tersebut. Sehingga apa sih sebenernya pengertian dari permintaan itu sendiri?

Pengertian Permintaan

Permintaan atau demand adalah suatu jumlah produk yang dibutuhkan dan mampu untuk dibeli seseorang dengan berbagai kemungkinan harga dalam jangka waktu tertentu, contohnya dalam satu hari, seminggu, sebulan ataupun setahun.

Dari pengertian tersebut terdapat beberapa hal yang sangat penting untuk Anda ketahui dari permintaan atau demand ini:

  1. Semua yang diinginkan merupakan permintaan efektif, artinya permintaan yang diiringi dengan daya beli dan diimplementasikan.
  2. Kuantitas yang minta merupakan kuantitas yang diinginkan, contohnya ketika jumlah yang diminta sebanyak 6 buah, tidak mungkin yang diinginkan hanya 3 buah.
  3. Kuantitas yang diminta merupakan arus pembelian yang terus menerus sehingga permintaan dinyatakan dalam satuan waktu, contohnya seperti 1 buah perhari, 30 buah perbulan atau 300 pertahun.

Hukum Permintaan

The Law Of Demand atau hukum permintaan berbunyi jika harga suatu barang naik, maka jumlah yang diminta akan turun, sedangkan jika barang turun maka kuantitas yang diminta akan naik. Mungkin dibenak Anda bertanya tanya, kenapa hal itu terjadi? Hal tersebut terjadi dikarenakan adanya efek substitusi dan pendapatan.

Kenapa ketika harga barang atau jasa turun, maka akan berdampak pada jumlah yang diminta akan bartambah? Anda masih ingat tentang materi sistem ekonomi tentang penyebab kelangkaan, itulah jawabannya. Meskipun barang atau jasa terjadi kelangkaan, namun akan selalu ada penggantinya atau substitusi.

Selain itu juga perubahan harga akan berdampak pada pendapatan yang diperoleh, contohnya ketika uang saku Anda sehari 10 ribu kemudian harga bakso biasnya 5 ribu turun menjadi 3 ribu, makan Anda akan bisa mendapatkan banyak barang yang bisa dibeli.

Macam Macam Permintaan

Berdasarkan jumlah pembeli, permintaan dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu individu dan pasar, berikut penjelasannya.

Pemintaan Individu

Pengertian permintaan individu atau pribadi yaitu suatu permintaan yang berasal dari individu terhadap suatu barang atau jasa.

Permintaan Pasar

Pengertian permintaan pasar ialah kumpulan dan jumlah permintaan sebagian atau semua individu.

Penawaran

Dalam teori ekonomi, penawaran sangat erat hubungannya dengan harga dan jumlah barang yang ditawarkan. Maka dari itu sangat penting Anda untuk mengetahui pengertian, hukum dan macam macam penawaran.

Pengertian Penawaran

Penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang ingin dijual pada waktu dan harga tertentu.

Hukum Penawaran

Sedangkan hukum dari penawaran itu berbunyi jika harga suatu barang itu naik maka jumlah barang yang ditawarkan akan meningkat. Sehingga semakin rendah harga barang atau jasa maka kuantitas yang ditawarkan semakin sedikit, dan semakin tinggi harga barang atau jasa maka kuantitas yang ditawarkanpun semakin banyak.

Lalu timbul pertanyaan, apa sih yang menyebabkan seorang produsen menawarkan barang atau jasa jika harganya naik akan lebih banyak? Alasannya yaitu karena produsen berharap akan mendapatkan laba lebih banyak, dan hubungannya dengan ongkos kirim yang lebih rendah dibandingkan harga pasar.

Macam Macam Penawaran

Terdapat 2 macam atau jenis penawaran jika ditinjau dari jumlah barang yang ditawarkan yaitu individu dan pasar. Berikut ini penjelasan lengkap dari kedua macam – macam penawaran tersebut.

Penawaran Individu

Pengertian penawaran individu atau persorangan ini adalah jumlah barang yang akan dijual pada waktu dan harga tertentu oleh seorang produsen atau penjual.

Penawaran Pasar

Pengertian dari penawaran pasar yaitu jumlah keseluruan dari suatu barang yang akan dijual pada waktu dan harga tertentu oleh para produsen atau penjual.

Penutup

Itulah tadi materi lengkap Ekonomi IPS kelas X SMA atau MA sederajat mengenai permintaan dan penawaran. Penjelasan diatas sudah sangat lengkap yang membahas mengenai pengertian, hukum hingga macam macam dari permintaan dan penawaran. Agar Anda lebih menguasai materi ini, perbanyak untuk latihan banyak contoh soal tentang bab ini. Anda juga bisa belajar mengenai materi lanjutan dari bab ini yaitu tentang elastisitas permintaan dan penawaran.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Kebutuhan Manusia

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read