Categories: Warisan

Pengertian Mawaris Beserta Rukun Dan Aturan Dalam Islam

tempatpinjamuang-Mawaris yakni ilmu yang berhubungan dengan pembagian warga warisan menurut prinsip dan syariat Islam. Umumnya disebut juga dengan ilmu faraidh. Ilmu inilah yang digunakan untuk melaksanakan pembagian harta terhadap para cakap waris.

tempatpinjamuang-Memahami ilmu mawaris hukumnya yakni fardu kifayah. Artinya apabila ada yang sudah mempelajarinya maka gugurlah keharusan bagi yang lainnya. Akan tetapi, ketika ini makin sedikit orang yang mengetahui ilmu ini. 

tempatpinjamuang-Pentingnya pemahaman di balik ilmu mawaris berniat untuk bikin kedamaian di tengah-tengah keluarga. Tak jarang keluarga pecah bahkan sampai terjadi pertumpahan darah gara-gara pembagian warisan yang dianggap tidak adil.

tempatpinjamuang-Itulah mengapa ilmu tersebut disebut-sebut oleh baginda Nabi Muhammad SAW selaku separuh dari inti agama. Alasannya lantaran menurut Ibn Uyainah bahwa pembagian warisan ialah keniscayaan yang mau dihadapi oleh setiap manusia.

Rukun waris

Terdapat tiga pihak yang wajib terlibat di dalam rukun waris, yaitu:

  1. Pewaris
  2. Ahli Waris
  3. Tirkah

tempatpinjamuang-Pewaris (Al-muwaris) yakni pemilik harta warisan yang sudah meninggal dunia. Kemudian hartanya diwariskan terhadap cakap warisnya.

tempatpinjamuang-Ahli Waris (Al-Waris) yakni orang yang memiliki korelasi darah, korelasi perkawinan dengan pewaris (Al-muwaris), dan akhir memerdekakan budak.

tempatpinjamuang-Tirkah yakni harta warisan yang sudah dikurangi dengan biaya-biaya yang dikeluarkan untuk mengorganisir mayit pewaris serta solusi utang piutang terkait dengan pewaris.

Tentu saja idealnya, tiap pihak mesti juga mengetahui pemahaman mawaris biar terhindar dari kekeliruan dalam hak dan keharusan masing-masing.

Landasan aturan mawaris

tempatpinjamuang-Ilmu mawaris mengendalikan peralihan harta dari pewaris terhadap para cakap warisnya yang masih hidup. Dasar aturan ilmu ini menurut Al-Quran Surat An-Nisa Ayat (4) ayat 7 yang terjemahannya berbunyi:

“Bagi orang pria ada hak pecahan dari harta peninggalan ibu-bapa dan kerabatnya, dan bagi orang perempuan ada hak pecahan (pula) dari harta peninggalan ibu-bapa dan kerabatnya, baik sedikit atau banyak menurut bahagian yang sudah ditetapkan”.

tempatpinjamuang-Sedangkan ketentuan pembagian warisan menyerupai diterangkan dalam Al-Quran Surat An-Nisa (4) ayat 11-12. Dalam ayat tersebut diterangkan siapa pun dan berapa besar pecahan yang ditemukan oleh para cakap waris.  

Hal yang mesti dikenali dari ilmu mawaris

tempatpinjamuang-Ilmu mawaris belakangan dianggap selaku ilmu yang langka lantaran cuma sedikit yang masih mempelajarinya. Akan tetapi, eksistensi cakap mawaris sungguh diinginkan untuk menyingkir dari perpecahan dalam keluarga yang disebabkan oleh berebut harta warisan. Berikut beberapa ketentuan di dalam ilmu mawaris.

  1. Pembagian warisan dalam agama Islam ditangani secara adil.
  2. Pembagian warisan dalam agama Islam mengangkat derajat kaum wanita.
  3. Mawaris mengendalikan siapa pun yang berhak mendapat warisan atau yang tergolong selaku cakap waris.
  4. Mawaris juga mengendalikan siapa pun yang tidak berhak mendapat warisan menurut sebab-sebab tertentu, misalnya menyerupai pembunuh. Begitu juga orang yang murtad dari agama tidak berhak mendapat warisan.
  5. Mawaris juga menyebutkan beberapa kelompok yang menjadi cakap waris secara rinci.

tempatpinjamuang-Pembagian harta dalam ilmu mawaris memang berlainan dengan pembagian harga yang menurut aturan budpekerti maupun aturan perdata. Bagi umat Islam, diwajibkan untuk melaksanakan agamanya selaku bukti ketaatan terhadap perintah agama dengan membagikan warisan menurut syariat yang diatur.

tempatpinjamuang-Sedangkan bagi non muslim tidak diwajibkan menggunakan ilmu mawaris dalam pembagian harta. Di Indonesia pembagian harta warisan non muslim sanggup dituntaskan secara aturan lewat jalur perdata. 

tempatpinjamuang-Namun demikian, meski sudah ada landasan hukum warisan baik dari sisi agama maupun dari sisi hukum, beberapa penduduk di wilayah masih ada yang membagikan warisan menurut aturan adatnya masing-masing. 

Tags : , ,

Tags: Warisan
rizved al

Recent Posts

3 trik aman baca Chat WA Tanpa Diketahui Oleh Pengirimnya

Sampai saat ini, aplikasi WhatsApp masih menjadi raja layanan berkirim pesan secara online. Hal ini tentu saja karena berbagai fitur…

4 minggu ago

Kepala BKPM Bahlil: Gak Ada Tukang Palak di Investasi RI! – TPMNews

Jakarta, tpmnews - RI terus aktif menggaet investor di sektor industri hilir pertambangan, khususnya untuk mengembangkan industri baterai kendaraan listrik…

4 minggu ago

Jreng! Australia Kini Punya Senjata Nuklir, RI Kasih Respons – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI buka suara mengenai pembentukan AUKUS. Ini adalah aliansi pertahanan baru antara Amerika…

4 minggu ago

Siap-siap! KKP Atur Penangkapan Terukur Mulai 1 Januari 2022 – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Pemerintah akan mengeluarkan aturan baru mengenai kuota penangkapan ikan. Nantinya ikan yang ditangkap akan diatur jumlahnya hingga…

4 minggu ago

Murah di Inggris, Brompton Ini Tembus Rp 40 Juta di RI – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Harga sepeda Brompton saat ini dibanderol mulai dari Rp 30 jutaan. Harga ini turun dari tahun lalu…

4 minggu ago

Strategi BKMS Kelola 5 Kluster Bisnis di KEK Gresik JIIPE – TPMNews

Jakarta, tpmnews- Direktur Utama PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), Bambang Setiono menyambut positif penetapan Kawasan Integrated Industrial Port Estate…

4 minggu ago