Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Pengertian, Unsur, Syarat & Jenis Paragraf

4 min read

Pengertian Paragraf

Hay sahabat Jev Edukasi Online, kali ini kami akan membahas tuntas materi Bahasa Indonesia tentang paragraf. Materi Paragraf Bahasa Indonesia ini untuk kurikulum SMP dan SMA sederajat dan semoga bermanfaat buat Anda. Berikut ini penjelasan mengenai pengertian, unsur, syarat, jenis hingga contoh nya lengkap.

Daftar MATERI  Jenis Paragraf

Paragraf

Penjelasan lengkap tentang materi mengenai paragraf didalam bahasa Indonesia bisa Anda baca dengan seksama berikut ini.

Pengertian Paragraf

Pengertian paragraf yaitu rangkaian sebuah kata yang membentuk suatu kalimat yang tersusun menjadi suatu rangkaian satu pokok bahasan. Suatu paragraf yang baik biasanya tersusun dari suatu kalimat yang runtut dengan gagasan pokok terdapat pada awal atau akhir. Sedangkan susunan kalimat pada paragraf seharusnya tersusun dengan susunan kata yang baik dan benar sesuai SPOK. SPOK yaitu singkatan dari Subjek, Prediket, Objek dan keterangan dimana susunan tersebut bisa fleksibel namun tertata dengan baik dan benar.

Unsur Unsur Paragraf

Pembentuk suatu paragraf yang baik dan benar terdapat 2 unsur penting yaitu gagasan utama dan penjelas. Berikut ini penjelasan lengkap tentang gagasan utama dan penjelas dari suatu paragraf yang baik dan benar.

Gagasan Utama

Pengertian gagasan utama yaitu suatu kalimat yang menjadi garis besar atau kesimpulan dari suatu paragraf. Gagasan utama biasanya terdapat pada awal atau akhir suatu paragraf dimana jika awal sebagai kesimpulan awal jika akhir sebagai kesimpulan akhir.

Contoh Gagasan Utama Suatu Paragraf

Pak Ronni adalah seorang mekanik mesin mobil sport yang terkenal di Indonesia. Beliau pernah diundang dan diwawancarai di berbagai acara TV Nasional karena berhasil menghebohkan dunia otomotif tanah air. Keberhasilan Pak Ronni menciptakan replikasi mobil sport seperti lamborghini, porsche, Ferrari dll membuat viral jagad sosial media tanah air. Permintaan pembuatan mobil sport replika datang dari berbagai daerah di tanah air.

Dari cuplikan suatu paragraf diatas bisa kita simpulkan jika suatu kesimpulan dan menjadi gagasan utama terletak pada awal.

Gagasan Penjelas

Pengertian dari gagasan penjelas merupakan kumpulan beberapa kalimat pendukung  untuk menjelaskan suatu keterangan dari gagasan utama sehingga terciptanya paragraf yang baik dan benar. Kalimat penjelas dari suatu paragraf biasanya berupa kutipan, ilustrasi, keterangan dan lain lain.

Contoh Gagasan Penjelas Suatu Paragraf

Yovie Widianto merupakan seorang maestro terkenal di jagat musik tanah air yang berhasil menciptakan berbagai lagu romantis untuk penyanyi terkenal. Prestasi seorang Yovie terbukti dengan berhasilnya mecinptakan puluhan lagu untuk berbagai penyanyi terkenal seperti Glenn Fredly, Kahitna, Yovie & Nuno dan lain sebagainya. Tak berhenti disitu seorang yovie juga sudah sering mewarnai pemenang panggung AMI Awards dari tahun ke tahun. Selain itu juga Yovie pernah dipercayai menjadi seorang juri di ajang kopetisi nyanyi bergengsi tanah air.

Cupilkan paragraf diatas bisa Anda analisa dan ketahui bahwasannya gagasan penjelas diatas menceritakan sebuah ilusutrasi dari gagasan utama yang terletak di awal yang terdiri dari :

  1. Prestasi seorang Yovie terbukti dengan berhasilnya mecinptakan puluhan lagu untuk berbagai penyanyi terkenal seperti Glenn Fredly, Kahitna, Yovie & Nuno dan lain sebagainya.
  2. Tak berhenti disitu seorang yovie juga sudah sering mewarnai pemenang panggung AMI Awards dari tahun ke tahun.
  3. Selain itu juga Yovie pernah dipercayai menjadi seorang juri di ajang kopetisi nyanyi bergengsi tanah air.

 Syarat Penyusunan Paragraf

Untuk terciptanya suatu paragraf yang baik dan benar ada beberapa syarat yang perlu Anda ketahui selain memperhatikan unsur diatas. Syarat dari penyusunan paragaraf yang baik dan benar yaitu memiliki korelasi antar kalimat sehingga ceritanya runtut. Untuk Syarat nya bisa kita bedakan menjadi dua yaitu Koheren atau kepaduan makna dan Kohesi atau kepaduan bentuk.

Koheren (Kepaduan Makna)

Untuk terciptanya suatu paragraf yang baik dan benar perlu adanya kepaduan makna, sedangkan kepaduan makna tersebut perlu adanya kekompakan antara gagasan utama dengan kalimat pendukungnya. Sehingga kalimat kalimat tersebut terjadi suatu hubungan timbal baik untuk membahas satu gagasan utama dari paragraf tersebut.

Kohesi (Kepaduan Bentuk)

Seperti yang kita ketahui sesuai penjelasan diatas jika kepaduan makna berhubungan dengan isi penjelasnya sedangkan kepaduan bentuk ini berhubungan dengan pemilihan katanya. Suatu paragraf mungkin bisa kita bilang padu terhadap maknanya tetapi belum tentu didukung dengan pemilihan kata yang tepat dan padu.

