Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Pantun Jenaka

5 min read

pantun jenaka

Pantun Jenaka – Pantun pada umumnya yaitu suatu bentuk puisi lama yang tiap baitnya terdiri dari 4 baris dan dan memliki sajak abab. Pada kesempatan ini Jev Edukasi Online akan membahas dan mengupas mengenai materi salah satu jenis pantun yaitu tentang pantun jenaka. Berikut ini materi mengenai pantun jenaka lengkap dari pengertian, tujuan, cara membuat hingga kumpulan contoh.

Pantun Jenaka

Pengertian pantun jenaka adalah salah satu jenis puisi lama dimana yang memiliki ciri dan struktur sama dengan pantun pada umumnya namun memiliki tujuan yang berbeda yaitu membuat orang bisa tertawa atau terhibur.
Seperti yang pernah kita bahas pada materi pantun secara umum, tiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri, contoh dalam bahasa jawa kita mengenal dengan istilah parikan, dalam bahasa minangkabau kita tau petuntun, sunda dikenal dengan paparikan sedangkan dalam batak itu umpasa.

Sama halnya dengan pantun jenaka tiap daerah tersebut, jenis pantun ini sangat efektif dan efisien untuk menghibur, membuat orang ketawa karena lucu dll. Tak jarang juga seseorang menggunakan pantun jenaka untuk menyindir seseorang ataupun kelompok tertentu agar tidak marah kalau disindir. Selain itu juga ada pula yang memanfaatkan pantun jenaka untuk pembuka salam didalam pidato dengan harapan dapat mencuri perhatian diawal berpidato.

Didalam seni komedi, ada juga yang memanfaatkan atau menggunakan pantun jenaka dan dikemasnya menjadi bentuk yang berbalas. Pantun jenaka berbalas bisa digunakan untuk 2 orang atau lebih dimana antar individu saling berbalas pantun dan pantun yang diungkapkan tersebut saling berkesinambungan.

Banyak hal juga yang perlu Anda ketahui dalam menulis sebuah pantun jenaka yang baik dan benar sehingga bisa lucu dan gokil. Sehingga ada hal yang perlu Anda ketahui dan fahami mengenai struktur dalam pantun jenaka.

Tujuan Pantun Jenaka

makna pantun jenaka
makna pantun jenaka

Seseorang dalam membuat pantun jenaka tentu memiliki tujuan yang berbeda-beda namun pada intinya bisa membuat lawan bicara, pendengar ataupun orang lain tertawa. Namun ketika kita dalami secara lebih mendalam, menulis pantun jenaka ternyata memiliki tujuan yang banyak tergantung kepentingan masing-masing individu, berikut kami rangkumkan.

  1. Untuk membuat tertawa lawan bicara
  2. Sebagai alat yang jitu untuk menyindir seseorang atau kelompok
  3. Untuk bahan komedian untuk melawak
  4. Sebagai pembuka pidato atau ceramah agar mendapatkan perhatian diawal

Struktur Pantun Jenaka

sebutkan contoh pantun jenaka
sebutkan contoh pantun jenaka

Dalam menulis sebuah pantun jenaka ada hal yang perlu Anda ketahui mengenai strukturnya sehingga Anda bisa berhasil membuat orang lain bisa tertawa terbahak-bahak dengan pantun yang Anda sampaikan. Berikut ini struktur pantun jenaka yang perlu Anda ketahui dan fahami sebelum memulai untuk menulisnya.

  1. Bait atau jumlah baris dalam pantun
  2. Baris atau larik yang berupa kumpulan beberapa kata yang bisa membentuk sampiran dan isi
  3. Sampiran atau awalan pantun yang terdapat pada baris 1 dan 2
  4. Isi atau guyonan yang ingin disampaikan yang terletak pada baris ke 3 dan 4
  5. Kata atau gabungan suku kata yang memiliki arti
  6. Suku kata
  7. Rima atau huruf vocal akhir pada pantun

