Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Penyebab Kelangkaan

2 min read

kelangkaan

Kelangkaan bisa terjadi kepada siapapun, dan dimanapun dengan suatu kondisi tertentu. Konsep kelangkaan berkaitan erat dengan kebutuhan manusia untuk menjalankan kehidupan ini. Kali ini Jev Edukasi Online akan membahas lengkap materi Ekonomi mengenai konsep kelangkaan beserta penyebab dan contohnya.

Daftar MATERI  Sistem Ekonomi

Kelangkaan

Kata langka atau kelangkann sangat tidak asing ditelinga yang sering dibuhungkan dengan keberadaan kehidupan hewan dan tumbuhan. Seperti hewan langka, tumbuhan langka, tidak menutup kemungkinan juga manusia akan bisa langka. Jadi apa sih pengertian yang sebenernya dari kata langka atau kelangkaan ini?

Pengertian Kelangkaan

Kelangkaan dapat diartikan sesuai dengan KBBI dan bisa lagi dalam ilmu ekonomi yang mengandung makna jarang ditemukan atau didapat jika menurut KBBI, sedangkan jika menurut ilmu ekonomi adalah suatu keadaan yang membuat tidak dapat atau sulitnya diperolehnya segala sesuatu yang diinginkan.

Contoh Kelangkaan

Kelangkaan dapat terjadi pada manusia dengan kondisi tertentu yang membuat sulitnya mendapatkan sesuatu tersebut. Contoh kelangkaan kami bagi menjadi 3 kategori yaitu kelangkaan SDA (Sumber Daya Alam), SDM (Sumber Daya Manusia) dan Ekonomi. Berikut ini penjelasan masing masing contoh kelangkaan yang dibagi  menjadi 3 kategori tersebut.

Kelangkaan SDA (Sumber Daya Alam)

Contoh kelangkaan Sumber Daya Alam ini yang sering kita temui dikehidupan sehari hari seperti jika musim kemarau di beberapa daerah akan mengalami langkahnya air bersih. Kelangkaan SDA lainnya seperti langkahnya minyak, fosfor, gas alam, tanah yang subur dan lain sebagainya.

Setiap peristiwa kelangkaan SDA itu ada penyebabnya, agar kelangkaan tersebut tidak terjadi ada upaya atau cara untuk mengatasinya. Cara mengatasinya juga berbeda beda tiap case atau peristiwa.

Kelangkaan SDM (Sumber Daya Manusia)

Contoh kelangkaan Sumber Daya Manusia ini lebih menyoroti kepada kualitas dan dampak yang terjadi. Dalam kehidupan sehari hari contoh kelangkaan SDM ini seperti rendahnya tingkat kesadaran tentang program KB sehingga berdampak pada meningkatnya populasi penduduk. Contoh kelangkaan sumber daya manusia lainnya seperti rendahnya kejujuran, kesadaran akan pendidikan, sopan santun dan lain sebagainya.

Jadi kelangkaan SDM ini lebih menyoroti kepada personaliti atau kualitas manusia itu sendiri sehingga akan berdampak pada sesuatu yang kurang baik. Terdapat upaya atau cara untuk mengatasi contoh kelangkaan SDM ini seperti program wajib belajar 12 tahun, sosialisasi KB dan lain sebagainya. Tentunya setiap case atau peristiwa kelangkaan SDM berbeda penanganinya.

Kelangkaan Ekonomi

Contoh kelangkaan ekonomi ini tentunya erat hubungannya dengan penghasilan atau harga kebutuhan untuk hidup. Dalam kehidupan sehari hari contoh kelangkaan ekonomi ini seperti naiknya harga kebutuhan pokok, minimnya modal untuk berwirausaha, minimnya lapangan pekerjaan dan sebagainya.

Setiap kejadian dan contoh kelangkaan ekonomi tentunya terdapat upaya tersendiri untuk menyelesaikannya dan salah satu caranya yaitu dengan mobilitas sosial.

Penyebab Kelangkaan

Setelah Anda mengetahui contoh diatas, Anda mungkin bertanya-tanya, sebenarnya apa penyebab kelangkaan itu bisa terjadi? Setidaknya terdapat 6 hal penyebab kelangkaan sebagai berikut ini.

Terbatasnya Jumlah Sumber Daya Alam

Faktor atau penyebab pertama kelangkaan adalah terbatasnya jumlah sumber daya alam, sehingga jika dieksploitasi lebih akan menjadi langkah. Melihat jauh ke belakang, sebelum manusia dilahirkan, alam telah menyediakan berbagai kebutuhan penting manusia. Namun dengan pertumbuhan populasi manusia yang semakin banyak dan ketersediaan alam yang tidak sebanding akan membuat kelangkaan terjadi.

Semakin banyaknya Sumber Daya Yang Rusak

Agar faktor produksi atau yang sering disebut dengan penghasil barang dan jasa dibutuhkannya sumber daya yang memadahi. Namun banyak terjadi peristiwa seperti bencana alam, tsunami, gunung meletus dan lain sebagainya yang dapat merusak sumber daya tersebut.

Terdapat juga penyebab rusaknya sumber daya akibat ulah manusia seperti penebangan hutan sembarangan, membuang sampah sembarangan yang berakibat banjir dan lain sebagainya.

Terbatasnya Kemampuan Manusia Dalam Mengolah Sumber Daya

Sumber daya yang tersedia kita ketahui bersama bahwa itu semua tersedia dengan kondisi mentah. Dibutuhkannya kemampuan ilmu dan kemajuan teknologi untuk memaksimalkan hasil dari sumber daya tersebut. Akibat tidak maksimalnya manusia dalam mengolah sumber daya bisa jadi hasil yang didapatkan cuma sedikit sedangkan pertumbuhan manusia semakin lama semakin meningkat.

Pertambahan Penduduk Yang Sangat Cepat

Penduduk bumi saat ini kurang lebih sekita 6 milyar orang entah apa yang terjadi dengan 5, 10, atau 100 tahun kedepan tentunya akan semakin bertambah. Apabila pertumbuhan penduduk yang sangat cepat ini tidak diimbangi dengan faktor produksi akan mengakibatkan kelangkaan.

Meningkatnya Kebutuhan Manusia

Faktor yang mempengaruhi bertumbuhnya kebutuhan manusia adalah meningkatnya jumlah penduduk dan pendapatan. Meningkatnya kebutuhan ini apabila tidak diimbangi dengan faktor produksi akan mengakibatkan kelangkaan barang dan jasa.

Kebutuhan Manusia Yang Beragam

Beragamnya kebutuhan manusia mengakibatkan butuhnya jumlah produksi yang banyak. Seperti yang kita ketahui setiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda seperti tas, bulpen, kopi, minyak tanah dan lain sebagainya. Beragamnya kebutuhan tersebut membuat kebutuhan bahan mentah dan kemampuan manusia untuk mengolahnya harus banyak juga agar tidak terjadi kelangkaan.

Penutup

Seperti uraian diatas materi Ekonomi mengenai penyebab kelangkaan bisa kita cegah atau upayakan agar tidak terjadi. Sekarang Anda sudah mengerti jugakan tentan pengertian dan contoh kelangkan dalam kehidupan sehari-hari.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Kebutuhan Manusia

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read

Pendapatan Nasional

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read