Pantun Teka Teki

1 min read

Pantun Teka Teki

Salah satu karya sastra lama ini umumnya terdiri dari 4 baris atau larik, pantun pun menggunakan sajak aa aa atau ab ab. Dan juga memiliki bermacam-macam pantun, misalkan pantun cinta, pantun agama, pantun nasihat, pantun jenaka, pantun pendidikan, dan pantun teka-teki. Di antara pantun tersebut pantun yang satu ini banyak diminati serta populer.

Pantun Teka Teki

Sesudah membahas mengenai macam-macam pantun dan pantun itu sendiri, kini saatnya akan mengulas pantun teka teki dengan rinci beserta hal-hal yang berhubungan pada pembahasan, karenanya simak penjabaran pantun tersebut di bawah ini.

Pengertian

Karya sastra berupa teka-teki ini masuk ke dalam ragam jenis pantun yang mana memuat aneka teka-teki yang mesti Anda jawab. Pantun bersifat teka-teki ini termasuk sebagai karya sastra untuk digunakan dalam permainan. Adapun arti atau pengertian dari pantun satu ini ialah pantun yang isinya sebuah teka-teki dan bisa dikelompokkan menjadi salah satu karya sastra jenis permainan.

Karakteristik

Pantun ini memiliki karakteristik yang tersirat dalam suatu pertanyaanyang menarik untuk dibahas dan dijawab. Pada umumnya letak pertanyaan yang ada di dalam pantun ini berada di akhir baris. Dan dengan pantun ini bisa Anda jadikan pemicu supaya otak Anda makin terasah dan fresh. Sebab, lazimnya teka-teki Anda penasaran dan memicu otak untuk mencari jawabannya.

Ciri Ciri

Pantun jenis ini bisa kita ketahui ciri cirinya dengan mudah, berikut penjelasan lengkapnya:

  1. Dalam pantun ini menggunakan sajak atau rima aa-bb, ab-ab, ab-ba, aa-aa.
  2. Terdapat 4 baris dalam satu bait.
  3. Baris 1-2 yaitu sampiran dan baris 3-4 ialah isi.
  4. Dalam satu baris terdapat 8-12 suku kata
  5. Pantun ini biasa dilakukan untuk menghibur teman.
  6. Pada umumnya dipakai untuk saling berbalas pantun
  7. Isi dari pantun berupa tebak-tebakan ini sangat unik dan juga menarik.

Penutup

Pantun teka-teki ini memang sangat menarik selain itu Anda bisa mengasah otak dalam menjawab pertanyaan dari pantun tersebut, dengan memakai kata-kata sastra menarik. Walau kelihatanya aktivitas ini agak berat namun tak dipungkiri sangat menghibur.

Avatar

Teks Negosiasi

Avatar admin
1 min read

Teks Eksposisi

Avatar admin
1 min read

Contoh Teks Prosedur

Avatar admin
1 min read