Cara Membuat Pantun Jenaka

kumpulan pantun jenaka
kumpulan pantun jenaka

Membuat pantun jenaka bisa dibilang gampang gampang sulit, karena dibutuhkan skill humor yang bisa mengena buat pembaca atau pendengar (subjek). Namun tenang buat Anda yang awal mau memulai menulis pantun jenaka bisa Anda mulainya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Tentukan tema isi guyonan atau komedi yang ingin Anda sampaikan
  2. Tulislah menjadi 2 baris dan usahakan rimanya tidak sama antara kedua baris tersebut
  3. Tentukan tema sampiran yang cocok buat isi Anda, Anda bisa mengangkat dari hal yang tidak terduga seperti dari hewan, tumbuhan atau hal lainnya
  4. Tuliskan sampiran yang cocok tersebut menjadi 2 baris yang saling berkesinambungan rimanya dengan isi
  5. Pastikan suku kata dan rima yang Anda buat saling terhubung antar baris (abab)

Contoh Pantun Jenaka

Anda mungkin sering bercanda atau guyonan dengan teman Anda, namun Anda belum bisa membalasnya dengan baik. Atau Anda sedang mencari refrensi untuk komedi yang ingin Anda buat bersama teman Anda berupa pantun jenaka berbalas. Mungkin juga Anda sedang mancari sebuah pantun jenaka yang bagus sebagai pembuka Anda dalam berpidato atau ceramah. Tenang, akan kami sajikan bagi Anda yang masih butuh refrensi dalam menulis pantun jenaka yang lucu dan gokil abis. Berikut ini kami sajikan kumpulan berbagai tema contoh pantun jenaka 1 bait yang terdiri 4 baris yang lucu, gokil, baik dan benar untuk Anda sebagai refrensi.

Contoh Pantun Jenaka Lucu Anak SD

pantun lucu anak sd
pantun lucu anak sd

Pantun jenaka lucu anak SD ini berupa pantun yang sangat relefan bagi siswa Sekolah Dasar sebagai bahan guyonan, ejekan hingga menjawab soal dari guru. Contoh pantun jenaka lucu anak SD ini tentunya berupa guyonan dengan konteks sesuai dengan usianya yang masih duduk dibangku Sekolah Dasar. Berikut ini kami sajikan kumpulan contoh pantun jenaka lucu anak SD yang bisa Anda jadikan refrensi dalam menulis atau hanya sekedar menjawab soal.

  1. Si Umar dijuluki raja tega
    Karena dia suka mecahkan bata
    Tuh lihat anak kelas tiga
    Masak kalah sama kita kita
  2. Cak Roni beli pulsa
    Mbak Yuli beli gelas
    Servis bola voly ajah gak bisa
    Gimana mau tanding dengan kakak kelas
  3. Si Dani makan dengan Tukin
    Makannya pakai endok asin
    Makan ajah yang dibanyakin
    Tuh nilaimu juga dibagusin
  4. Si Fian suka makan Caca
    Kalau Kahmi suka makan iga
    Sudah kelas empat gak bisa baca
    Masak kalah sama anak kelas tiga
  5. Eka suka keluar dengan Asni
    Asni jadi siswa teladan pilian
    Kelas ajah kotornya kayak gini
    Apalagi kamar tidur kalian

Contoh Pantun Jenaka Tentang Kesehatan

pantun jenaka tentang kesehatan
pantun jenaka tentang kesehatan

Pantun jenaka tentang kesehatan ini biasanya digunakan untuk sebuah gagasan maupun sindiran mengenai tema kesehatan yang dibungkus dengan humor. Jenis pantun jenaka tentang kesehatan ini banyak digunakan sebagai poster, caption sosial media, hingga slogan sebagai ajakan pentingnya kesehatan. Selain itu juga pantun kesehatan ini biasanya digunakan oleh dokter, perawat, ataupun tokoh masyarakat sebagai himbauan dan ajakan tentang pentingnya menjaga kesehatan. Berikut ini kami sajikan kumpulan contoh pantun jenaka tentang kesehatan yang bisa Anda jadikan refrensi untuk menulis ataupun sebagai slogan, caption sosial media (instagram,facebook,twitter dll), atau poster.

