Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Pendapatan Nasional

3 min read

pendapatan nasional

Pendapatan nasional suatu negara salah satu ukuran yang dapat menilai dan menerikan gambaran perkembangan ekonomi di suatu negara. Selain itu juga melalui pendapatan nasional juga dapat menjelaskan mengenai struktur ekonomi di suatu negara. Jev Edukasi Online kali ini akan menjelaskan dan memaparkan mengenai pengertian dan komponen pendapatan nasional.

Daftar MATERI  Pendapatan Nasional

Pendapatan Nasional

pengertian pendapatan nasional

Pengertian pendapatan nasional adalah semua jumlah nilai barang dan jasa yang dihasilkan suatu negara dalam masa satu tahun dari semua sektor ekonomi. Selain itu juga pendapatan nasional bisa diartikan sebagai balas jasa yang diterima oleh suatu golongan masyarakat yang ikut serta dalam produksi barang dan jasa.

Komponen Pendapatan Nasional

Dari angka pendapatan nasional kita dapat dahu mengenai pendapatan per kapitan dan pertumbuhan ekonomi rill, sehingga angka tersebut memberikan ukuran turunan atau derived measur. Dalam menghitung konsep pendapatan nasional, dibutuhkan komponen untuk menghitungnya, berikut ini 8 komponen pendapatan nasional.

Produk Domestik Bruto

Pengertian produk domestik bruto atau Gross Domestic Product (GDP) adalah nilai total produksi barang dan jasa akhir perekonomian didalam suatu wilayah atau negara dalam kurun waktu tertentu biasanya 1 tahun. Komponen ini desebut Gross karena nilai tersebut belum dikurangi penyusutan dan alasan disebut Domestic karena dalam batasan suatu wilayah negara sedangkan Product karena dihitung produksi barang dan jasa.

Sehingga peran tenaga kerja terhadap pendapatan nasional ini cukup besar sebagai sumber pendapatan negara pada komponen ini dan orang atau usaha asing juga yang bekerja di Indonesia.

Produk Nasional Bruto

Pengertian produk nasional bruto atau Gross National Product (GNP) adalah penjumlahan dari semua barang dan jasa akhir yang diproduksi oleh suatu negara, baik diproduksi di dalam maupun luar negeri.  Jika terjadi produksi yang dilakukan oleh badan usaha asing di Indonesia maka pendapatannya harus dikurangi dengan pendapatan nasional.

Jadi Produk Nasional Bruto ini sangat penting karena merupakan salah satu indikator atau komponen yang mengandung statistik informasi terkait semua aktivitas perekonomian baik kecil maupun besar.

Produk Nasional Neto

Pengertian produk nasional neto atau Nett National Product (NNP) adalah GNP atau produk nasional bruto yang dikurangi dengan penyusutan modal atau capital consumption allowances. Arti penyusutan ini yaitu semua nilai kerusakan peralatan produksi atau modal barang yang terpakai saat proses produksi.

Rumus Produk Nasional Neto

Rumus Produk Nasional Neto

GNP diketahui sebesar 10 Miliar sedangkan penyusutannya dihitung sebesar 1 Miliar. Berapakah NNP atau Produk Nasional Netonya ? Contoh perhitungan :

Jadi = 10 Miliar – 1 Miliar = 9 Miliar

Produk Domestik Regional Bruto

Pengertian PDRB atau Produk Domestik Regional Bruto adalah jumlah nilai tambah barang dan jasa akhir dalam kurun waktu  satu tahun yang dihasilkan oleh keseluruh unit usaha di suatu daerah. PDRB ini merupakan salah satu indikator atau komponen ekonomi yang digunakan oleh suatu daerah dalam ruang lingkup kabupaten atau kota untuk mengevaluasi hasil pembangunan.

Definisi produk domestik regional bruto ini merupakan jumlah bruto yang dihasilkan oleh suatu daerah dalam satu tahun, sedangkan kalau jumlah neto itu namanya Produk Domestik Regional Neto atau PDRN. Perbedaan antara neto dan bruto ini terletak pada penyusutan, kalau bruto masih mengandung penyusutan sedangkan neto sudah dikurangi penyusutan.

Metode atau Cara Menghitung PDRB

Terdapat dua metode atau cara dalam menghitung PDRB yaitu atas dasar harga berlaku dan konstan. Cara menghitung PDRB suatu daerah atas dasar harga berlaku pada umumnya menggunakan metode langsung dan tidak langsung. Menghitung dengan metode langsung dapat dilakukan dengan 3 pendekatan antara lain yaitu pendekatan produksi, pendapatan dan pengeluaran.

