Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Permasalahan Ekonomi Makro

3 min read

permasalahan ekonomi

Permasalahan ekonomi (makro) menjadi masalah yang sangat sering dihadapi oleh berbagai negara, baik maju maupun sedang berkembang. Pada kesempatan yang sangat berbahagia ini Jev Edukasi Online akan memaparkan berbagi permasalahan ekonomi secara umum yang dihadapi oleh setiap negara dan permasalahan ekonomi di Indonesia.

Daftar MATERI  Teori Ekonomi

Permasalahan Ekonomi Makro

Seperti yang pernah kita pada bab sebelumnya mengenai teori ekonomi makro atau kegiatan perekonomian secara keseluruhan. Didalam teori ekomomi makro yang mempelajari sebab dan cara mengatasi suatu permasalahan ekonomi. Kali ini kami akan memaparkan permasalahan ekonomi makro secara umum disetiap negara dan permasalahan ekonomi yang terjadi di Indonesia.

Permasalahan Ekonomi Setiap Negara di Dunia

Berikut ini beberapa contoh permasalahan ekonomi secara umum yang dihadapi oleh setiap negara di Dunia.

Masalah Pengangguran

Salah satu modal utama untuk berputarnya roda pembangunan yaitu SDM atau Sumber Daya Manusia. Jumlah pertumbuhan penduduk yang terus meningkat, berdampak bertambahnya jumlah tenaga kerja pula. Semakin bertambahnya angkatan tenaga kerja yang begitu cepat, jika tidak diikuti dengan pertumbuhan kesempatan kerja akan berdampak kepada angka pengangguran yang meningkat. Pengangguran ini merupakan gambaran seseorang yang sudah masuk usia kerja dan ingin untuk bekerja namun berlum memiliki kesempatan untuk bekerja.

Masalah Inflasi

Pengertian inflasi pada umumnya yaitu suatu gejala ekonomi berupa kenaikan harga secara umum, seperti kenaikan BBM. Dampak adanya kenaikan BBM akan berimbas pada banyak sektor seperti harga pangan, harga bahan bangunan dll. Namun jika hanya beberapa item saja yang mengalami kenaikan belum bisa disebut sebagai inflasi, seperti naiknya harga cabai dan bawang merah. Masalah inflasi ini sering menimpa semua negara baik negara yang sedang berkembang hingga negara yang sudah maju.

Jenis Inflasi terbagi menjadi 4 jenis yaitu rendah (1-9% pertahun), sedang (1-29%pertahun), tinggi (30-99% pertahun) dan sangat tinggi (100% atau lebih pertahun). Namun terkadang inflasi itu dibutuhkan untuk memicu pertumbuhan penawaran agregat, dengan naiknya harga dapat memacu produsen meningkatkan output.

Masalah Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi adalah proses berkembangnya kegiatan ekonomi yang dapat menyebabkan naiknya jumlah produksi barang maupun jasa sehingga kemakmuran masyarakat semakin lebih baik. Masalah pertumbuhan ekonomi menjadi suatu masalah yang hampir dialami oleh berbagai negara di dunia karena masalah ini merupakan jangka panjang.

Setiap tahun atau periode, kemampuan suatu negara untuk memproduksi barang atau jasa akan terus bertambah.  Kemampuan meningkatkan hasil produksi tersebut disebabkan oleh faktor produksi baik yang kualitas maupun kuantitas. Nah saat proses memperbaiki hasil produksi tersebut berdampak pada kenaikan investasi dan SDM baik segi pendidikan, pengalaman maupun ketrampilan.

Masalah Neraca Perdagangan dan Neraca Pembayaran

Neraca perdagangan adalah neraca yang berisikan penerimaan nilai ekspor suatu negara dan pembayaran nilai impor negara tersebut. Didalam kegiatan perekonomian terbuka sangat tidak lepas dengan adanya perdagangan luar negeri karena hal tersebut salah satu bagian penting bagi suatu negara.Salah satu bentuk perdagangan antar negara ini dibuktikan dengan adanya kegiatan ekspor maupun impor, dimana kegiatan tersebut bisa memberika pengaruh yang besar bagi perutumbuhan ekonomi negara.

Neraca pembayaran meliputi lalu lintas pembayaran dari dan ke luar negeri yang berasal dari ekspor dan impor. Selain itu juga neraca pembayaran berasal dari lalu lintas pembayaran dari dan ke luar negeri yang berasal dari penenaman modal luar dan dalam negeri.

Daftar MATERI  Teori Ekonomi

Permasalahan Ekonomi di Indonesia

Seperti yang kita bahas diatas mengenai permasalahan ekonomi secara umum yang dihadapi oleh setiap negara di dunia, kali ini kita bahas secara spesifik yang dihadapi oleh pemerintan Indonesia. Berikut ini permasalahan ekonomi yang dihadapi oleh pemerintah Indonesia.

Masalah Pengangguran

Ketenagakerjaan di menjadi masalah klasik di Indonesia, kelebihan angkatan kerja namun perusahaan masih kesulitan mencari tenaga kerja yang trampil dan produktif. Sehingga yang terjadi banyaknya angkatan kerja yang menganggur karena tidak diimbangi oleh ketrampilan dan produktifitas tersebut.

Masalah Inflasi

Pengendalian inflasi sangat penting bisa dilakukan oleh pemerintah agar tidak tinggi dan masih dalam kondisi yang stabil. Karena inflasi yang tinggi dapat berdampak pada pendapatan masyarakat menurun sehingga standar hidup pun menurun juga. Sedangkan inflasi yang tidak stabil dapat berdampak pada dunia industri dalam mengambil keputusan karena penuh dengan ketidakpastian.

Masalah Kurs

Sama seperti inflasi, ketidak stabilan kurs atau nilai tukar mata uang asing menjadi masalah klasik di Indonesia. Hal ini dapat menganggu roda perekonomian Indonesia karena pelaku ekonomi kesulitan dalam mengambil suatu keputusan stategis ekonominya.

Masalah Pertumbuhan Ekonomi

Pemerintah berupaya untuk menciptakan iklim yang dapat memacu pertumbuhan ekonomi namun masih terdapat masalah salah satunya terbatasnya kombinasi produksi. Contoh yang terjadi seperti pemerintah ingin membuat program swasembada beran, namun tidak didukung dengan produksi pengganti beras sehingga Indonesia akan selalu kekurangan produk beras tersebut.

Masalah Kemiskinan

Kemiskinan di Indonesia menjadi masalah yang berlarut-larut, banyak hal yang menyebabkan masalah ini tidak kunjung usai seperti jumlah penduduk yang besar, angka pengangguran yang tinggi, terbatasnya SDM dan modal, tingginya inflasi dll. Banyak hal yang membuat Indonesia tidak kunjung usai dalam menghadapi masalah yang satu ini kemiskinan.

Penutup

Itulah tadi materi mengenai permasalahan ekonomi makro secara umum yang dihadapi oleh setiap negara di dunia lengkap. Selain itu juga sudah kami paparkan juga secara spesifik permasalahan ekonomi yang dihadapi oleh pemerintah Indonesia saat ini lengkap dengan penjelasan dan uraiannya.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Teknik Pengumpulan Data

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read

Nilai Sosial

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read

Kegiatan Konsumsi

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read