  1. Lihat sepak bola enaknya di tribun
    Apalagu ditemani Ucil
    Mbok ya cuci tangan dengan sabun
    Masak kalah sama anak kecil
  2. Liburan akhir tahun ke Palu
    Disana sekalian sama mancing
    Sebelum tidur ya sikat gigi dulu
    Biyar ada bedanya sama kucing
  3. Beli Onde Onde di Moker
    Belinya bersama dengan gilang
    Kalau keluar rumah pakai masker
    Gak gak kalau gantengnya hilang
  4. Makan soto ayam dengan Rega
    Sotonya Beli di Puri
    Sehari ya disempatkan olahraga
    Kucing ajah tiap hari lari
  5. Pak Anwar menyembelih Sapi
    Sapinya ada lima
    Jangan terlalu banyak minum kopi
    Nanti gigimu warnanya sama

Contoh Pantun Jenaka Tema Pendidikan

pantun jenaka tentang pendidikan
pantun jenaka tentang pendidikan

Pantun jenaka tema pendidikan ini memuat tentang semua yang berbau pendidikan. Contoh pantun jenaka pendidikan ini ruang lingkupnya bisa dibilang luas, bisa sudut pandang sebagai guru, murid ataupun pihak diluar instansi pendidikan. Sebagai guru biasanya menggunakan pantun jenaka pendidikan ini sebagai alat yang sangat ampuh untuk menggugah semangat siswa atau peserta didik agar semangat dalam belajar. Sedangkan dalam sudut pandang siswa, pantun jenaka pendidikan ini digunakan untuk sindiran antar teman hingga hanya untuk sebagai refrensi dalam menjawab soal. Adapula yang menggunakan pantun jenaka pendidikan ini sebagai alat yang ampuh dalam mengkritik instansi pendidikan akan kebijakan yang diterapkannya dalam bentuk humor atau komedi lucu. Berikut ini akan kami sajikan kumpulan contoh pantun jenaka pendidikan 1 bait 4 baris yang bisa Anda gunakan atau hanya sebagai refrensi saja.

  1. Makan malam dengan Indri di hari Sabtu
    Makannya ngikuti arus
    Kalau berangkat sekolah ya mbok tepat waktu
    Masak tiap hari telad terus
  2. Di Masjid nyembeleh Sapi
    Sapi yang disembeleh milik Ajeng
    Pakai seragam mbok ya yang rapi
    Masak gak ada bedanya sekolah sama mejeng
  3. Beli spidol sama Bokir
    Bokir suka memelihara kucing
    Kalau jawab soal ujian difikir
    Jangan malah ngitung kancing
  4. Kota Jombang bagi Fitri masa lalu
    Walapun banyak kenangannya
    Kalau sebelum ujian itu belajar dulu
    Masak pas ujian malah belajarnya
  5. Buku besar itu miliknya
    Isi buku itu tentang sejarah tanah jawa
    Kalau gak tau itu tanya
    Jangan malah diam saja

Contoh Pantun Jenaka Cinta

pantun jenaka cinta

Pantun jenaka cinta adalah sebuah jenis pantun yang lucu tetapi membahas mengenai tema percintaan atau kasmaran seseorang. Contoh pantun jenaka cinta ini banyak digunakan oleh seseorang untuk menggoda lawan jenis atau pasangannya agar hubungannya semakin dekat. Jenis pantun jenaka ini terdiri dari 4 baris seperti pada umumnya dan bersajak abab namun tema yang dibahas lebih spesifik tentang cinta yang lucu. Berikut ini kami sajikan kumpulan pantun jenaka cinta yang lucu gokil yakin bisa membuat pasangan atau orang yang Anda dekati semakin dekat.

  1. Vina suka main ke villa
    Di villa vina mencari ilmu
    Ada yang manis tapi bukan gula
    Kamu tau siapa? itu kamu
  2. Ada banyak bayang bayang
    Di bawah pohon kelapa
    Jangan datang sayang
    Membuatku gak bisa lupa
  3. Yuli suka mencari ilmu
    Mencari ilmunya tiap hari
    Hidupku tanpa bayangmu
    Bagai bumi tanpa matahari
  4. Membeli baju dengan Sinta
    Belinya dengan Papa
    Cintaku padamu buta
    Tak melihat kamu siapa
  5. Alfian suka disanjung
    Disanjungnya karena ilmu
    Rel kereta yang tak berujung
    Sama dengan cintaku padamu

Penutup

Itulah tadi materi tentang pengertian, tujuan, struktur, hingga cara membuat atau menulis pantun jenaka yang lucu dan gokil. Selain itu juga sudah kami berikan contoh pantun jenaka berbagai tema dari tentang Anak SD, kesehatan, dan pendidikan yang lucu dan bisa Anda jadikan refrensi.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Teks Cerita Sejarah

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read

Contoh Paragraf Campuran

Suci Zidni Suci Zidni
6 min read

Konjungsi Temporal

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read