Menu
Media Informasi Keuangan

Perang Dagang: Huawei Pulangkan Pegawainya yang Berasal dari Amerika

  • Bagikan

KABARIN.CO.ID – Huawei dikabarkan telah melakukan pemulangan terhadap beberapa pegawainya yang berasal dari Amerika Serikat (AS) sejak dua pekan yang lalu. Hal tersebut terjadi karena perang dagang antara AS – China yang belum menemukan titik terang. Rapat teknis dengan mitra dari Amerika juga belum dilaksanakan.

Kebijakan yang dilakukan oleh Huawei tersebut merupakan respons balik terkait meningkatnya ketegangan antara AS dan China soal perang dagang dan keamanan nasional dimana Huawei yang menjadi salah satu perusahaan raksasa China menjadi target utamanya.

MenurutDang Wenshuan, Chief Strategy Architect Huawei, para pegawai yang berasal dari AS dan menempati divisi riset dan pengembangan di markas Huawei, Kota Shenzhen, China sudah dipulangkan kembali ke AS sejak dua minggu yang lalu. Ia menuturkan kepada tim Financial Times, seperti yang dikutip dari South China Morning Post.

Pemulangan karyawan kembali ke AS tersebut terjadi setelah pemerintah Amerika memasukan Huawei dan beberapa perusahaan afiliasi lainnya ke dalam Entity List. Pemerintah China pun memberlakukan jika perusahaan AS ingin menjual komponen mereka kepada Huawei, maka harus ada persetujuan dari pihak pemerintah.

Dampaknya langsung terjadi. Setelah Presiden Amerika, Donald Trump resmi menandatangani perintah eksekutifnya, sebuah workshop yang tengah berjalan di kantor Huawei rumornya langsung segera diberhentikan. Pihak Huawei langsung meminta warga negaraAS yang berpartisipasi untuk segera meninggalkan kantor Huawei.

Perusahaan Huawei juga dikabarkan telah membatasi karyawannya untuk berinteraksi dengan warga negara AS. Namun hal tersebut terkait pembicaraan topik-topik mengenai teknologi. Ia juga menuturkan bahwa hal tersebut dilakukan karena Huawei ingin tetap mentaati regulasi yang berlaku saat ini.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *