Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Pasar Oligopoli

1 min read

pasar oligopoli

Pada kesempatan kali ini Jev Edukasi Online akan mengulas secara lengkap mengenai salah satu bentuk pasar yaitu Pasar Oligopoli. Sebelumnya pada materi struktur pasar sudah pernah kami jelaskan namun tidak secara mendetail dan mendalam hanya sekilas saja. Namun, pada kesempatan kali ini Jev Edukasi Online akan membahasnya lebih detail dari pengertian, ciri utama, kebaikan, kebutukan, hingga contoh pasar Oligopoli.

Daftar MATERI  Struktur Pasar

Pasar Oligopoli

Seperti yang pernah kami sampaikan sebelumnya, dibenak Anda ketika mau membeli kartu perdana akan mempertimbangkan beberapa merk. Hal tersebut dikarenakan jika mau telfon GSM dengan perdana lain akan dikenakan biaya yang berbeda dengan telfon sesama. Nah itu salah satu contoh real dari Oligopoli, nah sebenarnya apa sih pengertian dari pasar oligopoli itu sendiri?

Pengertian Pasar Oligopoli

Pasar Oligopoli adalah suatu struktur pasar dimana hanya sedikit perusahaan yang menjual produk identik satu sama lain dan perusahaan bebas menentukan harga produknya sendiri.

Ciri Utama Pasar Oligopoli

Dari uraian diatas, bisa kita tarik sebuah benang garis merah sebagai ciri penting atau utama dari pasar oligopoli. Berikut ini ada 2 ciri penting atau utama dari pasar oligopoli yang perlu Anda ketahui dan fahami.

  1. Terdapat sedikit penjual

Didalam pasar oligopoli hanya terdapat sedikit perusahaan yang menduan produk tertentu, namun sebuah kebijakan atau tindakan perusahaan akan mempengaruhi perusahaan lainnya.

  1. Terdapat halangan masuk

Pasar oligopoli juga terdapat halangan untuk masuk seperti pasar monopoli, tetapi tidak sekuat pasar monopoli.

Kebaikan Pasar Oligopoli

Pada pasar oligopoli hanya terdapat sedikit saja penjual dan produk yang dijual itu identik, semisal berbeda itu terletak pada kualitasnya. Dampak dari ini dapat menuntut produsen untuk menghasilkan produk yang terus lebih baik semisal tidak, konsumen akan berpaling ke perusahaan lainnya.

Keburukan Pasar Oligopoli

Pada pasar Oligopoli ini dimungkinkan antar perusahaan tersebut membuat harga yang telah disepakati, sehingga dimungkinkan konsumen bisa membayar lebih mahal dibandingkan jika tidak terjadi kesepakatan harga.

Contoh Pasar Oligopoli

Terdapat sedikit produsen yang menguasai pasar oligopoli, nah berikut ini contoh pasar oligopoli di indonesia yaitu perusahaan Indosat, Telkomsel dll yang menguasai pasar provider seluler. Dimana semisal indosat menurunkan harga atau promo untuk telfon sesama biasanya lahkah tersebut akan diikuti oleh perusahaan lainnya.

Penutup

Itulah tadi materi dari salah satu bentuk pasar Oligopoli, dan sudah kami uraikan secara lengkap diatas. Materi diatas kami uraikan dari pengertian, ciri utama, kebaikan, keburukan hingga contoh pasar oligopoli. Semoga artikel ini bisa membantu dan mencerahkan Anda, jika Anda masih kurang faham materi ini, perbanyak untuk latihan contoh soal.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Kebutuhan Manusia

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read

Pendapatan Nasional

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read