Menu
Media Informasi Keuangan

Patokan Wajib Yang Mesti Disiapkan Sebelum Mendaftar Cpns 2018

- Tak Berkategori
  • Bagikan
Penerimaan calon pegawai negeri sipil tahun anggaran Persyaratan Wajib Yang Harus Disiapkan Sebelum Mendaftar CPNS 2018

– Penerimaan kandidat pegawai negeri sipil tahun budget 2018 yang diumumkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada siaran pers tanggal 6 September 2018 ialah berjumlah 238.015 kursi yang terdiri dari 51.271 instansi pusat (76 kementerian/lembaga) dan 186.744 (525 instansi kawasan). Pendaftarannya sendiri akan dibuka pada tanggal 19 September 2018 dan dikerjakan secara terintegrasi lewat portal nasional via http://sscn.bkn.go.id dan tidak ada registrasi melalui portal berdikari oleh instansi.

Untuk penerimaan CPNS tahun 2018 ini dijadwalkan akan dilakukan di 176 titik lokasi yang berisikan kantor BKN Pusat, 14 Kantor Regional BKN dan 14 Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKN yang tersebar di seluruh daerah Indonesia, kemudahan berdikari dan koordinasi dengan Pemda.

Sebelum mengikuti seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil tentunya ada tolok ukur-standar yang wajib disiapkan. Persyaratan Wajib Yang Harus Disiapkan Sebelum Mendaftar CPNS 2018 adalah selaku berikut:

Ijazah Asli


Ketika mendaftar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil, salah satu berkas yang wajib disiapkan ialah Ijazah Asli. Biasanya ijazah yang digunakan yaitu ijazah terakhir pendidikan, namun tidak salah juga jikalau merencanakan ijazah asli dari tingkat SD (SD), SMP (SMP), Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMA / SMK), Diploma, Sarjana dan Pasca Sarjana.

Berkas ijazah ini digunakan pada ketika pendaftaran di situs SSCN.BKN.GO.ID atau situs kementrian terkait, yang dibutuhkan hanyalah soft file atau hasil scan ijazah dalam format PDF. Namun pada saat pengambilan Tanda Peserta Ujian (TPU), wajib membawa berkas asli Ijazah (bukan fotokopi atau legalisir ijazah)

Transkrip Nilai Asli


Selain ijazah orisinil, yang harus disiapkan juga adalah Transkrip Nilai Asli dari pendidikan terakhir. Tidak berbeda dengan ijazah asli, berkas transkrip nilai ini dipakai juga pada dikala pendaftaraan di situs SSCN dan pada dikala pengambilan Tanda Peserta Ujian (TPU). Makara sebelum mengikuti seleksi CPNS, wajib siapkan transkrip nilai yang asli (bukan fotokopi atau legalisir) dan dalam bentuk soft file atau hasil scan dalam bentuk format PDF.

Kartu Tanda Penduduk atau Surat Keterangan sudah melaksanakan Rekaman Kependudukan


KTP atau Surat Keterangan sudah melakukan Rekaman Kependudukan telah niscaya disiapkan baik Aslinya atau dalam bentuk soft file (format JPG atau PDF).

Pas Photo modern dengan latar belakang merah


Sebelum mengikuti seleksi penerimaan CPNS selalu siapkan pas photo modern dengan latar belakang merah.

Surat Keterangan Domisili


Surat ini diharapkan kalau daerah domisili (registrasi) tidak cocok dengan kawasan/domisili.

Surat Keterangan Akreditasi dari BAN PT


Surat ini dipakai apabila kementerian/lembaga yang Anda daftar mensyaratkan pengukuhan tertentu untuk bisa mendaftar. Surat ini mampu didapatkan dari kantor akademik kampus/universitas Anda.

Untuk isu pelengkap untuk tahapan seleksi dan pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil ada beberapa tahap yang harus dilalui, antara lain:

  1. Seleksi Administrasi
  2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) memakai Computer Assisted Test (CAT)
  3. Psikotes Online
  4. Tes Kesehatan dan Wawancara
Demikian postingan perihal Persyaratan Wajib yang mesti Disiapkan Sebelum Mendaftar CPNS 2018, biar postingan ini mampu menolong Anda dan semoga sukses.
Sumber: Siaran Pers BKN
  • Bagikan