Sedangkan cara menghitung produk domestik regional bruto atas dasar harga konstan ini yaitu dengan mengalikan volume produksi dengan dengan harga pada tahun dasar. Cara perhitungan ini sangat bermanfaat untuk merencanakan ekonomi secara keseluruhan atau sektoral. Selain itu juga produk per kapita yang dihasilkan bisa juga digunakan sebagai indikator untuk menggambarkan kemajuan atau kemunduran tingkat kemakmuran ekonomi suatu daerah tiap tahunnya. Metode atas dasar harga kontan ini bisa menggunakan beberapa metode seperti revaluasi, ekstrapolasi, deflasi, dan deflasi berganda.

Pendapatan Nasional Neto

Pengertian pendapatan nasional neto atau Net National Income (NNI) adalah semua pendapatan yang bersumber dari anggota masyarakat dikarenakan memiliki faktor dan ikut serta dalam proses produksi. Contoh unsur yang dihitung dalam perhitungan pendapatan nasional neto dari anggota masyarakat ini seperti bunga atas modal, sewa tanah, gaji tenaga kerja, hingga laba dari wiraswasta.

Pajak dibedakan ada yang langsung dan tidak langsung, kalau langsung itu bebannya tidak dibebankan pada orang lain sedangkan tidak langsung itu dialihkan kepada pihak lain. Pengaruh penurunan tarif pajak terhadap pendapatan nasional tentunya sangat berpengaruh terhadap nilai akhir NNI atau Pendapatan Nasional Neto.

Rumus Pendapatan Nasional Neto

NNI (Net National Income) adalah NNP yang setelah dikurang pajak tidak langsung dan subsidi.

Rumus Pendapatan Nasional Neto

Contoh perhitungan :

Diketahui NNP sebesar 9 Miliar sedangkan pajak tidak langsungnya sebesar 1 Miliar dan Subsidi sebesar 0 rupiah, berapakah nilai NNI?

Jadi: 9 Miliar – ( 1 Miliar+ 0) = 8 Miliar

Personal Income

Pengertian personal income atau pendapatan perorangan adalah total jumlah pendapatan tiap orang yang diterima karena ikut serta dalam proses produksi ataupun tanpa memberikan suatu kegiatan apapun. Contoh personal income ini seperti transfer payment atau pembayaran yang dilakukan pemerintah seperti dana pensiun, bunga hingga tunjangan veteran.

Cara menghitung personal income (PI) yaitu NNI dikurangi :

  1. Pajak laba perusahaan/perseorangan
  2. Laba yang tidak dibayar
  3. Iuran hari tua
  4. Dana pensiun

Disposable Income

Pengertian disposable income (DI) adalah pendapatan yang siap untuk digunakan membeli barang dan jasa, semisal ada lebihnya bisa sebagai tabungan. Disposable Income sama dengan Personal Income dikurangi dengan pajak langsung seperti pajak penghasilan dll.

DI=PI – Pajak Langsung

Pendapatan Per Kapita

Pengertian pendapatan per kapita adalah suatu ukuran tingkat kemakmuran suatu negara yang didapatkan dari pembagian antara jumlah pendapatan nasional dengan jumlah penduduk keseluruhan (pendapatan per kepala).

Contoh simplenya menghitung pendapatan per kapita ini, kami contohkan Pak Roni tiap tahunnya berpenghasilan senilai 70 Juta sedangkan Pak Yusron 130 Juta. Berapakah pendapatan per kapita keduanya ? (70 + 130) : 2 = 100 Juta

Sudah tergambarkan mengenai cara perhitungan pendapatan perkapita, dari contoh tersebut dapat kita simpulkan jika semakin tinggi tingkat pendapatan penduduk, maka tingkat kemakmurannya juga tinggi. Namun, jika angka penduduk itu tinggi dan pendapatannya rendah maka pendapatan per kapitanya juga rendah.  Jadi penyebab naik dan turunnya pendapatan per kapita itu bergantung dengan jumlah pendapatan dan jumlah penduduk secara keseluruhan.

Daftar MATERI  Pendapatan Nasional

Contoh Latihan Soal

Setelah Anda mempelajari materi pendapatan nasional beserta 8 komponen untuk menghitungnya. Berikut ini kami sajikan contoh latihan soal pilihan ganda yang bisa Anda jadikan bahan latihan dan menguji kemampuan maupun pemahaman Anda tentang materi pendapatan nasional ini.

  1. Dalam berapa lama jangka waktu pendapatan nasional dihitung?
    A3 Bulan
    B6 Bulan
    C12 Bulan
    D24 Bulan
    E36 Bulan
  1. Disebut apakah nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan dalam jangka waktu 1 tahun oleh masyarakat?
    AKonsumsi Nasional
    BProduksi Nasional Bruto
    CPendapatan Perorangan
    DDisposable Income
    EPendapatan Nasional

Penutup

Itulah tadi materi lengkap mengenai pendapatan nasional beserta 8 komponen atau indikator dalam mengidentifikasinya. Terdapat 8 komponen diatas yang mempengaruhi pendapatan nasional yang perlu Anda ketahui dan fahami lengkap dengan cara menghitungnya atau rumus.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Penyebab Kelangkaan

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read

Kebutuhan Manusia

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read