Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Pasar Monopoli

3 min read

pasar monopoli

Jev Edukasi Online kali ini akan membahas salah satu materi lanjutan dari struktur pasar yaitu tentang pasar monopoli. Didalam pasar monopoli banyak hal yang perlu Anda ketahui dan fahami karena kenapa kok bisa hanya ada 1 penjual yang menghadapi banyak pembeli. Nah, berikut ini kami ulas dari pengertian, alasan kenapa bisa hanya ada 1 penjual dengan banyak pembeli, ciri utama, kebaikan, keburukan, contoh hingga kebijakan pemerintah yang diperlukan dalam menghadapi pasar monopoli.

Daftar MATERI  Struktur Pasar

Pasar Monopoli

Sebelum kita membahas secara detail materi pasar monopoli ini, alangkah baiknya kita ulas kembali mengenai pengertian dari pasar monopoli.

Pengertian Pasar Monopoli

Pasar Monopoli adalah suatu pasar dimana hanya terdapat 1 penjual namun bisa melayani banyak pembeli atau permintaan yang sangat banyak dan produk yang dijual tidak memiliki substitusi.

Biasanya harga yang ditetapkan oleh perusahaan monopoli cenderung tinggi dan konsumenpun tidak ada pilihan lain untuk menerima harga yang sudah ditetapkan.

Mengapa Terjadi Pasar Monopoli?

Dibenak Anda munkin terdapat pertanyaan tersebut dimana, kok bisa hanya ada 1 perusahaan yang bisa melayani banyak pembeli atau permintaan. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak penjelasan beberapa poin lengkap berikut ini.

  1. Monopoli Sumber Daya

Jika suatu perusahaan berhasil menguasai suatu sumber daya yang menjadi kunci banyak orang, maka bisa terjadi pasar monopoli. Contoh yang terjadi suatu perusahaan menguasai sumber daya ini yaitu PT Freeport yang berhasil menguasai sumber daya emas dan tembaga.

  1. Monopoli Yang Diciptakan Oleh Pemerintah

Alasan bisa terjadinya pasar monopoli juga dikarenakan oleh suatu kebijakan pemerintah suatu negara atau kelompok tertentu. Contoh monopoli di Indonesia yang diakibatkan oleh kebijakan pemerintah yaitu menunjuk PT KAI sebagai penyedia jasa angkut dengan kereta api.

  1. Monopoli Alamiah

Jika dalam suatu pasar terdapat satu perusahaan tunggal yang mampu dan berhasil menyediakan jasa atau barang bagi seluruh pasar, maka monopoli alamiah bisa terjadi. Selain itu juga semisal mendirikan dua atau lebih perusahaan yang bergerak dibidang sama malah bisa membuat biaya yang lebih besar.

Ciri Utama Pasar Monopoli

Setelah Anda mengetahui dan memahami tentang pengertian dan alasan terjadinya suatu pasar monopoli, bisa kita tarik menjadi ciri utama atau penting. Berikut ini 3 ciri utama atau penting dari pasar monopoli yang perlu Anda ketahui dan fahami.

  1. Hanya terdapat satu atau penjual tunggal di pasar

Tidak ada produsen atau penjual lain selain pelaku monopoli tersebut, contohnya PT KAI yang menguasai perkereta  apian di Indonesia.

  1. Produk yang dihasilkan tidak memiliki substitusi.

Hal tersebut sudah pasti karena hanya perusahaan tersebut yang bisa dan mampu membuat produk atau jasa yang dibutuhkan oleh keseluruhan pasar.

  1. Terdapat Banyak Hambatan Memasuki Pasar

Ketika sudah ada perusahaan yang memonopoli suatu pasar, tentu terdapat banyak hambatan bagi perusahaan lain untuk masuk. Hambatan perusahaan baru yang ingin masuk dipasar yang sudah ada perusaan yang memonopoli antara lain seperti, biaya, harga jual dan paten atau hak cipta.

Kebaikan Monopoli

Anda sudah mengetahui beberapa ciri utama diatas, nah dari ciri tersebut terdapat beberapa kebaikan dari pasar monopoli, sebagai berikut ini.

  1. Efisiensi Produksi

Seperti yang kami jelaskan diatas dengan adanya perusahaan tunggal bisa membuat biaya produksi dan distribusi bisa lebih murah. Jadi monopoli alamiah bisa berdampak kepada efisiensi perusahaan dalam memproduksi barang atau jasa.

  1. Mendorong Terjadinya Inovasi

Dengan adanya pemberian paten atau hak cipta, bisa menjadi trigger untuk mendorong seseorang atau kelompok menjadi lebih inovasi. Banyak perusahaan yang mengaggarkan budgetnya untuk sebuah kegiatan riset atau penelitian terhadap suatu teknik produksi produk baru.

  1. Mengurangi Persaingan Yang Kurang Bermanfaat

Didalam suatu persaingan pasar tertentu bisa berdampak pada peningkatan biaya sehingga konsumen terpaksa membayar lebih mahal.

Keburukan Monopoli

Selain terdapat kebaikan terntunya pasar monopoli ini juga memiliki beberapa keburukan atau kekurangan, berikut ini.

  1. Penyalahgunaan Kekuatan Pasar

Monopoli ini terkadang cenderung bisa menyalahgunakan kekuatan pasar, dengan cara menetapkan harga yang tinggi untuk mencapai laba yang maksimal.

  1. Tingkat Produksi Yang Lebih Rendah

Yang terjadi pada monopoli ini bisa membuat tingkat produksi yang dihasilkan lebih rendah dibandingkan dengan pasar persaingan sempurna. Hal tersebut bisa merugikan konsumen yang tergantung dengan perusahaan monopoli selain itu juga mereka bisa menetapkan harga sesukanya.

  1. Mengurangi Kesejahteraan Konsumen

Harga yang tinggi dan cenderung bisa dipermainkan oleh pelaku monopoli, membuat berkurangnya kesejahteraan konsumen yang bergantung dengan mereka.

  1. Ketidakadilan

Dari ketiga keburukan diatas bisa kita simpulkan jika kita pada sudut pandang negatif yaitu ketidakadilan.

Kebijakan Pemerintah Terhadap Monopoli

Untuk mengurangi akibat negatif yang ditimbulkan oleh monopolis ini diperlukannya kebijakan pemerintah yang bisa meminimalisir dan menanggulangi hal negatif tersebut. Untuk menanggulangi sisi negatif, pemerintah perlu melakukan 3 hal berikut ini seperti peningkatan kompetisi, regulasi hingga mengubah bentuk perusahaan monopoli.

Contoh Pasar Monopoli

Di Indonesia terdapat beberapa contoh perusahaan yang memegang suatu sekup pasar tertentu, antara lain:

  1. PT KAI, perusahaan tersebut memegang peran disektor perkereta apian di Indonesia
  2. PT PLN, diamana perasahaan tersebut memegang peran disektor kelistrikan di Indonesia
  3. PDAM, yang memegang peran untuk penyaluran air bersih di Indonesia

Penutup

Itulah tadi materi lengkap mengenai pasar monopoli yang sudah sangat lengkap kami menyajikannya. Kami sudah menyajikan dari pengertian, alasan terjadi, siri utama, kebaikan dan keburukan dari pasar monopoli. Selain itu juga terdapat cara yang bisa pemerintah tempuh untuk mengurangi atau meminimalisir sisi negatif yang diakibatkan oleh monopoli. Tak berhenti disitu juga, kami telah menguraikan contoh dari pasar monopoli di Indonesia.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Penyebab Kelangkaan

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read

Kebutuhan Manusia

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read