Pantun Nasehat

1 min read

Pantun Nasehat

Pantun pada dasarnya adalah sebuah puisi asli melayu yang telah lama ada dan dikenal serta mengakar oleh masyarakat Indonesia pada umumnya. Kata pantun sendiri berasal dari bahasa Jawa yakni tuntun yang artinya mengatur, menuntut, dan menyusun. Adapun macam-macam yang terdapat dalam pantun yaitu pantun nasehat, pantun teka-teki, dan pantun jenaka.

Pantun Nasehat

Jadi, apa arti atau pengertian dari pantun nasihat ? Pantun nasihat adalah salah satu di antara jenis pantun di mana isi pantun tersebut berupa nasihat ataupun ajaran, yakni tentang moral atau akhlak serta agama dan ilmunya. Baiklah, setelah ini akan membahas lebih lanjut mengenai ciri dan fungsi pantun agar Anda lebih memahaminya.

Ciri Ciri Pantun

Sebuah pantun meruapan sebuah karya seni tulis berupa rangkaian kata yang mengandung makna tertentu. Nah, berikur ini adalah beberapa ciri-ciri dari pantun yang dapat Anda ketahui, antara lain.

  1. Terdapat 4 baris dalam pantun.
  2. Dalam pantun terdiri dari isi dan juga sampiran
  3. Di tiap baris pantun mempunyai sekitar 4-6 kata
  4. Penggunaan pantun pada sajak yakni A-B-A-B, sajak A-A-A-A, serta sajak A-A-B-B

Fungsi Pantun

Pantun memiliki beberapa fungsi yang bisa Anda pelajari dan terapkan sebelum merangkai kata. Berikut ini 4 point penting penjelasan mengenai fungsi dari pantun,

  1. Sebagai sebuah karya sastra pantun tentunya mempunyai fungsi. Dalam masyarakat pantun memiliki fungsi yakni sebagai media untuk memelihara suatu bahasa. Maka pantun berguna agar menjaga kemampuan dalam jalan pikiran masyarakat.
  2. Dengan adanya pantun akan membuat Anda mesti melatih pikiran dengan cepat untuk mengetahui atau memahami makna sebelum kata diucapkan. Tak hanya itu saja, jika Anda mempunyai keahlian dalam berpantun, maka akan ada banyak orang yang menghargai ataupun mengagumi. Sebab kemahiran dan kecepatan Anda dalam bermain kata.
  3. Dari sini dapat Anda ketahui dengan pantun bisa digunakan sebagai alat yang akan menyampaikan sesuatuhal dalam hidup Anda dengan hal yang berguna. Karena pada dasarnya jenis pantun ini memberi petuah maupun pesan moral.
  4. Pantun termasuk dalam karya sastra, lagipula berpantun merupakan kegiatan yang menarik dan menyenagkan serta menyentuh semua kalangan, yaitu dari anak kecil, dewasa, remaja, maupun orang tua. Mereka pun pastinya pernah berpantun untuk menyalurkan atau menyampaikan Sesutu dengan kreatif.

Penutup

Kegiatan pantun nasehat biasanya dilakukan dalam suatu acara tertentu. Dengan pantun ini seseorang dapat mengingatkan dalam hal-hal kebaikan, baik itu dalam aktivitas ibadah, melarang melakukan perbuatan jahat ataupun hal lain yang berhubungan dengan petuah kebaikan.

Avatar

Teks Negosiasi

Avatar admin
1 min read

Teks Eksposisi

Avatar admin
1 min read

Contoh Teks Prosedur

Avatar admin
1 min read