Kepaduan bentuk suatu paragraf bisa kita lihat dari beberapa hal, diantaranya yaitu :

  1. Hubungan Pergantian (Penanda hubungan seperti kita, kami, kalian dll)
  2. Hubungan Penunjuang (Pengganti suatu objek atau subjek seperti ini, itu, tadi, tersebut dll)
  3. Hubungan Leksikal (Penggunaan kata sinonim, hiponim hingga pengulangan kata)
  4. Hubungan Pelesapan (Penggunaan suatu kata untuk menggambarkan sebagian atau seluruhnya)
  5. Hubungan Perangkaian (Penggunaan suatu kata yang menghubungkan antar kalimat seperti dan, akan tetapi, kemudian, lalu dll)

Jenis Paragraf

Paragraf menurut jenisnya kita bagi menjadi dua yaitu berdasarkan letak gagasan utama dan pola umum pengembangannya.

Berdasarkan Letak Gagasan Utama

Jenis paragraf yang berdasarkan letak gagasan utama terbagi menjadi 3 jenis yaitu deduktif, induktif dan campuran. Berikut ini penjelasan masing masing jenis paragraf tersebut berdasar letak gagasan utamanya.

Deduktif

Pengertian dari jenis deduktif yaitu suatu paragraf yang memiliki gagasan utama di awal dan pokok permasalahan disimpulkan pada kalimat pertama.

Induktif

Penjelasan tentang induktif adalah suatu paragraf dengan gagasan utama terdapat pada kalimat terakhir dari paragraf tersebut.

Campuran

Pengertian dari campuran ialah suatu paragraf dimana gagasan utamanya bisa kita simpulkan dari kalimat awal dan terakhir dari suatu paragraf. Pada paragraf campuran ini terdapat dua gagasan utama dimana kalimat terakhir menjadi penjelas atau penegas dari kalimat awal.

Berdasarkan Pola Umum Pengembangannya

Paragraf berdasarkan pola umum pengembangannya kita bagi menjadi 5 jenis diantaranya yaitu deskripsi, narasi, argumentasi, eksposisi, dan persuasi. Berikut ini pengertian dan penjelasan lengkap mengenai jenis paragraf berdasarkan pola umum pengembangannya.

Deskripsi

Deskripsi adalah suatu paragraf yang dikembangkan dengan cara menggambarkan suatu objek yang dapat membuat pembaca melihat dan merasakan objek tersebut. Contoh paragraf deskripsi adalah ceita tentang barang yang Anda miliki, seseorang yang Anda cintai, keadaan suatu wilayah dan lain sebagainya.

Narasi

Narasi ialah suatu paragraf yang dikembangkan sehingga dapat menceritakan suatu kejadian atau peristiwa tertentu. Perlu Anda ketahui bahwasannya jenis paragraf ini memiliki 3 unsur utama yaitu adanya tokoh atau subjek, adanya suatu kejadian atau peristiwa dan adanya keterangan tempat atau waktu.

Argumentasi

Argumentasi merupakan suatu paragraf yang dikembangkan sehingga dapat menceritakan suatu alasan dan contoh yang kuat. Jenis paragraf ini memiliki tujuan tertentu yaitu menyakinkan pembaca agar setuju terhadap alasan atau contoh yang Anda ungkapkan.

Eksposisi

Eksposisi adalah sebuah paragraf yang menginformasikan mengenai pengetahuan atau informasi sehingga pembaca mendapatkannya dengan jelas dan detail. Jenis paragraf eksposisi ini biasanya mengandung data, fakta, hingga grafis jika diperlukan agar pembaca lebih jelas tentang informasi yang disampaikan.

Persuasi

Persuasi yaitu suatu paragraf yang dikembangkan dengan tujuan mempengaruhi pembaca agar mengikuti, mentaati hingga tergiur terhadap apa yang disampaikan. Contoh penerapan jenis paragraf ini biasanya digunakan untuk iklan layanan masyarakat, himbauan hingga promo penjualan produk.

Contoh Latihan Soal

Latihan soal ini difungsikan untuk mengasah kemampuan dan pengetahuan Anda apakah sudah memahi atau belum tentang materi yang kami sampaikan. Kumpulan soal berikut ini juga bisa Anda jadikan bahan latihan untuk mempersiapkan sebelum ujian akhir semester maupun nasional SMP dan SMA sederajat.

Bu Mira adalah seorang guru olah raga di salah satu Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Madiun. Setiap hari Bu Mira selalu semangat untuk mengajar dikarenakan olah raga salah satu kegemarannya. Siapa sangka Bu Mira juga sangat jago dalam bermain volly dikarenakan dulu semasa kuliah pernah menjadi atlet. Semangat Bu Mira dalam berolah raga ditularkan kepada siswa dan siswinya agar bisa berprestasi di bidang olah raga yang digemarinya.

  1. Pada cuplikan contoh teks diatas termasuk dalam jenis peragraf …
    AArgumen
    BDeduktif
    CInduktif
    DCampuran
  2. Judul yang paling tepat untuk contoh teks diatas yaitu …
    AMemasak bersama Bu Mira
    BBu Mira Gemar Memasak
    CKeluarga Bu Mira
    DBu Mira Seorang Guru Olah Raga

Penutup

Itulah tadi penjelasan lengkap dan runtut tentang paragraf baik pengertian, unsur, syarat, jenis hingga contohnya. Semoga informasi tentang paragraf ini bisa berguna dan bermanfaat untuk sahabat Jev Edukasi Online sekalian. Tambah skill dan pengetahuan Anda agar semakin terasah sehingga Anda bisa meraih cita cita yang diinginkan.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Contoh Recount Text

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read

Contoh Resensi Buku

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read